Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
tutial...
 
Posts: 416
 
Replying to: View Post
BPJS kalau gak ada hal yang mengkhawatirkan lebih seringnya gak bisa digunakan , itulah miris dg kebijakan pemerintah menggunakan BPJS ini, kalau utk konsul dokter kandungan tanpa hal2 yg gimana gimana gak bisa dipake , jadi apakah harus nuggu kandungan gimana gimana dulu kah kita baru bisa dipakai bpjs nya ..?? padahal itu kan uang kita sendiri ..., ini pengalaman saya yah bund sebelum memakai bpjs , saya pakai asuransi swasta InHealth ( udah dapat dari kantor nya Suami kita mah ngikut aja ) nah itu terasa banget manfaatnya, dari konsul pertama ketauan hamil sampe USG dan bulan terakhir konsul saya gak bayar sama sekali , cuma modal surat rujukan aja , dan pas melhairkan dirumah sakit ibu dan anak swasta yang bagus juga gak dikenakan biaya, hanya nambah biaya kamar karna saya ambil yg VIP waktu itu , dan itu gak banyak nambahnya cuma keluar uang cash wakt itu 1 jutaan lebih ..

Sekarang karna mesti pakai BPJS , kantor suamiku berpindah ke BPJS ini , goodbye inhealth deeh ,dan ternyata memang keluhan orang2 seperti itu , mengenai BPJS, masa kita mesti nunggu sakit yang harus sesuai dg List yg ditanggung BPJS dulu baru bisa dipake BPJS nya ? kan sakit kita gak pernah tau kapan ... sampe sekarang saya belom pernah pakai BPJS, waktu itu sempat mau nyari dokter yg RS ada terima BPJS nya, setelah tanya2 dengan karyawan kantor suami ku yg juga lagi hamil, katanya selama hamil dia hanya ke bidan di klinik tempat kerja aja , kalau pakai BPJS ke RS itu harus ada indikasi , atau keluhan tertentu baru bisa di bikin rujukan nya , untuk USG ke RS saja, karyawan itu kemaren pakai biaya sendiri , BPJS kantornya didalam dompet tersimpan dengan baik ...

iya bunda, BPJS memang ga asik, menyebalkan, tapi nyatanya aku cuma punya itu, ikut dr kantor suami hehe
 
  #17  
Old
callul...   TS 
 
Posts: 87
 
iya bunda begitu alurnya,,faskes 1 dulu,,semoga bisa ya bun,,soalnya faskesnya bunda lengkap juga ya,,ada dr spog nya, ,Bububaim
 
  #18  
Old
Putri ...
 
Posts: 33
 
ya kalo bisa pilih faskes pertamanya yang ada bidan dan SPOG nya bun,,,
biar ga ribet nantinya... soalnya udah ada pengalaman tmn aq... yg faskes pertamanya ga ada bidannya... malah dirujuk ke bidan lain,,, trus pas lahiran malah jadi bayar setengahnya dibidannya ...
 
  #19  
Old
Bububa...
 
Posts: 47
 
Replying to: View Post
iya bunda begitu alurnya,,faskes 1 dulu,,semoga bisa ya bun,,soalnya faskesnya bunda lengkap juga ya,,ada dr spog nya, ,Bububaim
Sengaja cari yg komplit bun, banyak review2 yg negatif soal bpjs ini...jd kudu selektif, gpp agak jauh juga...hehehe

Ini juga dpt dr kantor, kalo disuruh buat sendiri sih kayanya ga deh....
 
  #20  
Old
bunda ...
 
Posts: 269
 
Salam kenal bunda smua. saya jg periksa kehamilan menggunakan bpjs, saya jg di rujuk k RS, krna ada riwayat toxo, pelayanan ny jg bagus, sama sama sperti pasien umum, cuma ada obat yg ga di tanggung sma bpjs sperti obat penguat, trus kita ga di kasih print usg ny bun, tu lah yg ga enak ny. tp lumayan jg la bun biaya ny, dr pada ga menggunakan bpjs.
 
  #21  
Old
Amanda...
 
Posts: 151
 
Lahiran pertama (2015) di Mataram Lombok saya SC dengan BPJS. Gratis. Kontrol saya 2 kali ke puskes dan mandiri (spog). Untuk yang spog bayar pribadi. Karena kalau minta rujukan untuk USG pake BPJS memang ribet. Untungnya rujukan SC saya malah dapet dari spog-nya. Gak ribet ke puskes.

Lahiran yang kedua ini (2016) juga SC. Sama saya kontrol di puskes dan RSIA Bunda Aaliyah (Jakarta). Bedanya, rujukan minta dari puskes.
 
  #22  
Old
mama c...
 
Posts: 66
 
Alhamdulillah dibelitung dr th 2015 kuret gratis pake bpjs, kehamilan skrg dr awal feb2016 pake bpjs jg periksa di rsud dg spog jg gratis tiap bln, opname dibulan mei 2016 karna demam tinggi jg full gratis, skrang rencana lahiran dijogja alhamdulillah bs periksa di rsihidayatullah gratis tiap bln sdh 4x ini n ini tiap 2minggu sekali n selama periksa baru sekali bayar 50rb utk vitamin yg mmg ga di cover bpjs..mdh2an sampe lahiran bs gratis jg, tp agak deg2an dg prosedur di rs swasta dijogja, klo dibelitung kebanyakan gratis..
Yg jd catatan aja buat bumil, klo mau pake bpjs utk periksa kehamilan usahakan minta faskes 1 di dr umum atau dr keluarga. Karna jk faskes1 puskesmas atau klinik sdh pasti akan sulit dapat rujukan karna akan ditangani lgsg ditempat. N buat yg bpjs pindahan sperti saya jk ingin melahirkan di rs yg dipilih pastikan bpjs pindahan anda di kabupaten yg sm dg rs bukan yg sm dg domisili bunda.
 
  #23  
Old
bunda ...
 
Location: depok
Posts: 61
 
Waktu kehamilan anak pertama saya belum buat bpjs tapi ketika usg dibilang ada kemungkinan secar karena plasentanya dibawah,pas usia kandungan 6 bulan baru suami buat bpjs mandiri. Tapi pas sdh buat belum saya gunakan,karena masih ke bidan karena lebih dekat.dan pas cek up kandungan 7 bulan februari akhir tahun lalu tensi saya tinggi,jadinya dirujuk ke rsia yg kerja sama dengan bidannya.pas di usg,dokternya bilang kl preklamsi dan saya ada diabetes nya juga sehingga harus secepatnya di sc dan dia rujuk ke rs fatmawati.karena saya punya bpjs, jadi saya minta rujukan ke faskes 1 yi puskesmas. Ketika minta surat rujukan,saya sempat diomelin karena punya bpjs bukannya kontrol kandungan ke faskes 1 ketika kondisi darurat baru kesana dan itu pun buat minta surat rujukan.meskipun diceramahi,akhirnya sy dpt jg surat rujukan dan langsung ke rs fatmawati dan langsung disuruh rawat inap dan bilang ke suami antara 2 ibu atau anaknya.waktu saya dengar ucapan dokter,sy cuma bilang ke anak di dlm perut harus kuat.sy dirawat tanggal 27 feb dan lahirannya tanggal 5 maret sc anak perempuan saya lahirnya waktu itu beratnya 2,8kg.tapi dia tetap dirawat disana dan saya baru diperbolehin pulang 10 maret dan tidak keluar biaya sama skli alias gratis.tapi takdir berkata lain,anak saya dirawat 10 hari disana dan meninggal.meski waktu lahir anak saya sudah dibuatin bpjs,karena klas 2 tetap saja disuruh bayar sebesar 28jt,karena anak saya dirawat di nicu,untungnya pihak rs memperbolehkan dicicil.ya jadi tetap saja ada biaya buat perawatan anak saya meski dia sudah meninggal.sdh ada setahun lebih dari meninggal nya anak saya.maaf jadi kepanjangan cerita nya.
 
  #24  
Old
Fannia...
 
Posts: 5
 
Setuju bun... Kmrn mlm sy juga rencana mau priksa pakai bpjs minta surat rujukan tp amit2 sih pasien bisa pake bpjs kalo ada kelainan .. Sy n suami akhirnya batal deh drpd ntar amit2nya malah kenapa2 sma janin saya ..
 
  #25  
Old
melody...
 
Location: Malang
Posts: 55
 
kalo USG gmn bun? aq baca2 kok yg di cover hanya sekali selama kehamilan
padahal kan setidaknya setiap bulan kita jg butuh USG bund
 
  #26  
Old
Yashyn...
 
Posts: 27
 
Klo buat yg d cover sma bpjs emang cuma satu. Klo bunda mau usg lagi pake biaya sendiri. Setau ku klo ada masalah kandungan nya baru d rujuk lagi, d cover bpjs. Menggandung kembar juga bisa d rujuk. Tapi maksimal 2kali usg sih buat kandungan yg bermaslah. Cmiiw, tau info dri bidan.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
BPJs Kesehatan atau JKN untuk kehamilan dan melahirkan -- Diskusi Umum 14
Periksa Kehamilan Menggunakan BPJS, Share ya Bund -- Ngobrol Apa Saja 0
Periksa kehamilan pake BPJS dikasi obat apa?? -- Ngobrol Apa Saja 9
tanya biaya melahirkan di malang tahun 2015 dengan askes, bpjs atau umum -- Diskusi Umum 0
Periksa Kandungan di Klinik Annisa Ciracas dengan BPJS -- Kenalan Yuk! 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:40.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com