Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
alinef...   TS 
 
Posts: 220
Default Inseminasi tanpa harus cek (kecukupan) sperma

Salam kenal semua..
Langsung aja ya, tapi sebelumnya mohon maaf kalau thread ini sudah pernah ada. Tadi udah pake tools searching tapi belum nemu postingan yg mencerahkan.
Adakah bunda disini yang punya info tentang inseminasi tanpa harus dicek (kecukupan) spermanya?

- Sepanjang yg saya tau dan saya sudah tanyakan ke dokter, untuk insem itu harus ada jumlah minimal sperma (dilakukan test sperma). Biasanya dokter mau melakukan insem walau jumlah sperma kurang dari seharusnya yang sesuai panduan kedokteran, tapiii tetap ada jumlah minimumnya. Bila sperma dibawah jumlah tsb maka dokter belum akan bersedia melakukan insem. Suami akan diarahkan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dan berkonsentrasi spermanya sampai cukup.
Catatan : dokternya dsog ya bun..atau kfer untuk istri. Dan Suami diperiksa oleh androlog dan urolog.

- Adakah yg punya info apakah ada dokter (di jkt dan sekitarnya terutama) yang bersedia melakukan insem tanpa minimal sperma? Sebagai catatan, hasil suami MASIH terdapat sperma namun jumlah dibawah minimum syarat insem.

Mohon pencerahannya bunda..

Terima kasih.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
twinch...
 
Posts: 402
 
Saudara saya dulu ada yg jumlah spermanya dibawah minimal kecukupan sperma untuk insem. Sudah diperingatkan sama dokternya bahwa kemungkinan berhasilnya sangat kecil. Tp mereka ngotot mau coba aja. Akhirnya ya gajadi. 2x mereka insem di RSPAD. Biasa dokternya mau2 aja tp gamau tgg kekecewaan pasien kalo ga berhasil. Kan udah tau resikonya kalo jumlah sperma segitu bakal lbh besar persentase gagalnya drpd berhasilnya.
Drpd buang uang kenapa ga coba icsi aja kalo jumlah sperma kurang? Lbh masuk akal. Soalnya pd akhirnya saudara saya berhasilnya juga di icsi.
 
  #3  
Old
alinef...   TS 
 
Posts: 220
 
Sudah terpikir untuk BT bunda, hanya memang mengingat biaya yg sangat besar maka keputusan untuk BT belum bs segera diambil. Biaya insem masih bisa terjangkau, walau memang prosentase keberhasilan jauuh jika dibanding BT. Oh..jd RSPAD bs ya bun? Terima kasih pencerahannya
 
  #4  
Old
twinch...
 
Posts: 402
 
Menurut saudara saya sih tergantung negonya. Dia dulu kalah ngotot waktu mau minta insem di permata hati jogja. Lalu pindah ke rspad dan coba nego mau insem sama dokternya.
Kalo saya kmrn berhasil nego buat coba insem di permata hati, case saya sama seperti saudara saya, rekomendasinya icsi. Tp krn saya baru masuk tahun kedua pernikahan jd inginnya coba yg ringan dulu. Begitu gagal 2x dan setelah usia pernikahan menginjak 2 tahun lsg follow up ke icsi.
 
  #5  
Old
yunize...
 
Location: Depok
Posts: 24
 
emang kenapa bund kok belum cek sperma? cek sperma itu kan untuk mengetahui pasti bahwa dari pihak suami tidak ada masalah, kalaupun ditemukan masalah jadi bisa langsung ditangani oleh androlog.. kalau tidak ditemukan masalah, dan bundanya juga ga ada masalah masih bisa hamil cara normal tanpa insem..

saya dulu pernah ditawari insem oleh spog.. kondisi saya tidak bermasalah, hanya saja suami terdeteksi OAT dari hasil analisa sperma.. tapi dokter spog memberi 2 pilihan, yaitu cek sekaligus berobat ke androlog, atau lewat jalan pintas yaitu insem.. karena hasil analisa sperma suami hanya agak sedikit dibawah nilai standar saja, jadi dokter masih memberi harapan positif bahwa untuk hamil hanya dibutuhkan 1 sperma saja juga bisa jika dibantu via insem..

tapi kalau saya waktu itu ketika akan insem, justru hasil analisa sperma suami terjun payung (akibat pola hidup tidak sehat & kurang tidur).. akhirnya tidak jadi insem deh karena tidak ada sperma yg betul-betul bagus..

alhamdulillah 2 bulan kemudian saya bisa hamil tanpa promil dokter, hanya dengan perbaikan gaya hidup suami saja (kurangi rokok, tidak begadang & lebih dipaksa makan sayur)..
 
  #6  
Old
alinef...   TS 
 
Posts: 220
 
sudah cek sperma bun... dan sudah berobat ke androlog n urolog juga. tapi memang hasilnya masih dibawah minimum untuk insem. kemarin berarti saya seperti saudaranya bun twinchildren ya kalau gitu, kalah argument sama dokter buat minta insem. hehehe... masih penasaran mau insem dulu, siapa tau berhasil..(tapi tetap berdoa diberi Allah rezeki hamil alami).

kalau dari kasus bun yunizen, maksudnya bukan insem kali ya...tapi BT alias bayi tabung alias icsi.
 
  #7  
Old
Yuli55...
 
Posts: 293
 
Kalo aku sih bun emang mending di cek dulu tingkat kecukupan sperma baru insem. Bukan apa sih, kalau emang masih rendah mending ga usah buang duit dulu buat insem. Tapi semuanya sih kembali dari bunda sendiri.
Mungkin dokternya ga mau buang2 duit bunda dan juga ga mau bunda diberi harapan palsu gitu...
Dulu aku juga dianjurkan insem tapi sperma suami harus cukup jumlahnya dulu buat insem. Tapi setelah suami udah mengubah pola hidup dan makan fertilaid for men malah ga jadi insem bu...soalnya udah hamil duluan...hehehe...
Jadi menurutku sih mending skrg perbaiki aja dulu masalah suami bun.
 
  #8  
Old
twinch...
 
Posts: 402
 
Ts sudah pernah insem? Kalo masalahnya ada pd finansial sih saran saya mending duitnya ditabung aja dikumpul2 buat icsi deh. Soalnya kalo di jkt insem ya sama printilan2 konsulnya minim habis 7-8 jutaan lah.
Kecuali kalo keinginan insem pure atas dasar penasaran doank. Saudara saya habis insem kedua gagal lsg cus icsi ga pake jeda. Saya juga insem bulan agustus, sept nya lsg cus shopping dokter untuk icsi, lalu lsg nyicil2 tes.
Kalo dananya mepet mendingan jgn dibuang2. Kecuali kalo emg cuma iseng2 berhadiah doank sih.
 
  #9  
Old
alinef...   TS 
 
Posts: 220
 
hehehe...terima kasih pencerahannya bunda semua.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mungkinkah inseminasi tanpa harus melalui proses HSG ? -- Diskusi Umum 6
mau test sperma suami,,,apa saja yg harus dilakukan?? -- Ngobrol Apa Saja 3
suami gemuk apakah harus inseminasi? -- Diskusi Umum 0
Cek Sperma harus di ulangi.... -- Diskusi Umum 4
Dapatkan Obat tanpa harus cek dokter? -- Ngobrol Apa Saja 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:05.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com