Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Liliya...   TS 
 
Posts: 43
Default Kenali Perubahan Pada Trimester 2 Yuk Bun!

Hello Bunda, cuma mau share aja nih bagi yang mungkin belum mengetahui tentang perubahan pada saat memasuki trimester kedua.

Mual reda dan rahim yang membesar

Perubahan kondisi ibu hamil di trimester dua biasanya ditandai dengan meredanya rasa mual. Rasa mual berangsur-angsur berkurang dan berhenti sama sekali. Namun, kadang-kadang ada juga ibu hamil yang masih mengalami morning sickness. Mual yang terjadi pada ibu hamil di trimester dua kemungkinan adalah tanda-tandakekurangan Vitamin B6. Jika ini terjadi, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi seputar kesehatan Mum dan tumbuh kembang janin.

Meski mual sudah reda, mungkin Mum akanmerasakan keluhan lain berupa rasa nyeri yang terjadi pada perut.

· Perubahan fisik

Perubahan tubuh ibu hamil mulai tampak padaminggu ke-16. Jangan terkejut apabila Mum mengalami pinggang dan pinggul yangmelebar. Pertambahan ukuran tubuh ini disebabkan karena janin di dalamkandungan juga mengalami pertambahan berat. Pada saat ini Mum sudah memerlukanpakaian khusus ibu hamil. Selain ukuran, Mum juga akan menemukan stretch mark pada kulit tubuh. Stretch mark tersebut berupa garis-garisputih yang akan memudar setelah Mum melahirkan.

· Emosi yang tidak stabil

Kondisi emosi ibu hamil mengalami perubahanyang nyata. Pada saat ini mungkin Mum akan mudah sedih. Biasanya ibu hamil juga mencemaskan keadaan tubuh yang berubah karena kehamilan ini. Untuk mengatasiberbagai emosi negatif, Mum bisa melakukan berbagai hal yang menyenangkan.Belilah baju hamil yang lucu dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh dan kondisiperut yang membesar. Menghabiskan waktu ke salon untuk merawat rambut juga bisamenjadi aktivitas menyenangkan. Segelas susu ibu hamil pun bisa membantu Mum agarmerasa tenang kembali.

· Perubahan gairah seks

Memasuki kehamilan bulan keempat dan kelima, gairahseks Mum biasanya akan mengalami perubahan. Pada masa ini tubuh memproduksi hormon estrogen lebih cepat. Estrogen pada ibu hamil di trimester kedua terproduksi selama hitungan hari dengan jumlah yang sama dengan pada wanita yang tidak sedang hamil.

· Pertumbuhan janin

Di trimester dua, Mum mulai dapat merasakanpertumbuhan janin di dalam perut. Hal ini ditandai dengan adanya tanda-tandakehidupan berupa detak si Kecil yang mulai terdeteksi. Mum juga akan merasakan gerakansi Kecil di dalam perut. Penasaran, Mum? Tunggu hingga usia janin mencapai16-20 minggu.

· Cemas akan proses melahirkan

Menjelang trimester tiga, ada beberapa ibu hamilyang mengalami mimpi buruk. Tahukah, Mum? Mimpi buruk pada ibu hamil initerjadi karena Mum mencemaskan proses kelahiran. Jangan heran ketika nanti Mumakan mengalami bangun tidur dalam keadaan berkeringat dingin karena mungkinmengalami mimpi buruk.

Berbagai perubahan pada tubuh dan emosi ibuhamil memang terkadang kurang menyenangkan. Tapi, ingatlah bahwa sebentar lagi trimester tiga akan datang, dan Mum akan segera meninggalkan masa kehamilan yang menakjubkan. Satu lagi, dukung kebutuhan nutrisi Mum dan janin dengan susu ibu hamil.

Jadi gimana bun? Bagi yang sudah melewati trimester ini mungkin akan lebih tenang, namun tetap saja, setiap tahap dalam hamil menjadi momen yang berharga bukan? Hehe
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Thread Tools


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
"kenali masalah makan pada anak" -- Ngobrol Apa Saja 1
Gak ada perubahan pada fisikku kecuali perut yang membuncit...normalkah??? -- Diskusi Umum 21
awal pembuahan berhasil apakah sudah ada perubahan pada perut? -- Diskusi Umum 3
Kenali Jenis-jenis Batuk Ini Pada Bayi -- Diskusi Umum 2
4 Gejala Penyakit Mata Pada Bayi yang Harus Bunda Kenali -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:03.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com