Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
rattna...   TS 
 
Posts: 47
Default Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi pada Bayi


Sesungguhnya alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang disuntik, dihirup, tersentuh atau bahkan tertelan. Alergi bayi memang salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh bayi, namun menentukan penyebab alergi pada bayi tidak semudah itu. Sebenarnya faktor apa saja sih yang menyebabkan alergi? Lalu cara penangannya seperti apa?

Faktor genetik memang sering berperan penting dalam setiap alergi yang terjadi pada bayi, tapi faktor lainnya juga menjadi pemicu. Salah satunya adalah lingkungan dan makanan. Alergi karena lingkungan sebenarnya jarang ditemui dibandingkan dengan yang disebabkan oleh makanan.

Lalu makanan yang menjadi penyebab alergi adalah ikan, kerang, telur, susu, dan kacang. Sementara itu, yang disebabkan oleh lingkungan biasanya terjadi pada anak yang berusia 18 bulan. Biasanya alergi terhadap benda yang berada di dalam maupun luar ruangan seperti kecoa, jamur, bulu hewan, debu tungau, dan serbuk sari.

Namun ada juga penyebab alergi yang lain seperti, digigit serangga yang dapat menyebabkan kulit bengkak, gatal dan merah. Lalu beberapa obat bahan kimia misalnya detergen juga dapat menyebabkan alergi pada bayi. Gejala yang terdapat pada beberapa faktor diatas biasanya akan terjadi, seperti:

• Pingsan atau hilang kesadaran
• Sulit bernafas
• Ruam atau kulit merah
• Bersin atau batuk
• Terdapat bilur yang menyerupai bekas luka
• Bengkak pada bibir, lidah atau wajah

Apabila bayi semakin sering bersentuhan dengan penyebab alergi atau alergen, maka makin cepat dia akan menderita alergi. Ini terjadi karena tubuh memilliki ambang batas toleransi, yakni batas tertinggi tubuh untuk dapat menerima paparan, tapi jika paparan tersebut dialami secara berlebihan maka akan memicu reaksi dari sistem pertahanan tubuh dan terjadilah alergi.

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi alergi adalah dengan mengetahui segala bentuk serta jenis alergen dengan mengetahui penyebabnya. Jika makanan yang menjadi penyebabnya, maka sebaiknya hindarilah memberi makanan yang dapat menyebabkan alergi tersebut. Sementara itu jika alergi debu tungau dapat dilakukan dengan cara membersihkan mainan, ruangan, dan tempat tidurnya, begitu juga dengan alergi yang disebabkan jamur dan kecoa. Membatasi kontak antara bayi dengan hewan peliharaan yang dapat menimbulkan alergi wajib dilakukan agar bayi dapat diantisipasi. Jika serbuk sari tumbuhan atau bunga yang menjadi penyebab maka kurangilah pergi ke tempat terbuka.

Jika cara-cara tersebut tidak dapat membuat alergi menjauh dari bayi, maka mengobati alergi pada buah hati Bunda dengan obat yang mengandung oat kernel dan extra moisturizer atau antihistamin dan steroid. Tapi harus dalam pengawasan dokter anak untuk memberikan obat-obatan tersebut.
 
Attached Thumbnails
Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi pada Bayi-penyebab-cara-mengatasi-alergi-pada-bayi.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
lisave...
 
Posts: 26
 
dibawa kedokter ajah dulu, atau dikasih obat tradisional racikan nenek
 
  #3  
Old
febeva...
 
Posts: 2
 
Hi Calon Mommies / Mommies ....

Disaat mempersiapkan kelahiran bayi anda, ada baiknya kita bersihin dulu ranjang kita dan baby dari debu tungau.... karena baby agak sensitif dari kuman2 dan juga debu tungau. apalagi kalo moms atau suami juga ada alergi debu. Kami menyediakan jasa pembersihan debu tungau dengan 3 tahap pembersihan :

1. Pembersihan debu tungau dengan hydro cleaner untuk memastikan debu yang sangat kecil akan terhisap semua (Wet Dust Can't Fly)

2. UV light membunuh bakteri dan menghilangkan debu tungau
3. Sterilisasi ranjang dengan pemanasan sampai 150 derajat celcius untuk membunuh semua debu tungau, telur dan larva serta mikro-organisme, kuman dan bakteri yang ada.

Pastikan anda dan keluarga hidup lebih sehat dengan yang professional ;
Bukan hanya sekedar membersihkan

hubungi kami untuk pertanyaan lebih lanjut:
Mite Clean - 081286400
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
baby, pure, purebaby


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Penyebab alergi pada si kecil -- Diskusi Umum 0
cara mengatasi batuk berdahak pada bayi berumur 3 bulan -- Ngobrol Apa Saja 3
gejala alergi makanan pada bayi -- Diskusi Umum 11
bagaimana ya bun cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi usia 2 minggu? -- Ngobrol Apa Saja 13
Cara mengatasi biang keringat pada bayi -- Diskusi Umum 17


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 04:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com