Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Delshi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 463
Default Apakah Pijat Bayi Aman?



Banyak bunda-bunda yang agak riskan dengan proses pemijatan bayi, karena jika terjadi kesalahan dapat menimbulkan kerusakan permanen pada bayi. Akan tetapi menurut penelitian ternyata pijat bayi tidak hanya memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh kembang fisik dan juga kesehatan bayi saja, tapi juga akan mampu memberikan manfaat yang sangat besar bagi perkembangan otak bayi, mental dan juga panca indera sang bayi tersebut.

Berikut beberapa mmanfaat pijat untuk sikecil :
Replying to:
Indera Peraba
Dengan adanya sentuhan yang didapat oleh bayi Moms tersebut maka akan pijatan lembut tersebut dapat merangsang syaraf dan juga otot bayi untuk disampaikan kepada otak bayi Moms. Dengan adanya ini maka secara tidak langsung akan merangsang tumbuh kembang fisik dan juga otak bayi yang lebih baik. Sentuhan lembut Moms ini akan lebih memperkuat ikatan batin Moms dan bayi.

Indera Penciuman
Ketika bayi Moms mendapatkan pijatan lembut di sekujur tubuhnya, otomatis indera penciuman bayi juga akan menstimulus segala bau-bauan yang ada di dekatnya, termasuk minyak aroma terapi yang Moms pakai untuk memijitnya. Dalam memijat bayi, sebaiknya gunakan baby oil ataupun minyak khusus bayi yang beraroma sangat lembut dan nyaman dipakai.

Indera Penglihatan
Moms merupakan orang yang akan pertama dikenali secara kasat mata oleh bayi Moms. Walaupun saat ini pandangan bayi masih sangat terbatas, akan tetapi bayi akan mampu melihat dan juga merekam ekspresi orang yang berada di dekatnya. Maka dari itu sangat baik jika pijat bayi ini dilakukan oleh Moms sendiri. Selain dapat merangsang motorik penglihatan bayi, ternyata memandang wajah Moms juga dapat meredakan stres pada bayi yang mungkin saja akan muncul.

Indera Pendengaran
Ternyata pijatan lembut ini selain akan memberikan ketenangan dan juga kenyamanan pada bayi, ternyata suara-suara relaksasi yang akan mengalun selama pemijatan tersebut secara tidak langsung akan melatih pendengaran dan juga membangun struktur pendengaran bayi dengan lebih baik dan efektif. Maka dari itu, sambil memijat hendaknya Moms juga memutarkan lagu-lagu yang lembut.

Sistem Pencernaan
Kegiatan pemijatan dengan benar pada daerah perut maka akan mampu untuk memperlancar sistem pencernaan bayi, akan tetapi sebaiknya Moms hindari pijatan pada wajah dan juga waspada jika baby oil yang digunakan tersentuh jari bayi. Hal tersebut berkaitan dengan kebiasaan bayi yang selalu memasukkan jari ataupun tangan ke dalam mulut mereka.
Akan tetapi dari semua kelebihan itu, sebagai orang tua memang harus pintar memilih terapis yang baik untuk si kecil.

Sumber
 
  #2  
Old
LiiLy...
 
Posts: 647
 
Nice info bunda... Babyku sering di pijat terapis yg memang sudh ahli pijat khusus Baby. Kl di rumah kadang ku pijat sdr pelan2 sesuai yg di ajarkan terapis itu...
 
Semper Fi Whatever, Whenever, Wherever.
  #3  
Old
adinda...
Non-aktif
 
Posts: 245
 
pijat bayi sangat aman, jika kita ketahui cara memijat bayi yang benar bisa di cek disini ya
 
  #4  
Old
mom hu...
 
Posts: 6
 
nice info bunda
 
  #5  
Old
Ajengr...
 
Posts: 23
 
saya juga mau belajar pijat bayi bun, kan ngeri kalo ga ngerti nanti debaynya kenapa2
 
  #6  
Old
bundai...
 
Posts: 37
 
thanks bun, dengan cara memijat bayi yang benar juga dapat membuat ikatan antara bayi dengan sang bunda melalui sentuhan. hal ini sangat berguna untuk perkembangan psikologi si bayi
 
  #7  
Old
Delshi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 463
 
Replying to: View Post
thanks bun, dengan cara memijat bayi yang benar juga dapat membuat ikatan antara bayi dengan sang bunda melalui sentuhan. hal ini sangat berguna untuk perkembangan psikologi si bayi


 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bayi, kesehatan, pijat, pijat bayi, tubuh


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
apakah berbahaya pijat perut? -- Ngobrol Apa Saja 6
setelah melahirkan apakah wajib pijat perut -- Diskusi Umum 8
Apa sih manfaat pijat bayi? -- Ngobrol Apa Saja 0
Jasa Mandi Bayi & Pijat Bayi kota Bandung -- Area Promosi 0
Pijat Bayi -- Diskusi Umum 72


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 04:27.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com