Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Delshi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 463
Default Aborsi Itu Boleh Dengan Sebab Ini..

Sekarang ini di Indonesia, yang namanya aborsi masih sangat kontroversional bagi kebanyakan masyarakat. Kalau di beritakan ya pasti yang namanya aborsi ini penyebabnya adalah hal-hal negatif dari ibu si bayi yang d aborsi.


Terus seringnya, media juga memberitakan berbagai kasus aborsi yang mengerikan, jadi ya pasti aborsi ini jadi kontroversi banget.

Tapi kalo dari sumber yang aku baca, aborsi juga di bolehin loh kalau memang alasannya benar. Ini nih kutipannya :

Replying to:
Adanya penyakit yang membahayakan kesehatan orang yang bersangkutan
Alasan kesehatan menjadi alasan utama yang memperbolehkan seorang wanita menjalankan aborsi. Sebagai contoh, ada seorang wanita yang disarankan untuk melakukan aborsi karena ia menderita penyakit yang dapat mengganggu kelangsungan hidup janin yang dikandungnya. Aborsi juga diperbolehkan jika sekiranya sang janin dapat membahayakan nyawa ibunya jika terus dipertahankan. Adapula beberapa contoh kondisi/penyakit lain yang mengharuskan seseorang menjalankan aborsi. Sebut saja penyakit kanker, tumor ganas, dan hamil di luar kandungan.

Dalam melakukan aborsi, tentunya harus dilakukan oleh para ahli dan juga harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Usia kandungan kurang dari 6 minggu, kecuali jika dalam kondisi darurat
  • Harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari suami dan sang ibu
  • Didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan memadai

Korban perkosaan
Alasan utama mengapa para korban perkosaan diperbolehkan untuk menggugurkan kandungan mereka adalah karena kondisi psikis para korban yang memang dalam kondisi tertekan akibat tragedi yang mereka alami. Kehamilan yang dialami oleh para korban perkosaan tentunya menjadi beban bagi mereka. Kehamilan yang tak lain adalah anugerah seolah-olah berubah menjadi aib khusus bagi mereka yang menjadi korban perkosaan. Setiap kali melihat bayi yang telah dilahirkan, akan timbul trauma psikis bagi ibunya. Oleh karena itu, ada yang menyebutkan bahwa tindakan aborsi diperbolehkan khusus untuk mereka yang hamil akibat tindakan perkosaan. Meski begitu, masih banyak pihak yang pro dan kontra terkait dengan legalitas aborsi.
Memang masih banyak pro dan kontra tentang aborsi ini, tapi balik lagi kediri masing-masing karena pendapat masing-masing orang berbeda-beda dan tidak bisa dipaksain.
Tapi aku sebagai wanita engga setuju aborsi yang dilakukan oleh anak-anak muda yang karena kenakalannya/hamil diluar nikah.

langsung cek sumbernya aja ya kalo mau baca lebih jelas.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
MamaKi...
Non-aktif
 
Posts: 627
 
kalo untuk alasan-alasan tersebut aku setuju bund, soalnya kasian juga kalo dilanjutin kehamilannya bisa membahayakan si bundanya kalo ada penyakit berbahaya atau bahkan trauma habis diperkosa, takut anaknya kalo udah lahir malah ditelantarkan karena belum siap punya anak.
 
  #3  
Old
Delshi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 463
 
Replying to: View Post
kalo untuk alasan-alasan tersebut aku setuju bund, soalnya kasian juga kalo dilanjutin kehamilannya bisa membahayakan si bundanya kalo ada penyakit berbahaya atau bahkan trauma habis diperkosa, takut anaknya kalo udah lahir malah ditelantarkan karena belum siap punya anak.
 
  #4  
Old
Karima...
 
Posts: 343
 
Replying to: View Post
sy korban perkosaan n hmil 3 bln sy hrs gmna
Tergantung mbak nya mo dilanjutkan ato tidak.
Kalo mbak memilih aborsi (amat sangat tidak aku sarankan), mbak harus membuat laporan dulu ke kepolisian, nanti ada rujukan juga ke psikolog untuk memastikan kondisi psikis mbak stabil atau tidak, setelah itu baru di rujuk lagi ke dokter untuk cek kondisi janin mbak dan untuk catatan, gak banyak dokter yang bersedia melakukan aborsi walopun pada korban pemerkosaan terutama pada janin yang sehat dan kondisi psikologis ibu yang stabil.

Itu info yang aku tau berdasarkan membaca referensi.
Semoga bermanfaat ya mbak dan bisa menjadi bahan pertimbangan mbak untuk mengambil keputusan terbaik.
 
🎀 Mom of Nuuna Qiu 🎀
  #5  
Old
bundae...
 
Posts: 40
 
saya turut berduka atas kejadian terhadap mba Cia13.. bener kata bunda karima chan.. soal kejadian itu, mba udah lapor belum ke polisi... jgn biarkan tersangka jga bebas berkeliaran diluar sana..
 
  #6  
Old
Athir ...
 
Posts: 157
 
dek chia turut prihatin dengan apa yg sudah adek alami, semoga kuat yaa dek dan pilihan ada ditangan ade sendiri, namun sungguh sayang jika janin dalam kandungan digugurkan, apakah keluarga sudah mengetahui, bagaimana dengan tersangkanya apakah sudah dilaporkan, adek masih sekolah, kuliah, kerjakah?
 
  #7  
Old
Athir ...
 
Posts: 157
 
Replying to: View Post
sy ndak sanggup bund klo hrs ngejalanin ini sndiri

---------- Post added at 12:57 ---------- Previous post was at 12:56 ----------



sy ga brani lapor polisi bund, sy bngung skrg hrs gmna apa aku hrs aborsi dgn obat sndiri
Keluarganya kemana dek?
 
  #8  
Old
Sasha ...
 
Posts: 687
 
Sy termasuk yg kontra ibu delshinta, jika konban pemerkosaan boleh di aborsi janinnya...

Buat ibu cia saran sy ibu hrs segera ngobrol dg org terdekat unt diajak sharing kemudian klg pastinya klg hrs tau dan melaporkan ke polisi. Krn tindakan pemerkosaan jika dibiarkan bs menimbulkan korban2 selanjutnya. Bunda cia domisili dmn? Trs gmn pemerkosaan bs terjadi sm ibu?
 
  #9  
Old
DephZo...
 
Location: Nganjuk, Jatim
Posts: 279
 
Replying to: View Post
sy korban perkosaan n hmil 3 bln sy hrs gmna
kalau mbaknya sehat,dirawat aja kandungannya mbak.memang gak mudah menjalani semuanya sendirian.tp paling tidak,mbak tidak melukai bayi yang gak tau apa2.kalau nantinya mbak ndak mau membesarkan bayinya,dibawa aja ke panti mbak.dijelaskan ke pihak pantinya kenapa mbak meyerahkan anak mbak.dr pada ibu yang tega membuang anaknya yg udah lahir.smg mbak mendapatkan jalan keluar terbaik ya
 
Ahmad Aurelinno Surya Dirandra
  #10  
Old
Athir ...
 
Posts: 157
 
Replying to: View Post
kluarga tdk tahu, sy bekerja tp usia sy 19th dan bln dpn mulai msuk kuliah.. sy tdk brani lapor polisi bund tkut entar ujung2ny duit
Hilangkan rasa takut adek, jujur saja sama keluarga, minta pendampingan, jangan menyelesaikan masalah sebesar ini sendiri, dan jangan biarkan pemerkosa adek hidup dengan tenang, dan supaya tidak ada korban lagi, takutlah sama Alloh, bukan sama polisi kan sudah menjadi tugas polisi melindungi rakyatnya.
 
  #11  
Old
DephZo...
 
Location: Nganjuk, Jatim
Posts: 279
 
kalau tau orangnya ya diminta tanggung jawab aja mbak..
 
Ahmad Aurelinno Surya Dirandra
  #12  
Old
Athir ...
 
Posts: 157
 
Replying to: View Post
domisili surabaya bund,, sy dipaksa ke tempat sy tdk tahu dimana itu dan sy dipaksa utk ml,klo tdk sy diancam dibunuh sy knal orgnya tp tdk trlalu dkat

---------- Post added at 13:07 ---------- Previous post was at 13:05 ----------



tpi gmna nnti dg kluarga sy??sy malu krna mau mnikah jg usia sy msh muda,dikeluarga sy dilarang mnikah muda..apa sy hrs kabur dr rumah y bund saat kndisi kandungan sy udh gede??

---------- Post added at 13:09 ---------- Previous post was at 13:07 ----------



iya tp sy takut disalahkan sm kluarga sy dikira sy cwe gmpangan apa gmna dipaksa mau aj , dll.. sy tkut dicap negatif oleh smua org.. skrg sy bnyak brdoa sm Tuhan supaya diberi jln keluar.. sy tdi smpet usg jg debay sy baik2 aja lincah gerak2 sy mkin sedih klo dia prgi bgtu sja, dia tdk salah.. yg slah sya..
Adekan korban jadi gak usah takut, justru ade butuh perlindungan, hilangkan rasa malu dan berdoa sama Allah supaya dimudahkan jalan keluarnya, terus terang adalah jalan terbaik, walau ortu sudah menikah lagi, tapi kan ade masih jadi tanggung jawab mereka, maba ada orang tua yg mau anaknya diperlakukan seperti itu, pasti ortu membela, yakinlah dek demi janin yg ade kandung, dan keadailan supaya tidak ada korban lain
 
  #13  
Old
Athir ...
 
Posts: 157
 
Replying to: View Post
iya trimakasih ya bund sdh menguatkan sy nnti sy coba fikirkan lgi apa yg hrs sy lakukan yg trbaik utk saya n semuanya
Amiiin, semoga mendapat jalan keluar yg terbaik, saran saya jangan digugurkan janin tidak bersalah.
 
  #14  
Old
Karima...
 
Posts: 343
 
Replying to: View Post
sy ndak sanggup bund klo hrs ngejalanin ini sndiri

---------- Post added at 12:57 ---------- Previous post was at 12:56 ----------



sy ga brani lapor polisi bund, sy bngung skrg hrs gmna apa aku hrs aborsi dgn obat sndiri
Gak usah takut sama polisi mbak, polisi itu manusia juga punya hati juga.
Kasus seperti ini bukan kasus main-main lho mbak, aku suka dongkol kalo ada korban pemerkosaan yang takut melapor ujung2nya anak yang jadi korban.
Kasih tau orang tua mbak, walopun mereka dah cerai, mbak kan tetap anaknya, kewajiban mereka untuk memastikan mbak dalam keadaan aman dan nyaman.

Ato jangan-jangan mbak korban perkenalan di medsos ya?
Kenapa mbak mau diajak ketemuan dengan orang yang gak jelas?
Hadeh... jauh-jauh deh dari fikiran untuk aborsi mbak, dosanya sama dengan membunuh.
 
🎀 Mom of Nuuna Qiu 🎀
  #15  
Old
zita f...
 
Posts: 66
 
sedih dengarnya, dan turut prihatin. kalau bisa dijaga, jagalah anak itu, siapa tau saat dia besar nanti dia menjadi orang hebat yg membanggakan bunda. Kalau bisa dijaga, sampai melahirkan, dan kalau boleh, saya mau deh merawat anak itu.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
aborsi, bayi, ibu, janin, kehamilan


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
yg mau niat ABORSI atau menyagkut Aborsi LEBIH BAIK JGN GABUNG FORUM! -- Ngobrol Apa Saja 42
Puast Aborsi-081221648889-Obat Aborsi-Obat Telat Bulan-Obat Penggugur -- Ngobrol Apa Saja 0
Pusat Aborsi-081221648889-Obat Aborsi-Obat Telat Bulan-Obat Penggugur Kandu -- Kenalan Yuk! 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:49.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com