Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
Cha NK...   TS 
 
Posts: 53
 
Bunda ummu : ohw gtu yah bun,brti aq slh donk pas ngmg hpht tgl 25 maret
Mw tgu bbrpa hri lg lah bun,ttanggun soal'y,, Aamiin bun,aq jg ngrep bgt dpet tiket H bln nih
Bunda lom + yah,, moga 1/2 mnggu lg jd + yah bun

Bunda Nie Rieny : slm knal jg bun
Maaf bun,aq slh ngtung hpht'y,, trnyta aq 22 mret bun
Biasa'y haid lncar g bun,klo aq g lncar
Bnda nunggu anak kebrpa?

Bunda arnum : slm knal jg bun... Slmat bwt kehamilan'y,,doa'n bun biar kita yg lg h2c cpt nyusul
Biasa'y siklus haid'y lncar yah bun, atau bunda pnya tnda" hmil sblm tanggal haid
Tnda"y apa ja bun
D jaga baik" yah bun clon debay'y
 
  #17  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 
Replying to: View Post
Bunda" mhon pencerahan'y
Aq mnikah hmpir 5bln
Skrng lg h2c nih,,hpht aq 25 maret tp siklus haid aq g teratur & g psti tgl'y
Awal april aq ngrsa PD membengkak dan puting'y jg membesar bun, trs jg skit, bahkan smp skrng msh nyeri
Tp g prnah ada kram prut bun
Apa itu bisa jd prtnda klo aq hmil bun?
Share donk yg prnah ngalamin kya yg aq rsa'n skrng

jangan sungkan untuk melakukan TP.
Semoga saja hasilnya sesuai dengan harapan ya bunda....
coba kenali lagi tanda yang lainya dari 20 tanda awal kehamilan di bawah ini ya bunda...


Replying to:
20 Tanda Kehamilan Awal (Ciri-Ciri Wanita Hamil Muda)


kehamilan adalah sebuah periode dimana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi pasangan suami-istri yang telah menikah, kehamilan ini adalah saat yang ditunggu-tunggu, meskipun ada yang menundanya. Begitu dinantikannya, sehingga tidak mau ketinggalan momen ini dan pada akhirnya mencari tahu seperti apa sih tanda awal kehamilan itu? Seperti apa sih ciri-ciri wanita hamil muda itu?

Nah, untuk menambah pengetahuan dan rasa penasaran Anda mengenai ciri wanita hamil, berikut ini kami informasikan 20 tanda awal kehamilan yang umum terjadi pada wanita hamil.


1. Payudara bengkak dan lembut

Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Payudara pun bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Namun perlu dicatat, menurut ahli laktasi, Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB. Selain payudara yang membengkak, salah satu tanda lainnya adalah dengan area aerola warnanya menjadi lebih gelap.

2. Perubahan Bentuk tubuh

Bukan hanya perut yang membesar ketika seorang wanita mengalami kehamilan. Namun beberapa daerah lain seperti bokong, paha dan dada serta lengan biasanya akan ikut mengalami pembengkakan.

3. Buang Air Kecil Makin Sering & Konstipasi

Saat hamil, janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering.

4. Mudah Lelah

Di awal kehamilan, Anda akan merasa mudah lelah. Rasanya Anda ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru. Peningkatna hormon progesteron juga sering dihubungkan dengan tanda keempat ini. Selain itu Anda bisa jadi mudah lelah karena menurunnya kadar gula darah dan tekanan darah.

5. Mual (Morning Sickness)

Mual adalah gejala kehamilan yang paling umum. Rasa mual itu terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring Anda memasuki trimester kedua kehamilan. Selain mual, Anda juga merasa lebih sensitif pada bau tertentu. Sejumlah peneliti menduga, gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya.

6. Terlambat Haid

Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas adalah terlambat datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Selain itu, beberapa wanita juga bisa mengalami pendarahan atau spotting (timbul bercak darah). Segera konsultasikan ke dokter mengenai masalah tersebut.

7. Perubahan Mood

Wanita hamil memiliki mood yang mudah berubah. Bisa saja di satu waktu Anda merasa sangat bahagia, namun beberapa waktu kemudian Anda jadi marah pada suami hanya krena masalah sepele. Tidak perlu mengkhawatirkan perubahaan mood ini karena normal. Mood berubah karena terjadinya perubahan hormon secara drastis di tubuh Anda. Kalau Anda belakangan merasakan hal tersebut, itu terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru.

9. Munculnya bercak darah atau flek

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi.

10. Kram Perut

Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini, akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

11. Pusing dan sakit kepala
Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.

12. Sembelit

Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

13. Sering meludah (hipersalivasi)

Tanda kehamilan ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua

14. Naiknya temperatur basal tubuh

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

15. Sakit punggung

Biasanya, Anda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Anda benar hamil, gangguan ini akan menetap hingga melahirkan kelak.

16. Ngidam atau menolak makanan tertentu

Tanpa alasan yang jelas, mendadak Anda sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan favorit Anda. Atau sebaliknya, Anda tiba-tiba tak tahan dengan makanan yang selama ini jadi kegemaran Anda.

17. Sensitif pada bau

Anda tak tahan pada segala macam bau, terutama aroma makanan tertentu. Saking tak tahannya, bau tertentu bisa membuat Anda mual dan muntah!

18. Gejala PMS

Anda merasakan gejala PMS yang sama seperti yang Anda rasakan setiap bulan. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi, kok belum haid juga, ya?

19. Positif tes kehamilan

Hasil uji test pack menunjukkan tanda positif! Apakah itu artinya Anda benar-benar hamil? Belum tentu! Anda baru akan mendapat jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.

20. Ada janin yang berkembang di dalam rahim Anda

Pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan? Selamat! Jaga perkembangan si kecil hingga tiba waktunya bersalin ya, Ma!

Ke-20 poin di atas merupakan gejala awal kehamilan yang umum dan biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Namun tentu tidak semua wanita akan mengalami ha tersebut. Utuk memastikannya, periksakan segera ke dokter kandungan atau bidan Anda.

sumber: tanda awal kehamilan

Sumber: https://ibuhamil.com/ngobrol-apa-saj...alsukah-3.html
 
  #18  
Old
evymeg...
 
Posts: 69
 
Replying to: View Post
salam kenal bun , kalo aku sih waktu itu HPHT nya tgl 5 maret tp pas testpeck tgl 4 april udah keliatan tp msih samar . stelah ke dokter emg positif bun
WAh selamat yah bun , oiya ciri"nya kmren ?
AKu jumat kmren masbur n hb, hr senin magrib ampe tengah mlm pipis trus ampe 10x lebih.. dikit",
 
  #19  
Old
Cha NK...   TS 
 
Posts: 53
 
Bunda ummi : Aamiin bun, moga ja bnran dpt tiket H,, ngrep bgt bun
Mksh bwt info'y bun,jd lbh tw lg
Kta suami sih aq mkin brat ja
Mw nunggu bbrpa hri lg bun bwt TP
Soal'y jdwal haidQ g trtur,,bln januari kmrin g haid,,trs bln maret tlat 11hr bun tp g kya biasa'y,haid cma 4hr, yg prtma kluar drah tp sdkit,sisa'y flek" coklat ja
 
  #20  
Old
Novi a...
 
Posts: 25
 
Hai bun aku minta tolong dong, kan gini hpht aku tanggal 16 maret siklus aku ga teratur yang jelas diatas 40 hari bun sampai 47 hari.. Kemudian aku nikah tanggal 20 maret bun karna masih blm bersih jadi blm hb sama suami, dan giliran aku udah bersih 2 hari kemudian suami langsung dinas dan baru pulang kemaren tanggal 16 april bun, dan pada tanggal 16 april itu aku hb pertama kali sama suami, karena masih takut dan kita belum mau ambil resiko karena aku masih kuliah suami pake kondom dan tidak berani untuk penetrasi didalam, ya jadi kita cuma diluar aja.. Apakah kemungkinan bisa terjadi kehamilan bun? Dan tolong bun apakah tanggal 16 kemaren itu adalah massa subur saya atau bukan? Tolong ya bun yang mengerti bantuu sayaa..
 
  #21  
Old
Praset...
 
Location: asrama Yonif kompi C Wonopringgo pe
Posts: 705
 
Bunda ummi Makasih bngt informasi ny bund..sangat bermanfaat.. :-)
Salam kenal bund..
 
  #22  
Old
Queenk...
 
Posts: 9
 
aku juga bulan kemarin keguguran hotmom.. tgl 9 maret aku test + tgl 17 keluar flek 2 hari tgl 26 aku keluar darah tgl 27 bersih , tgl 6 april aku usg udah bersih, skrg yang aku rasain PD ku agak sakit dan sensitif trus badan ku panas tiap malam jg sakit kepala smp kebangun terus klo shubuh jg sering kelaperan..mudah"an lsg dapat tiket H, kita berdoa bersama u/ yang pgen hamil bulan ini, Aamiin YRA
 
  #23  
Old
noviww...
 
Posts: 21
 
Aku juga lagi H2C bun HPHT 29 Maret, Satu minggu lalu sampe sekarang aku sariawan yg satu sembuh yang lain tumbuh :-D terus udah satu minggu ini juga ngerasa sakit di bagian atas v*gin* sama perut bawah bagian kiri, ya cuman gitu sakitnya kadang2 doang ada sehari beberapa kali, ada sehari gak ngerasain sakit apapun. cuman kaya nya aku bakalan datang si M deh soalnya dari kemarin PD aku sakit sekarang pun masih soalnya dari 7 bulan lalu setiap mau haid PD pasti sakit bunda promil apa? aku bulan ini EVER E, FOLAVIT, MADU PENYUBUR KANDUNGAN. Mudah2n positif bulan ini amin
 
  #24  
Old
wulan ...
 
Posts: 68
 
Replying to: View Post
Bunda dya31 : Aamiin bunda, mksh yah... Bunda hpht kpn bun?

Bunda Nanda39 : slmat yah bunda dah + ... Skrng UK dah brpa bun?
Klo aq mw haid emang PD skit bun,tp g bengkak kya skrng,,trs jg nih skit'y dah bbrpa hri, klo haid PD skit cma bntar bun...

Bunda wulan laika : skrng UK dah brpa bun?
Aq sih brhrap bgt hmil bun,,suami dah pgn bgt pnya debay...

Bunda Aulia : klo mnrut aq sih mngkin bunda hmil,, coba d tnggu lg 1/2 mnggu bun trs TP lg atau k'dkter lngsung... Maaf g bisa ksh msukan yg jitu krna aq sndri blm pnya pnglman bun... Mngkin bnda yg lain bisa ksh jwban yg pad
skrng alhamdulillah udah 14w
 
Ya allah iklaskan dan sabarkan kami
  #25  
Old
Cha NK...   TS 
 
Posts: 53
 
Bunda Novi anggia : klo mnrut aq sih g hmil bun,kan pke kndom trs jg penetrasi'y d luar
Klo ngtung msa sbur aq g bisa bun,krna siklus haid Q jg g trtur
Maaf bun g bisa bntu

Bunda Queen : brdoa aja bun,moga kita sma" dpt tiket H d bln nih
Bunda nunggu anak no brpa?

Bunda novi : positif thingking ja bun, moga ja si M g dteng dan tmbuh si kecil d rahim kita,, Aamiin
Klo aq g promil apa" bun
Cma klo abis hub kki aq angkat k'atas trs pntat aq tompang pke bntal,kta'y sih biar sper*a msuk

Bunda wulan : udah usg bun?
 
  #26  
Old
ayuxsu...
 
Posts: 27
 
Pagi semua bunda2 cantik,,,,wah share jg ya bu mohon bantuanx jg,,,umur pernikahan sya 8 bulan umur sya 23 tahun,,hpht 11 maret jadwal haid harusx 14 april dan telat 7 hari td pagi sudah tp tp masih negatif����,,tp sebelumx perut terasa kram,mual dan payudara agak sakit bila dsentuh,,,,apakah sya tesx kecepetan atau gmna ya bunda??
 
  #27  
Old
Cha NK...   TS 
 
Posts: 53
 
Bunda ayuxsuntoro : biasa'y siklus haid lncar/tlat bun?
Hrus'y sih klo bnran hmil udah k'ditek bun, yg blm tlat ja kta'y ada yg udah k'diteksi
Apa lg bunda dah tlat,,tunggu ja 1mnggu lg bun,klo lom haid coba TP lg
Moga bnran + yah bun
 
  #28  
Old
Praset...
 
Location: asrama Yonif kompi C Wonopringgo pe
Posts: 705
 
Pagi bunda.. Ikut share..
Sy hpht 28 maret.. Tp dr,tgl 18 kmren PD sakit tegang gt..perut jg sering nyeri bagian bawah..smpe sekarang msh terasa..kira2 bisa tanda hamil g y bund..mohon informasi ny..
 
  #29  
Old
noviww...
 
Posts: 21
 
Amin ya rabb.. udah 9bln nikah tp pengen cepet2 punya baby Aku juga kalo hb kakinya pasti diangkat sama pinggulnya di ganjel guling
 
  #30  
Old
Cha NK...   TS 
 
Posts: 53
 
Bunda prasetyo : mngkin ja itu tnda hmil bun,, coba tunggu ja smp jdwal haid'y
Klo g dteng si M, bunda TP ja
Moga + yah bun

Bunda noviwww : aq nkah hmpir 5bln bun
Suami dah pgn bgt pnya debay,, aq jg dah pgn bun... Aq pgn bhgia'n suami
Mrtua jg dah ngebet pgn pnya ccu
Mkn'y aq pgn cpt + biar smua bhgia
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tolong ksih tw y bund prbedaan tanda mau mens dn tanda awal kehamilan,,,? -- Kenalan Yuk! 10
Apa saja tanda-tanda pada awal kehamilan sebelum telat mensturasi -- Ngobrol Apa Saja 22
Agak rancu tanda Awal Menstruasi dengan Awal Kehamilan -- Diskusi Umum 11
Tanda-tanda Awal Kehamilan : Apa termasuk muntah cairan bening? -- Diskusi Umum 2
tanda-tanda yang di rasakan pada awal kehamilan -- Diskusi Umum 6


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:04.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com