Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
anindy...   TS 
 
Posts: 25
Default Bagaimana senam hamil yang baik dan benar?

Demi kelancaran proses persalinan Anda, sebaiknya Anda melakukan senam hamil. Mengapa? Karena hal tersebut memiliki banyak manfaat untuk kelahiran bayi Anda. Bagaimana proses senam hamil?

Senam hamil terbagi menjadi latihan pendahuluan, latihan inti, hingga latihan penenangan dan relaksasi.

Pendahuluan
Latihan ini pemanasan sebelum memulai latihan inti senam.

Latihan inti
Tahapan ini ibu hamil diharapkan dapat mendapatkan sikap tubuh yang baik selama hamil, karena sikap tubuh yang baik dapat membentuk tulang panggul naik, sehingga janin berada dalam kedudukan normal. Sedangkan, sikap tubuh yang tidak baik akan menyebabkan tulang panggul turun. Anda juga akan diajarkan latihan kontraksi dan relaksasi untuk memperoleh sikap tubuh dan mengatur relaksasi pada waktu yang diperlukan. Latihan senam pernapasan juga dilakukan untuk melatih berbagai teknik pernapasan agar dapat digunakan pada waktunya sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan pernapasan yang sempurna adalah relaksasi seluruh tubuh, berkonsentrasi, dan menekuk kedua lutut agar otot dinding perut dan pernapasan dapat lebih lemas.

Penenangan atau relaksasi
Relaksasi sangat dianjurkan setelah Anda melakukan gerakan inti senam.

Selama kehamilan bentuk-bentuk latihan ini dilakukan secara terpadu dan cara latihannya dibagi menurut usia kehamilan. Berikut pembagiannya:

Minggu ke 22-25
Latihan pembentukan sikap tubuh. Berbaring terlentang, kedua lutut ditekuk, kedua lengan di samping badan dan santai (rileks).
Latihan kontraksi relaksasi. Berbaring terlentang, kedua lengan di samping badan, kedua kaki ditekuk pada lutut dan rileks
Latihan pernapasan. Berbaring terlentang, kedua lengan di samping badan, kedua kaki ditekuk pada lutut dan santai.


Minggu ke 26-30
Latihan pembentukan sikap tubuh. Merangkak, kedua tangan sejajar bahu. Tubuh sejajar dengan lantai, sedangkan tangan dan paha tegak lurus.
Latihan pernafasan. Berbaring terlentang, kedua kaki ditekuk pada lutut, kedua lengan di samping badan dan lemaskan badan.

Minggu ke 31-34
Latihan pembentukan sikap tubuh. Berdiri tegak, kedua lengan di samping badan, kedua kaki selebar bahu dan berdiri rileks.
Minggu ke 35 sampai akan melahirkan

Latihan pembentukan sikap tubuh. Berbaring terlentang, kedua lengan di samping badan, kedua kaki ditekuk pada lutut dan rileks.
Latihan kontraksi dan relaksasi. Tidur terlentang, kedua lengan di samping badan, kedua kaki lurus, lemaskan seluruh tubuh, lakukan pernafasan secara teratur dan berirama.
Latihan pernapasan. Tidur terlentang, kedua lutut dipegang oleh kedua lengan (posisi litotomi) dan rileks.
Latihan penenangan dan relaksasi dilakukan untuk menghilangkan tekanan (stres) pada waktu melahirkan. Dengan latihan ini, diharapkan ibu dapat menjadi tenang dan memperoleh relaksasi sempurna untuk menghadapi persalinan. Pada latihan penenangan, Anda akan diminta berbaring miring ke arah punggung janin, misalnya ke kiri. Maka, lutut kanan diletakkan di depan lutut kiri, dan keduanya ditekuk. Tangan kanan di tekuk didepan badan, sedangkan tangan kiri di belakang badan. Cobalah untuk tetap tenang dan lemaskan seluruh badan Anda. Tutup mata Anda dan hilangkan semua suara yang mengganggu. Lakukan selama 5-10 menit.

Tertarik untuk melakukan latihan senam hamil? Coba baca artikel yang tersedia di https://www.kalcare.co.id serta konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan Anda, tetap lakukan dengan pengawasan instruktur senam hamil.
 
Attached Thumbnails
Bagaimana senam hamil yang baik dan benar?-olah-raga-aman-untuk-ibu-hamil.jpg   Bagaimana senam hamil yang baik dan benar?-shutterstock_125826689-senam-kegel.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
bundav...
 
Posts: 53
 
thanks bun, memang senam hamil itu perlu untuk melancarkan proses persalinan
 
  #3  
Old
novitr...
 
Posts: 734
 
hai bun makasih ya infonya senam hamil memang bermanfaat buat bunda bunda yg mempersiapkan kelahiran dedek nya,,,,
semoga semua bunda yg sdh d berikan kepercayaan hamil semoga senantiasa d limpahi cinta dn selalu d jaga Allah,,,,
buat bunda yg masih menanti semoga secepatnya d ijabah oleh Allah aamiin
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
aturan senam hamil, manfaat senam hamil, senam hamil


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
[Just for Laugh] Cara merawat bayi yang baik dan benar -- Ngobrol Apa Saja 20
yang baik dan benar -- Diskusi Umum 7
bersosialisasi yang benar itu bagaimana? -- Ngobrol Apa Saja 1
Bagaimana menyapih yang baik? -- Diskusi Umum 0
gimana ya cara mencukur bulu yang baik dan benar?? -- Ngobrol Apa Saja 27


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:52.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com