Forum Ibu Hamil dan Kehamilan
Pasang iklan di IbuHamil.com

IbuHamil.com   Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja



Reply silakan bergabung untuk posting :-)
 
LinkBack Thread Tools
  #1  
Old 24 November 2011, 09:30
Member baru
 
Join Date: Nov 2011
Posts: 4
elhakim is on a distinguished road
Cool Penyakit Jantung Menjauh Dg Makan Satu Buah Apel Tiap Hari




Tallahassee, Buah apel menjadi makanan favorit bagi orang yang sedang menjalankan program diet karena kandungan air dan serat pada apel bisa menekan nafsu makan. Tak hanya itu, makan 1 buah apel setiap hari juga bisa menjauhkan Anda dari penyakit jantung.

Penelitian terbaru yang dilakukan Florida State University di Tallahassee menemukan bahwa makan satu buah apel setiap hari baik untuk kesehatan pembuluh darah atau kardiovaskular.

Peneliti mencatat bahwa wanita yang makan apel setiap hari selama setahun dapat menurunkan kolesterol total sebesar 14 persen dan tingkat kolesterol jahat (LDL atau Low Density Lipoprotein) sebesar 23 persen.

"Saya tidak pernah menyangka bahwa konsumsi apel dapat mengurangi kolesterol jahat sambil meningkatkan kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein) sekitar 4 persen," jelas Bahram Arjmandi, Ketua Departemen Gizi, Makanan dan Ilmu Olahraga di Florida State University di Tallahassee, seperti dilansir
Healthday, Rabu (13/4/2011).

Dalam studi terbaru ini, para peneliti ingin menilai efek jangka panjang dari konsumsi apel tersebut terhadap kesehatan jantung.

Peneliti merekrut 160 wanita antara usia 45 hingga 65 tahun. Para wanita tersebut secara acak dijadikan satu dari dua kelompok intervensi diet. Satu kelompok diberi 75 gram apel kering setiap hari selama setahun, sedangkan kelompok lainnya diberi plum kering setiap hari selama setahun.

Menurut penelitian ini, apel kering harian mengandung sekitar 240 kalori dan apel mengandung sekitar 5 gram serat, menurut Departemen Pertanian AS.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang makan apel kering dapat menurunkan kolesterol total sebesar 14 persen. Kolesterol LDL turun 23 persen. Konsumsi apel harian juga secara signifikan menurunkan tingkat protein C-reaktif dan hidroperoksida lipid, dua bahan yang dapat mengindikasikan peningkatan risiko
penyakit jantung. Namun apakah plum berpengaruh pada tingkat kolesterol tidak disebutkan dalam studi abstrak.

"Apel benar-benar adalah buah luar biasa karena berbagai alasan. Alasan terbesar apel adalah serat, apel memiliki serat larut dan tidak larut. Serat tidak larut banyak ditemukan pada kulitnya, sedangkan daging buahnya mengandung serat larut," kata Jessica Shapiro, ahli gizi klinis di Montefiore Medical Center di New York City.

Menurut Shapiro, daging buah apel akan menjadi zat seperti gel yang sangat kental yang dapat mengambil kolesterol dan menariknya keluar dari tubuh.

"Satu hal yang baik dalam apel adalah pektin. Ini adalah zat yang digunakan untuk membuat jeli atau selai, dan pektin berkontribusi terhadap viskositas apa yang terjadi melalui tubuh, dan membantu mengeluarkannya. Apel juga punya banyak antioksidan dan komponen alami lainnya," katanya.

Shapiro mengatakan dia akan merekomendasikan apel segar ketimbang apel kering, karena beberapa nutrisi mungkin hilang dalam proses pengeringan.

Menurut US Centers for Disease Control and Prevention, makanan dapat memiliki efek pada kadar kolesterol. Makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol dapat meningkatkan kadar kolesterol, sedangkan makanan dengan lemak sehat seperti minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol Anda.

Makanan dengan serat, seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dapat menurunkan kadar kolesterol, sedangkan karbohidrat yang rendah serat cenderung meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan kadar HDL sebagai kolesterol baik.

Hasil penelitian ini telah disajikan pada pertemuan
Experimental Biology di Washington D.C hari Selasa lalu. (mer/ir)


sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/04/13/133338/1615450/766/penyakit-jantung-menjauh-dengan-makan-satu-buah-apel-setiap-hari
 
Reply silakan bergabung untuk posting :-)

Tags
buah apel, manfaat buah
Thread Tools


Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
tiap hari minum mediamere amankah?? mila Diskusi Umum 1 8 November 2011 20:31
Tanya, hamil muda tp cuma bisa makan buah aja wiek Ngobrol Apa Saja 3 5 October 2011 09:19
melakukan sex tiap hari di wkt hamil tua sitie Diskusi Umum 3 5 July 2011 13:12
Baby 2 hari jantung bocor bunda arum Diskusi Umum 4 28 March 2011 16:30
kesulitan makan sayur&buah mamay dilla Kenalan Yuk! 12 25 March 2011 05:34


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:46.


IbuHamil.com Powered by vBulletin®
Copyright ©2000 - 2012, Jelsoft Enterprises Ltd.
Content Relevant URLs by vBSEO ©2009, Crawlability, Inc.