Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
Default Hati2 pemakaian RUMPUT FATIMAH saat persalinan!!

aduh, serem deh habis baca artikel yg ditulis seorang dokter kandungan ini. soalnya aq waktu bersalin anak kedua kemarin 'hampir' saja mau minum ramuan Rumput Fatimah yg emang katanya bisa bikin pembukaan cepet.
pada kasus yg ditemui si dokter ini, ternyata minum ramuan rumput fatimah tanpa dosis/takaran yg jelas malah bisa bikin bayi yg dikandung meninggal karena kontraksi yg berlebihan dapat membuat bayi meninggal dalam perut. Ih serem banget!
jadi, buat bunda2 semua yg lagi hamil, waspada yah minum ramuan2 tanpa konsultasi dg dokter, jangan sampai kejadian bumil ini (yg sudah mengalami pembukaan tapi diam2 minum ramuan tanpa konsultasi ma dokter, trus bayinya malah meninggal karena kontraksi terlalu cepat) terjadi ma qt.

"Saya akan menceritakan salah satu kejadian yang pernah saya alami. Saat itu saya sedang berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai gambaran, RSUD Banyumas kala itu merupakan rumah sakit negeri yang cukup diminati pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang. Saya menerima pasien yang datang dengan kehamilan pertama, umur kehamilan 9 bulan dan sudah mulai masuk persalinan dengan kontraksi rahim yang teratur dan pembukaan 2 cm kira-kira jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung janin menunjukkan bahwa janin dalam kondisi baik dan sanggup menjalani persalinan. Berhubung pembukaan masih kecil, maka pasien diistirahatkan di kamar sambil menunggu pembukaan bertambah.
Waktu itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 alias 24 jam dan 7 hari. Saat saya sedang istirahat sore jam 7an malam, tiba-tiba saya dikejutkan berita dari bidan jaga yang menginformasikan bahwa pasien tersebut kesakitan dan saat dilakukan perekaman jantung ternyata denyut jantung sudah tiada alias janin sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien marah-marah dan menyalahkan saya dan penanganan yang diberikan.
Saat saya lakukan pemeriksaan, saya menemukan kondisi yang tidak wajar. Pembukaan masih 2-3 cm dengan kontraksi yang sangat kuat yang layaknya kontraksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya merasa pasti ada yang tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, apakah ada diberikan `sesuatu` awalnya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya memeriksa ke kamar pasien apakah ada yang mencurigakan sambil saya terus menguimpulkan informasi dari keluarga pasien. Mereka masih berusaha menyalahkan penanganan rumah sakit atas meninggalnya janin tersebut. Namun akhirnya bidan jaga menemukan adanya rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien tersebut mengakui.
Ternyata pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini diluar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui bahwa `rumput fatimah` (Labisa pumila) berasal dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bahasa arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai efek uterotonik alias bisa menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Akan tetapi takaran dosis tidak dapat dipastikan, dengan demikian batas aman pun sulit ditetapkan. Bila suatu zat bisa menimbulkan kontraksi, maka dalam kadar rendah bisa `memperlancar persalinan`. Namun pada kadar yang tinggi ada bahaya yang mengintai, yaitu dapat menimbulkan kontraksi yang berlebihan atau over (istilah medisnya: hiperstimulasi). Kondisi inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan janin tidak sanggup hingga bisa meninggal, atau bahkan rahim yang tidak sanggup hingga bisa robek dan mengakibatkan meninggalnya ibu dan janin.
Oleh karena itu, saya selalu himbau untuk semua pasien, keluarga pasien, kenalan, relasi, tetangga dll agar menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sekali-kali mengkonsumsi rumput Fatimah ini saat janin masih didalam perut, namun bila bayi sudah lahir, silakan saja mau minum seberapa banyak anda mau tidak akan ada masalah.
Mohon disebarluaskan informasi ini, saya dan anda semua mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan informasi ini kepada siapa pun karena informasi ini bisa `menyelamatkan` nyawa seseorang.
"
 
Thread lain yang berhubungan:
born as a woman. reborn as a mother
  #2  
Old
BundaM...
 
Posts: 1
 
Iya, aku dulu juga waktu mau ngelahirin bayiku disuruh kasih rumput fatimah untungnya aku nggak jadi beli, karena waktu itu aku nggak tau jelas apa manfaatnya, trus waktu di Rumah Bersalin, bidannya menyarankan jangan sekali kali minum rumput fatimah bisa berbahaya. Ternyata efeknya bahaya sekali, aku jadi ngeri.
 
  #3  
Old
anita ...
 
Posts: 47
 
bunda kucik...makasi ya infonya..aku juga pernah baca di bku bahayanya rumput fatimah seperti apa..katanya dia hanya meningkatkan kontraksi tapi ga mbuka jalan lahir..
 
  #4  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
iya bunda2..iih..serem ternyata yah! aq masih bergidik kalo inget sebelum waktu persalinan anak kedua kemarin aq sempet nyari2 rumput fatimah. untung banget ga ketemu tuh rumput..! huffff...lega deh!
soalnya waktu mempersiapkan persalinan aq sempet nyari2 info apa aja yg bisa bikin cepet pembukaan. ternyata pas di gugel ada tentang rumput fatimah. tapi berhubung aq cuti n kontraksi 2 minggu sebelum HPL, jadinya ga sempet hunting tuh rumput.
masya Allah, padahal setelah aq bersalin secara SC, masih kebayang2 tentang rumput fatimah. aq berpikir, coba aq nyarinya lebih awal, mungkin bisa membantuku lahiran normal (kemarin itu aq ngalamin 3 hari pembukaan yg ga maju2). ternyata ada hikmahnya juga ga nemu rumput itu.
Note: di web-nya, si seller rumput fatimah menegaskan bahwa ramuan ini hanya boleh dipakai setelah pembukaan 6. berarti, emang ga boleh sembarangan minum ramuan rumput fatimah ini.
 
born as a woman. reborn as a mother
  #5  
Old
Tania8...
 
Posts: 1
 
Wah aq dulu waktu mau melahirkan jg diksh rumput fatimah sm mama ku, alhasil mules ku tmbh parah aplg aq jg sdh d induksi Smoga ini jd pengalaman utk bunda semua ya.
 
  #6  
Old
riaset...
 
Posts: 108
 
info bagus bunda...
 
  #7  
Old
anjai...
 
Posts: 28
 
Tp bunda klo udah trlanjur ngrendem trus aer nya dibuang gmn ? Gapapa kan ya ?? Coz papah ku udah ngrendem rumput nya make aer sepanci kecil tp blm ɑк̲и̲̅ minum sih air nya ..
 
  #8  
Old
Louisa...
 
Posts: 1,656
 
hmmmm bunda kucik.. makasi infonya!
pernah baca jg si kalo hamil jangan asal minum ramu-ramuan/jamu-jamuan..
 
  #9  
Old
Emilia...
 
Location: Paradise of love
Posts: 696
 
Bunda ANJAI dan Bunda LOUISA@ Sayangnya, bunda KUCIK2 udh lama g OL hehehehe
 
  #10  
Old
Louisa...
 
Posts: 1,656
 
bunda emil... heheheee mungkin bunda kucik busy ma duo juniornya, bentar lg jg yg bakal ada calon baby pst busy hihiii..
bunda emil cepet ketularan hamilnya ya..
bunda kucik,,, ayoo OL ^_^
 
  #11  
Old
illa...
 
Location: Malang, Jatim
Posts: 701
 
Bunda emil & bunda louisa : sprtix bunda kucik2 g bakalan OL lg dech, krn stahuq dah gnti nama dng bunda dewi............betul g????? blm q tnykn lngsng sich cm feelingq tiap ada tread saran dr bunda dewi sama dng bunda kucik2 & babayxpun dah dua.......... mencurigakan hihihi
 
  #12  
Old
Emilia...
 
Location: Paradise of love
Posts: 696
 
Bunda LOUISA@ Amiiin . . . Terima kasih atas doax bund :-)

Bunda ILLA@ Ah . . . Masak sih bund??? Bunda DEWI itu pernah nanyain tentang inseminasi d slh 1 thread q, katax anakx baru 1. Tapi g tau jga lah, namax akun emang bisa bgt klo qta mau bikin lagi yg baru, coba dch ;-)

Bunda DEWI@ Maaf bund jadi gosipin bunda nih jadix, umur panjang ya bund, amiiin . . .
 
  #13  
Old
Louisa...
 
Posts: 1,656
 
oh iya kah????
 
  #14  
Old
Emilia...
 
Location: Paradise of love
Posts: 696
 
Mungkin iya, mungkin ngga' . . . Yg pasti2x, aq jga gak tau. Hehehe
 
  #15  
Old
smartw...
 
Posts: 1
 
Bunda Kucik, makasih utk infonya. Alhamdulillah ALLAH telah selamatkan aq dan dede. Aq mulai pagi smp mlm kemarin msh pembukaan 1 dan aq ga sabaran krn sdh mules tiap 2 jam. Trus dulu ada temen yg pernah minum rumput fatimah lalu dalam 1 jam lahir, nah ini mungkin yang Bunda tulis "Note: di web-nya, si seller rumput fatimah menegaskan bahwa ramuan ini hanya boleh dipakai setelah pembukaan 6. berarti, emang ga boleh sembarangan minum ramuan rumput fatimah ini." Jadi emang dia udah pembukaan 6 atau lebih tinggi. Jadi, tadi malam aq minta suami plg dari ktr untuk beli racikan rumput fatimah di kios jamu dekat rumah, trus tukang jamunya nanya sama suami, istri sudah melahirkan atau belum? Suami jawab, belum tapi dgn PDnya suami bilang supaya lancar. Rupanya tukang jamu tau dan bilang, JANGAN MINUM RUMPUT FATIMAH, lebih baik cari kelapa ijo saja. Kalo baca pengalaman dokter di Banyumas itu, ALHAMDULILLAH, aq dan dede masih selamat. Doain ya, aq sdh HPL+4 hari tapi semalam bidan bilang tunggu aja 2 hari lagi, Insya Allah semua lancar karena hamil beda-beda ada yg lahir lbh cepet atau lambat s/d 1 minggu, aah aq baca di web ada yg sampe 11-12 bulan (???). Makasih ya Bunda. Nice info utk bunda-bunda yang lain, tlg sebarin sama bunda2 lain yg blm tau, bisa selamatkan nyawa 1 atau 2 orang.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
biaya persalinan -- Diskusi Umum 8
cara pemakaian Cyclo - Progynova -- Diskusi Umum 9
pemakaian minyak putih untuk mengatasi mual -- Diskusi Umum 21
Persiapan persalinan -- Diskusi Umum 2
Pemakaian pantyliner & flek coklat -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:27.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com