Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
Default cara sukses untuk hamil

waktu terbaik untuk berhubungan intim
Bagi pasangan yang mendambakan kehamilan, waktu berhubungan intim memang penting diperhatikan. Karena, sperma hanya punya batas waktu kehidupan sekitar 2–3 hari, sementara sel telur sekitar 12–24 jam. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan, maka hubungan intim perlu dilakukan sekitar satu sampai dua hari sebelum masa ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur). Dengan begitu, diharapkan sperma yang sehat akan siap “menunggu” sel telur di saluran telur.

cara mengetahui saat ovulasi/masa subur
Biasanya, ditandai dengan payudara yang lebih lembut, terasa tidak enak di perut bagian bawah, pengeluaran cairan vagina yang meningkat, serta adanya peningkatan suhu basal tubuh.

posisi menentukan prestasi
Para ahli banyak yang mengatakan, bagi mereka yang spermanya kebetulan lamban serta jika posisi rahimnya kebetulan “terbalik”, maka sebaiknya hindari posisi wanita di atas. Logikanya, bagi mereka yang ingin punya anak dan spermanya kurang gesit, maka posisi women in top ini akan menyebabkan sperma banyak keluar/terbuang dan tidak mencapai sasaran.

jika sperma “tumpah”
Pada kondisi rahim normal pun, setelah hubungan intim kadang-kadang ada sebagian sperma yang tumpah, namun pembuahan dapat saja terjadi. Jika spermanya bagus dan kondisi lendir rahimnya juga bagus, sekalipun ejakulasi dilakukan di luar vagina (azal), jika ada sedikit saja cairan awal dari sperma yang sudah keluar (pre-ejakulasi) dan kebetulan terbawa sampai bertemu sel telur, maka ini pun sudah dapat mengakibatkan kehamilan.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rosmay...
 
Location: Cianjur jabar
Posts: 1,282
 
Thank bund info'y... Low blh tnya apa yah bund mknn yg baik agr sperma gesit,,wkt d lab hsil'y oligoozosperma bund,,, ak tkt bund pk obat2 kimia jd pengen yg herbal aja dech..mhn info'y bund kucik2...
 
  #3  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda rosmayanti, mungkin utk tahap awal bisa dg mengubah pola makan n pola hidup.
* pola makan --> makan makanan berikut sbg nutrisi super utk calon ayah:
Bawang Putih
. Zat didalam bawang putih berkhasiat melenturkan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol sehingga aliran darah ke otak dan pembuluh darah vital makin lancar.
Terong Ungu
. Flavonoid yang terkandung didalam terong ungu dapat melancarkan sirkulasi darah dan anti oksidan sehingga dapat menghindarkannya dari gangguan disfungsi ereksi.
Tiram
. iram banyak sekali mengandung Zinc, selain bisa menutrisi rambut juga dapat membantunya dalam memproduksi sperma.
Pisang
. Buah yang mudah didapat ini ternyata kaya akan vitamin B, potasium dan kalium yang dapat meningkatkan energi dan memperbaiki libido.
Pare
. Bila suami mengalami gangguan impotensi, berikan pare pada menu makanannya. Zat momorsin dalam pare dapat membantu gangguan tersebut.
Seledri
. Bahan makanan satu ini, selain dapat meningkatkan rangsangan ereksi juga dapat mencegah pengentalan darah dan membantu otot polos untuk relaksasi.
Jahe
. Hindari ejakulasi dini dengan memberikan jahe yang melancarkan peredaran darah suami anda.

zat2 nutrisi yg diperlukan suami:

Vitamin A dan E. Kekurangan vitamin A dan E pada calon ayah akan berakibat turunnya kadar hormon LH (Luteneizing hormone) dan FSH (Follicle Stimulating Hormone). Hormon ini dibutuhkan dalam pembentukan sperma. Kebutuhan vitamin A untuk calon ayah adalah 5.000 IU per hari. Vitamin A bisa diperoleh dari hati, sayuran atau buah-buahan berwarna merah. Sementara, vitamin E banyak terdapat pada kecambah (tauge) dengan kebutuhan sekitar 12 IU per hari.

Zat seng (Zn). Bagi calon ayah, kekurangan zat seng akan menjadi biang terganggunya pembentukan sperma. Untuk kekurangan zat seng yang berat, bisa berakibat gagalnya pembuahan. Kebutuhan zat ini bagi calon ayah sekitar 11 mg per hari. Zat seng banyak ditemui pada kerang, daging, telur, biji-bijian serta kacang-kacangan. Yang perlu diingat, karena zat seng tidak larut di dalam air (hanya larut dalam larutan alkali/basa dan asam), tidak dianjurkan mengonsumsi suplemen yang terlalu banyak mengandung zat seng.

Zat besi. Kekurangan zat besi pada calon ayah maupun calon bunda bisa menyebabkan anemia. Dengan menunjukkan gejala lelah, sulit konsentrasi dan gampang infeksi. Pada calon ayah, anemia bisa menyebabkan terganggunya kebugaran. Kebutuhan zat besi pada calon ayah sekitar 13 mg per hari. Sumbernya bisa diperoleh dari hati, daging berwarna merah, kuning telur, sayuran hijau, kacang merah, jeruk serta serelia yang sudah diperkaya, termasuk roti.

Zat fosfor. Kecukupan zat fosfor harus diperhatikan calon ayah agar kualitas sperma tetap terjaga agar pembuahan berlangsung baik pula. Kebutuhan fosfor calon ayah per hari sekitar 400-500 mg per hari. Zat gizi ini bisa ditemui pada makanan berkalsium tinggi seperti susu dan ikan teri.


* pola hidup -->
  • Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok, minuman beralkohol atau menggunakan napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif). Risikonya adalah penurunan kualitas sperma dan tingkat kesuburan. Bahkan zat adiktif ini ditenggarai menjadi biang ketidaksuburan pria
  • Hindari berendam air panas atau sauna dan duduk lama di dalam kendaraan. Suhu tinggi terpapar pada buah zakar secara terus-menerus bisa merusak sel-sel sperma dan menurunkan produksi sperma untuk pembuahan yang sukses.
  • Stop stres. Stres berkepanjangan berpengaruh buruk pada kerja organ tubuh, termasuk pula sistem reproduksi
  • Jaga kebersihan alat kelamin, selalu mencuci dengan air bersih dan mengeringkannya setiap selesai buang air. Tindakan disunat juga salah satu langkah untuk memudahkan memelihara kebersihan kelamin calon ayah. Jika kotor, kuman akan berkembang biak dan testis akan menjadi sasarannya sehingga sel-sel bakal sperma bisa rusak. Apalagi kuman penyakit kelamin seperti gonorrhea atau clamydia bisa mengakibatkan terganggunya produksi sel sperma
  • Berolahraga secara teratur, sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh akan lancar, terutama ke testis. Stamina dan daya tahan tubuh juga semakin meningkat jika calon ayah rutin berolahraga. Stamina yang baik mendukung kualitas sperma agar pembuahan sukses. Gerakan sperma yang gesit dan jumlah sperma yang cukup memampu mencapai sel telur.
  • Penuhi asupan gizi lengkap dan seimbang. Jika perlu, konsumsi vitamin C, E dan protein.
  • Hindari memakai pakaian dalam dan celana terlalu ketat. Karena menyebabkan suhu testis terlalu panas sehingga melemahkan gerakan sperma. Jaga agar testis tetap dalam posisi nyaman, tidak terpengaruh suhu badan dan peredaran darah lancar, dengan mengenakan pakaian dalam dan celana yang cukup longgar.
  • Hindari konsumsi steroid dengan alasan membentuk otot-otot. Steroid berpengaruh buruk pada kualitas dan produksi sel sperma.
  • Lindungi testis dari benturan atau goncangan yang terlalu kuat, karena dapat melukai dan mencederai lalu menyumbat saluran sperma. Jika terlalu kuat, pembuluh darah bisa pecah. Saluran uretra yang tersumbat membuat saluran sperma tidak bisa keluar
  • Kurangi konsumsi lemak dan kelola berat badan karena bisa meninggikan kadar kolesterol. Jika ini terjadi, sirkulasi darah akan terhambat, termasuk aliran ke testis
  • Hindari lingkungan kerja tak sehat, seperti paparan radiasi, gelombang elektromagnetik dan lingkungan kerja bersuhu tinggi. Kondisi ini memengaruhi testis serta kualitas dan produksi sperma. Semisal, terlalu lama naik motor sehingga bisa menimbulkan varises pada testis. Gerakan sperma yang kurang gesit menurunkan kemampuan untuk membuahi sel telur.
aq berharap infoku ini membantu menjawab pertanyaan bunda, mudah2n bermanfaat yah!
 
  #4  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
wah mkanan nya ga ada yang disuka ma suami .... mna suami perokok bgt cz kerja nya ampe mlem jdi rokok tmen setia ...

suamiku juga alergi ma daging .... mudah2n bisa bikin dede ya ...
bunda .. tanya donk apa air putih bisa kurangi kadar alkohol daro rokok ???
 
  #5  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
mungkin yg bunda maksud bukan kadar alkohol, tapi kadar nikotin ya.
aq kurang tau soal itu bund, tapi aq rasa kandungan berbahaya dalam rokok akan tetap mengendap dalam tubuh meski banyak minum air putih. tapi, aq barusan ngobrol ma temenku yg dulu perokok berat tapi sekarang udah ga ngerokok lagi. dia cerita kalo dulu di terapi ma dokternya utk ngilangin kadar nikotin rokok dg minum alkohol! aq sempet kaget juga dengernya, masa ngilangin kebiasaan rokok dg minum miras? tapi ternyata bener terbukti ampuh buat dia. kata dokternya, alkohol bisa melarutkan nikotin. nah, begitu selesai terapi alkohol itu dia langsung disaranin dokter utk ganti alkohol ma permen, soalnya takut ntar dia malah kecanduan miras..hehe..!
masa' keluar mulut harimau masuk ke mulut buaya!
 
  #6  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
ya jga ya bunda ..

tpi kan pngaruh ma sperma suami ... cek hsil sperma suami jlhnya kurang ... gimna ya bun biar ngerokok tpi dksih mknan ap gitu biar spermanya nambah ...
 
  #7  
Old
rosmay...
 
Location: Cianjur jabar
Posts: 1,282
 
Bund kucik2 mksh info'y sngt bermanfaat skli.. Kbtln bund dewi swmi ku suka mkn2an d atas tp syg swmiku perokok dy bs hbs 1bungkus sehari..aku suruh berhenti pelan2 ssh amat,, kt'y org ngerokok ny sebatang2... Huh sk kesel dech bund..low di srh trpi pk alkohol wah berat jg alhmdllh swmi gak suka sm miras... Mngkn ada cr lain bund biar bs perlhn2 brhnti merokok??
 
  #8  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
sebenarnya suami aku suka2 z klo dpksakan ,,, tpi bbrp hari nie lo mkan dging2an bdannya jdi bengkak2 gitu ... tpi lo sayur ... haduh musuh bgt dia .. cuma olahraga nya kuat ... gimna ya ,, ada cra lain bunda ??
 
  #9  
Old
rosmay...
 
Location: Cianjur jabar
Posts: 1,282
 
Bund dewi,,low swmi aku olahraga'y jrg mknan apa aja is ok!! Tp bwt berhenti rokok waw susah'y seperti menembus langit (lebay.com) hehe.. O,ya bund klow blh tau hsil tes sperma swmi apa bund?
 
  #10  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
semua sich bagus cuma jlhnya aza krg .. cuma 12 juta aza ...

klo suamiku 1 bngkus sehari plgi lo ada krjaan aduh kya kreta api ngerokoknya .... tpi lo d rumah aza jrang ngerokoknya ... di blangin sewot mulu drpd brantem biar aza dach ... klo diblangn ngerokok bisa ganggu sperma ... dia mlah bandingan ama kaka iparku yg perokok juga tpi anaknya udah 2
 
  #11  
Old
rosmay...
 
Location: Cianjur jabar
Posts: 1,282
 
Wah bner tuh bund swmiku jg gt lo,,kt'y tuh sdraku bp km kt'y perokok jg tp udah pny bnyk anak trmsk aku kt'y,,duh jd ga bs ngmng dech,,tp inti'y apapun ush kt ttp kembali pd yg punya nya bund,, swmiku jg cm 16jt bund tp bentuk n gerak'y normal.. Mg kt segera dpt dede bund,,nth brp ribu x aku ucapkn itu,,tp itu mmng hrpn terbesar kt bund..
 
  #12  
Old
ranita...
 
Location: di rumah
Posts: 512
 
hai bunda kucik pa kabar...?
oh ya.. inti dari kualitas sperma adalah antioxidant..
bisa di dapat dari propolis.. dan bisa juga didapat dari tomat merah besar yg dikukus/direbus dibin sup (tambahin bawang putih, lada, garam dikit). krn tomat merah besar tinggi akan likopen (semacam antioxidant). dan bila di kukus jumlah likopen berkali lipat.
ini yg aku baca dr jurnal penelitian di kampus ku (UNDIP semarang)
 
  #13  
Old
kucik2...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
hai juga bunda ranita. gimana kandungannya, sehatkah?
 
  #14  
Old
dewi a...
 
Posts: 806
 
bunda rosmayanti : ya bunda .. mudah2an ga lama kita udah pada tekdung

bunda ranita : klo tomatnya dibikin sambel khasiatnya msih bagus ga ???
 
  #15  
Old
anita ...
 
Posts: 47
 
hey bunda bunda cantik..
dulu sii pas kuliah aku pernah belajar..katanya rokok itu mengandung radikal bebas yang nantinya bakal mengurangi kualitas sperma bun..baik dari pergerakan maupun jumlah dari sperma tersebut..
makanya tubuh kita perlu antioksidan untuk meningkatkan kualitas sperma (setujuu sama bunda ranita)..
pengalaman aku yaaa bund..
dulu aku sering makan toge rawon (yang kepalanya gede2 itu lho),toge rawon itu tinggi vit. E bun..cocok banget buat kesuburan kita sama suami...
selain itu bun...aku juga sering mengkonsumsi madu dan sari kurma bun..biar stamina ON terus..hehhe..katanya sii..lebih bagus lagi kurma muda yang masi bayi2 ituu bun..itu bagus bun..
alhamdulillah aku lagi hamil bun..udah 7,5 bulan sekarang,,,
saling mendoakan yaaa bun..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Korset Pelangsing untuk Ibu Pasca Melahirkan, Aman untuk Ibu Menyusui. -- Area Promosi 12
cara diet untuk ibu hamil -- Diskusi Umum 7
cara mencegah sesak nafas ibu hamil -- Diskusi Umum 11
Cara Mengatasi Mual n Muntah Hamil Muda -- Diskusi Umum 52
Gimana ya cara mengatasi sulit buang air kecil saat hamil ?? -- Diskusi Umum 17


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com