Forum Ibu Hamil dan Kehamilan

IbuHamil.com   Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja
Daftar Menghitung Masa Subur Kalkulator Kehamilan Search Today's Posts Mark Forums Read Cara Cepat Hamil Rumah Murah

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old 3 December 2012, 18:30
Rins's Avatar  
Join Date: Oct 2012
Posts: 1,626
Thumbs up Menyusui Payudara Kanan dan Kiri - just for info :)

malem bundas...
aq ada sdkit info ttg ASI nih utk bunda2 dsni... moga bermanfaat ya...

Menyusui Payudara Kanan dan Kiri
Saat menyusui, Apakah lebih baik menyusui dari 2 payudara bergantian selama beberapa waktu di tiap payudara, atau menyusui dari satu payudara sampai puas?

Memang, ada banyak mitos yang bilang kalau menyusui jangan cuma di satu payudara, nanti payudaranya jadi gede sebelah. Namun ternyata lebih baik adalah membiarkan bayi menyusui di satu payudara sampai puas, bahkan bila sampai ia tertidur, sementara payudara yang satunya masih penuh, sebaiknya diperah. Mengapa?

Karena komposisi ASI terdiri dari foremilk dan hindmilk. Foremilk itu adalah ASI yang kandungan lemaknya rendah, kalau biasa memerah ASI, pasti kelihatan biasanya ASI yang keluar duluan itu warnanya lebih bening dan lebih encer. Foremilk ini sering juga disebut dengan ASI depan. Hindmilk adalah ASI yang kandungan lemaknya lebih tinggi dan jika saat memerah ASI, setelah memerah beberapa saat, warna ASI terlihat lebih putih dan lebih kental. Semakin kosong payudara maka kandungan lemaknya semakin tinggi. Hindmilk sering disebut sebagai ASI belakang.

Lihat pada gambar di atas (attachment), foremilk ada di gelas kiri dan hindmilk di gelas kanan.

Sama seperti saat diperah, saat bayi menyusu, maka ASI yang dikonsumsi lebih awal adalah foremilk ini. Setelah menyusu berjalan beberapa saat atau payudara mulai kosong, maka bayi mulai mengkonsumsi hindmilk yang sarat akan kandungan lemak. Semakin banyak bayi mengkonsumsi hindmilk, maka semakin signifikan kenaikan berat badannya.

Nah, jadi tahu kan sekarang mengapa menyusui bayi pada kedua payudara secara bergantian ternyata tidak efektif? Betul! Karena jika bayi baru menyusu sebentar pada satu payudara kemudian langsung dipindahkan ke payudara yang lain maka bayi hanya akan lebih banyak mengkonsumsi foremilk daripada hindmilk.

Tapi, bukan berarti foremilk itu tidak penting loh yah. Foremilk itu kandungannya sama dengan hindmilk, hanya lemaknya sedikit. Bisa diibaratkan bahwa foremilk itu adalah minuman (air minum) sedangkan hindmilk itu adalah makanan. Sama seperti kita, kalau sedang makan kan kita juga butuh minum. Nah, bayi juga sama. Selain itu foremilk juga mengandung laktosa yang sangat penting bagi perkembangan otak bayi.

Sedikit tambahan, biasanya foremilk ini, pada beberapa ibu menyusui, keluarnya pun suka mancur-mancur dan bikin bayi kita agak kesulitan untuk menyusu. Kalau memang derasnya aliran ASI cukup mengganggu si kecil, bisa dicoba dengan memerah ASI sedikit (mungkin bisa ditampung dan diberikan kemudian). Hal ini dimaksudkan untuk dapat mengurangi derasnya aliran ASI sehingga bayi bisa lebih nyaman saat menyusu.

Berapa lama idealnya bayi menyusu sampai payudara kosong? Rata-rata efektifnya adalah 20-25 menit. Bila lebih dari satu jam, biasanya bayi hanya mengempeng.

sumber:wishingbaby.com/ Clodi Stepantoro, AIMI (Fanpage FB Cussons Mom & Me Indonesia)
 
Attached Thumbnails
Menyusui Payudara Kanan dan Kiri - just for info :)-foremilk-hindmilk.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
AMAZING GRACE
  #2  
Old 3 December 2012, 18:51
Bunda Lyla's Avatar  
Join Date: Sep 2012
Location: ngawi jawa timur
Posts: 1,303
 
nice info bun...
 
setiap kesulitan pasti akan berakhir dengan kemudahan
  #3  
Old 3 December 2012, 18:54
aprirahman's Avatar  
Join Date: Dec 2011
Location: east jakarta
Posts: 1,752
 
nice thread.. Up.. Up ^_^
 
  #4  
Old 3 December 2012, 19:42
Rins's Avatar  
Join Date: Oct 2012
Posts: 1,626
 
siiipp... jd yg galau krn debay cm nyusu di 1 PD aja, ini bsa jd solusi nya...
 
AMAZING GRACE
  #5  
Old 3 December 2012, 19:52
 
Join Date: Nov 2012
Location: Kramat Jati, JAKTIM
Posts: 194
 
Waah... pengetahuan ku jadi bertambah nie
thanks Bun Rins..
 
Ya Allah.. janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri,
tanpa adanya keturunan yang mewarisi Amiinn..
  #6  
Old 3 December 2012, 21:29
Amalia Nurul Azkia's Avatar  
Join Date: Aug 2012
Posts: 1,537
 
Mantep bunda rins infonyaaaa,, tangkiuu,,
 
Muhammad Syauqi Ali,, selamat datang di dunia ku sayang,
Aku bahagia dengan kehadiranmu!!
  #7  
Old 4 December 2012, 05:58
aprirahman's Avatar  
Join Date: Dec 2011
Location: east jakarta
Posts: 1,752
 
yang penting adil ya bund, kanan buat si debay.. Kiri buat ????
Hehehe..
Oia bund 1 tambahan info ya, wkt aq nntn infotaiment tntg anaknya Okan, dy lg ke dokter gt, dokternya blg, kalo baby nangs ga brarti harus slalu lapar dn pngen di susui, liat aja gerakan tangan nya, kalo dy lapar tangan nya mengepal dn ga rileks..smga brmanfaat ^_^
 
  #8  
Old 4 December 2012, 06:34
Rins's Avatar  
Join Date: Oct 2012
Posts: 1,626
 
iya, bun... bayi nangis ga selalu lapar... klo lapar mulutnya akan membuka2 (mangap) gtu...

ini aq ksh lg Arti Tangisan Bayi...

1. POPOKNYA BASAH
Umumnya yang pertama kali dilihat saat bayi menangis adalah apakah popoknya basah. Kalau ternyata tidak, baru dicari penyebab lainnya. Orangtua bisa melihat sekilas atau menyentuhnya untuk memastikan.
Ciri-ciri:
Tangisannya berirama teratur, berlangsung terus-menerus, makin lama suaranya makin keras. Ini terjadi karena bayi merasa risih/tidak nyaman dengan popoknya yang basah.
Penanganan:
Lepaskan popok/baju basahnya, setelah itu biasanya tangisnya akan mereda. Bersihkan bekas BAK/BAB-nya dengan kapas bulat yang dibasahi. Setelah bersih, aliri dengan air, lalu bersihkan area sekitarnya, dan keringkan. Ganti popoknya dengan yang bersih. Pastikan, apakah baju dan alas tidurnya juga basah? Kalau iya, ganti semua, karena bayi merasa tidak nyaman tidur di atas kain yang basah.
Catatan:
Sekalipun bayi tidak menangis, orangtua harus mengecek secara berkala apakah popok bayinya basah dan segera menggantinya. Begitu pun kalau memakai pospak, pastikan sebelum penuh sudah diganti, jangan tunggu sampai bayi menangis.

2. LAPAR
Di usia ini bayi masih mendapat ASI eksklusif, karenanya saat bayi menangis, orangtua harus ingat kapan terakhir ia memberikan ASI. Kalau sudah 1—2 jam sebelumnya, besar kemungkinan bayi sudah lapar lagi.
Ciri-ciri:
Tangisan lapar hampir sama dengan saat popoknya basah, yakni iramanya teratur, berlangsung terus-menerus, makin lama suaranya makin keras. Ciri lain yang bisa dilihat sebelum bayi menangis karena lapar adalah mulutnya membuka-buka, seakan-akan mencari puting susu ibu.
Penanganan:
Segera angkat bayi dan berikan ASI. Bayi yang menangis karena lapar umumnya langsung diam saat mendapat ASI. Ia akan meminum dengan rakus. Mengenai cara memberikan ASI, lihat h. 13 tentang menyusui.

3. SAKIT
Boleh jadi bayi menangis karena sakit.
Ciri-ciri:
Tangisan karena sakit sedikit berbeda dari tangisan di atas. Bayi yang sakit umumnya akan menangis dengan suara keras/melengking, berhenti sebentar, lalu menangis lagi. Ada juga yang tangisannya serupa rintihan. Intinya, orangtua harus jeli bila tangis bayi terdengar tidak seperti biasanya.
Penanganan:
Coba pegang tubuhnya apakah terasa hangat, ada luka atau sesuatu yang tidak biasa. Untuk meredakan tangisnya, gendong dan berikan pelukan hangat. Bila si kecil tetap rewel, segera bawa ke dokter untuk memastikan dan mendapat penanganan yang tepat.

4. LELAH
Sekalipun belum banyak beraktivitas, bukan tak mungkin bayi merasa kelelahan. Ini bisa terjadi saat ada perayaan/upacara tertentu untuk menyambut kelahirannya atau saat keluarga berkumpul, sehingga banyak yang menimang/mengajaknya bercanda atau bahkan sekadar suasana yang tidak seperti biasanya, semisal banyak orang di rumah sehingga suasana gaduh/bising.
Ciri-ciri:
Tangis kelelahan serupa dengan rewel, ada gangguan sedikit saja ia langsung merengek.
Penanganan:
Ganti pakaiannya dengan pakaian bersih/kering, masuk ke kamar yang suasananya tenang/tidak bising, atur suhu kamar supaya tidak terlalu panas/dingin, berikan usapan lembut di punggung, nina bobokkan dan biarkan ia tidur lelap. Setelah terbangun biasanya rasa lelahnya pun hilang.

5. KOLIK
Kolik adalah kondisi bayi merasa kesakitan. Satu dari 5 bayi mengalami kolik.
Ciri-ciri:
Tangisannya serupa dengan tangis sakit, ditambah mukanya kemerahan, perutnya tegang, menarik-narik kaki, dan mengepalkan tangan.
Penanganan:
Coba gendong dan ayun-ayun dengan lembut, usap tubuhnya perlahan terutama bagian perut atau punggung seperti hendak menyendawakan, senandungkan lagu-lagu berirama lembut supaya ia tenang. Kalau belum teratasi juga, bawa ke dokter.

6. KEDINGINAN/KEPANASAN
Bayi yang kepanasan/kedinginan umumnya juga bereaksi dengan menangis.
Ciri-ciri:
Tangisannya serupa rintihan. Pastikan, apakah suhu ruangan memang tidak sesuai. Bayi yang kepanasan bisa dilihat dari pakaiannya yang basah karena keringat.
Penanganan:
Bila bayi kepanasan, ganti pakaiannya yang basah, ajak duduk-duduk di halaman untuk merasakan kesejukan udara. Kalau di rumah ada pendingin rungan, atur suhunya supaya bayi merasa nyaman dan tidak kepanasan. Bila bayi kedinginan, gendong dengan kain lebar sehingga ia merasakan kehangatan. Bagi bayi, kehangatan sangat penting karena selama 9 bulan dalam kandungan ia selalu merasakan kehangatan.

7. KAGET
Suara yang terlalu keras akan mengagetkan bayi dan menyebabkannya menangis. Tak hanya itu, orang dewasa yang terlalu bersemangat mengajaknya bermain, pelukan/gendongan/dekapan yang terlalu kuat juga bisa membuatnya kaget hingga menangis.
Ciri-ciri:
Suara tangisan karena kaget umumnya langsung melengking keras layaknya orang kaget.
Penanganan:
Gendong, berikan pelukan hangat dan tenangkan bayi dengan mengusap-usap punggungnya. Setelah merasa tenang dan kekagetannya hilang, umumnya bayi akan berhenti menangis.

sumber : nakita

semoga bermanfaat ya bunda
 
AMAZING GRACE
  #9  
Old 4 December 2012, 07:46
thyapermadi's Avatar  
Join Date: Sep 2012
Location: sukabumi
Posts: 1,686
 
bund rins aku gk kebayang klo menyusui nanti rasanya gimana yah? xixixixixi
geli kali yak... hehehhe :P
 
*....Robbi habli minashsholihin.... *
  #10  
Old 4 December 2012, 08:00
Amalia Nurul Azkia's Avatar  
Join Date: Aug 2012
Posts: 1,537
 
Ah bunda thya, kan udh latihan, hhaha,, :P
 
Muhammad Syauqi Ali,, selamat datang di dunia ku sayang,
Aku bahagia dengan kehadiranmu!!
  #11  
Old 4 December 2012, 08:01
Rins's Avatar  
Join Date: Oct 2012
Posts: 1,626
 
bun Thya aneh2 aja tnya nya, bnr kata bun Amalia, kan ud terbiasa... hihihihi... cm beda org... *hush jgn vulgar
 
AMAZING GRACE
  #12  
Old 4 December 2012, 08:09
Amalia Nurul Azkia's Avatar  
Join Date: Aug 2012
Posts: 1,537
 
Hhaha,,
Biar ga geli sering latihan bund!
#loch,, husss, husss, ngacoo!! :P

Btw bund rins, klo nulis tread ada fotonya gitu gimana caranya sih??
 
Muhammad Syauqi Ali,, selamat datang di dunia ku sayang,
Aku bahagia dengan kehadiranmu!!
  #13  
Old 4 December 2012, 08:13
Rins's Avatar  
Join Date: Oct 2012
Posts: 1,626
 
ahhahahhaha....

@bun Amalia... sblmnya aq jg gtau, tp kmren coba2 wkt buat thread baru, dbwahnya ada pilihan Manage Attachment, aq cba klik itu trs ada pilihan mau attach dr link ato dr file kompt/laptop. ya trnyta bisa...
aq yg gtau tuh, klo reply2 gini, emot2 yg lucu ga muncul gmna caranya munculin nya ya?
 
AMAZING GRACE
  #14  
Old 4 December 2012, 08:17
thyapermadi's Avatar  
Join Date: Sep 2012
Location: sukabumi
Posts: 1,686
 
bund rins & bund amalia ::: ihihih kali aja beda bund, soalnya yang nie khan bayi, gk terlalu kuat... hahahahhaha (udah akh, jadi vulgar deh aku... bunda rins seh bikin treadh nya soal menyusui jadi ajah aku ngebayangin...hehehheeh:P)
 
*....Robbi habli minashsholihin.... *
  #15  
Old 4 December 2012, 08:19
astiq's Avatar  
Join Date: May 2012
Posts: 284
 
Bun, thanks buat infonya, berguna banget neh...
 
Reply silakan bergabung untuk posting :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Maureen Baby Mart
Registrasi
Hot Threads

Topik seputar Ibu Hamil dan Kehamilan

Top Posters

Kata-kata Mutiara
 
Four things come not back: the spoken word, the spent arrow, the past, and the neglected opportunity.
 



Thread Tools


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
sekilas INFO putrimeara Diskusi Umum 13 21 February 2014 15:23
info inseminasi citramputri Diskusi Umum 17 7 April 2013 23:16
Mohon info Bunda Diah Diskusi Umum 9 10 March 2012 16:04
Info saja botter Diskusi Umum 0 8 October 2011 10:12
usg 3D/4D,,info please :) uswa darmawan Diskusi Umum 2 14 December 2010 23:34


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:48.


Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
Powered by vBulletin © Jelsoft Enterprises Ltd.
© 2014 IbuHamil.com