Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Kehamilan > IbuHamil.com > Kenalan Yuk!

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
apri...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 22
Default Periksa ke dokter kandungan; pakai Tp atau tunggu 2 minggu?

Dear para bunda...

Saat ini aq sudah telat 8 hari, sementara selama ini biasanya aq hanya telat 1 atau 2 hari. Baiknya aq langsung periksa ke dokter kandungan, pakai TP atau tunggu sampai telat satu bulan yach? Tanda2 kehamilan sepertinya sudah ada (kalau gak salah aq baca di internet) :
http://bidanku.com/index.php?/

Tanda-tanda kehamilan merupakan saat yang paling dinantikan oleh seorang perempuan yang menginginkan dirinya memiliki seorang buah hati dambaan keluaga (family hoping). Dengan terjadinya kehamilan menandakan bahwa pasangan suami isteri memiliki tingkat kesuburan yang baik dan hal ini juga menandakan bahwa mereka tidak memiliki masalah kesehatan yang berarti.
Dengan datangnya tanda-tanda kehamilan, hadirnya seorang buah hati dalam keluarga mereka tinggalah menunggu waktu. Keluarga terasa semakin lengkap dengan kehadiran buah hati yang dinanti.
Namun ada kalanya, pasangan suami isteri belum mengetahui secara betul mengenai tanda-tanda kehamilan ini. Mereka kadang masih bingung membedakan mana tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) sebenarnya dengan tanda akan datang menstruasi, karena banyak kasus terjadi bahwa tanda-tanda kehamilan biasanya mirip dengan tanda-tanda akan datang menstruasi. Ketidaktahuan mengenai hal ini juga menyebabkan beberapa kasus terjadinya keguguran (miscarriage).
Hal ini disebabkan masih dilakukannya suatu aktivitas atau konsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dilakukan selama kehamilan, padahal sebetulnya dia sudah mengalami kehamilan. Dengan ketidaktahuan akan tanda-tanda kehamilan juga mengakibatkan persiapan yang matang menyongsong kehamilan menjadi terabaikan. Sebaliknya, banyak kasus para keluarga stress karena tanda-tanda yang sudah dianggapnya sebagai sebuah tanda kehamilan, ternyata sesudah dilakukan beberapa kali test ternyata hasilnya negatif. Bayangan dan dambaan kehamilan yang mereka tunggu akhirnya menjadi sirna.
Banyak para perempuan menilai bahwa tanda-tanda kehamilan hanya melihat dari satu sisi saja, yaitu terlambat datangnya menstruasi. Memang betul, salah satu tanda-tanda kehamilan ini adalah terlambatnya menstruasi. Namun, terlambat menstruasi ini juga bukan hanya disebabkan oleh kehamilan saja, banyak hal yang mempengaruhinya, pola makan, stress, kecapaian, adanya gangguan hormonal dsb. Nah, untuk lebih memastikan lagi, selain terlambatnya menstruasi, cermati pula tanda-tanda kehamilan yang lain, yaitu:
Terjadi Perubahan Pada Payudara

Jika terjadi kehamilan, maka payudara akan membesar, hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Selain itu kondisi payudara juga akan terasa makin lembut, hal ini menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi, hingga payudara akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang. Puting susu membesar pula dan warnanya akan semakin gelap, kadang juga terasa gatal. Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat penegangan payudara.
Selain itu terjadi aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen). Hormon tersebut diproduksi oleh tubuh saat ibu mengalami kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi bayi anda ketika terlahir ke dunia.
Munculnya bercak darah atau flek yang diikuti kram perut

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi.
Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini, akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul. Mual dan muntah (Morning sicknes)

Sekitar 50% perempuan yang mengalami kehamilan akan memiliki tanda-tanda ini. Pemicunya adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut adalah HCG (Human chorionic Gonadotrophin). Selain dalam darah, peningkatan hormon ini juga terjadi pada saluran air kencing. Makanya, alat test pack kehamilan dilakukan melalui media air seni, hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasikan mengenai hal ini ke dokter anda, karena akan mengganggu kehamilan anda.
Mual dan muntah ini biasa morning sickness karena biasanya terjadi pada saat di pagi hari. Namun kenyataannya, mual dan muntah dapat terjadi pada siang dan malam hari juga. Bahkan morning sickness terjadi hanya ketika si ibu mencium aroma atau wewangian tertentu.
Sering kencing/buang air kecil (Frequent Urination)


Setelah haid terlambat satu hingga dua minggu, keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering dari kebiasaannya. Ini disebabkan janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah. Selain itu kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Peningkatan rasa buang air kecil juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan. Walaupun buang air kecil ini sering, jangan sampai membatasinya atau menahannya. Selain itu hindarkan dehidrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh.
Pusing dan sakit kepala (Headaches)


Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.
Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih (Fatigue)

Rasa lelah dan mengantuk pada ibu hamil selain disebabkan oleh perubahan hormonal, juga akibat kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru, semakin bertambah. Organ-organ vital ini tidak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan ibu saja, namun juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Perut ibu yang semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan juga memberikan beban tersendiri bagi tubuh ibu.
Sembelit

Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.
Sering meludah (hipersalivasi)

Tanda kehamilan ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua
Naiknya temperatur basal tubuh

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.
Tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) di atas sifatnya pribadi, tidak semua perempuan pada awal kehamilan mutlak memiliki tanda-tanda di atas, artinya berlakunya tanda kehamilan di atas ada yang memang semua mengalaminya, bervariasi, tapi ada pula yang tidak memiliki keluhan apapun. Untuk lebih memastikan, tentulah harus dilakukan test kehamilan (pregnancy test ), baik yang dilakukan di rumah dengan menggunakan test pack atau dilakukan di laboratorium yang melakukan tes terhadap darah anda.

nah, ada beberapa point yang sekarang aq alami (Terjadi Perubahan Pada Payudara;Mual dan muntah (Morning sicknes);Sering kencing/buang air kecil (Frequent Urination) dan Sembelit).

Apakah ada kemungkinan aq sekarang sedang mengandung yach?
Mohon bantuan para bunda,
Thanks
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda apri, ada kemungkinan bunda hamil. kalo mo periksa ke dokter sekarang, paling2 nanti ditanya apa udah TP. kalo udah, ntar disuruh balik seminggu lagi. kalo belum, ntar disuruh TP dulu n balik seminggu lagi juga. karena kalo baru telat seminggu agak susah kedeteksi lewat USG.
 
  #3  
Old
apri...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 22
 
oh, berarti langkah awal itu tetap harus Tp dulu ya bunda kucik2 ??? Klo aq seh pengennya langsung periksa ke dokter kandungan, tp klo nantinya harus di TP dulu much better aq pakai TP aja ya besok pagi ? Makasih ya bunda kucik2....semoga besok pagi hasilnya positif
 
  #4  
Old
newmoo...
 
Posts: 4
 
hai salam kenal....

aq juga baru pake tp tgl 16 sept kemarin... aq dah g dapet "tamu" sejak bln juli tp emang haidku selama ini g teratur..
d tp nya udah positif,ini kehamilan pertamaku trus malamnya aq ke dokter tapi kata dokter belum keliatan..alias masih kosong.. d usg lewat perut belum ada..kata dokter di evaluasi dulu karena takutnya hamil di luar kandungan atw hamil kosong...
aku jadi takut..
aq g mual.. tapi kadang mualnya malam..trus jadi lebih sering pipis...
krn aq penasaran aq cari second opinion di dokter lain ternyata hasilnya sama...
aku tp lagi dengan merk yg berbeda hasilnya sama +

bunda..sebenarnya ini wajar g sech?
atw sebenarnya gimna ya bunda?
thanks infonya yach
 
  #5  
Old
reka m...
 
Posts: 4
 
bunda apri....
aq kmrn jg sprti itu jd aq TP dlu trs hsilny positif baru kedokter dan alhmdlah udh kliatan di USG..so,,coba dlu aja sapa tw sama jg ky aq...

bunda newmoon...
tggu aj smpe blan dpan bunda,,,cek dlu z tkutny mola atw hamil anggur,,kt temen aq klo 2 bulan udh bsa terdeteksi n sgra diambil tindakan...smga bermanfaat bunda,,...^^
 
  #6  
Old
newmoo...
 
Posts: 4
 
oh gitu ya bunda...

Mola tuch apaya bunda??
 
  #7  
Old
apri...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 22
 
bunda reka meliasari iya bunda, akhirnya karena penasaran sudah telat 8 hari sabtu pagi aq TP dan hasilnya positif, jam 10 nya aq langsung ke dokter kandungan. Tapi saat di uSG kata dokternya belum keliatan kantongnya baru setitik hitam aja itu jg belum jelas. Sedih dech dengarnya padahal dari TP kan sudah positif ditambah dengan tanda2 kehamilan selama ini. Trus dokter menyarankan balik lagi tanggal 1 okt besok, mudah2an sudah keliahatan ya bun saat di USG besok....

bunda newmoom sama bun, ini juga kehamilan pertama aq,,,kasusnya hampir sama tapi hasil dari dokter kemaren itu Suspect posistif....tunggu 2 minggu baru cek lagi untuk kepastiannya. Sebaiknya bunda jg tunggu sampai 2 mggu kedepan seperti aq
 
  #8  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
[QUOTE=apri;12433]oh, berarti langkah awal itu tetap harus Tp dulu ya bunda kucik2 ??? Klo aq seh pengennya langsung periksa ke dokter kandungan, tp klo nantinya harus di TP dulu much better aq pakai TP aja ya besok pagi ?

iya bund, kalo bunda belum TP trus langsung ke dokter, ntar dokternya paling2 komen gini: "loh, ibu kok udah yakin aja kalo hamil?"
^_^ positif yah, amiiin!
 
  #9  
Old
Emi ka...
 
Posts: 5
 
salam kenal bunda sekalian....
saya jg ngalamin hal sm seperti bunda newmoom...bedanya ini kehamilan keduaku.terakhir haid 14 juli jdi puasa kmrn full alhamdulillah...tpi saya bru tp tgl 5 dan spogny tgl 8 sdh kliatan kntungny ama titik kecil trs disuruh blik seminggu.lalu kmrn tgl 15 blik tpi kok mlh gk kliatan titik itu cmn kntung aja..ap krn saya sblm usg...browse sn sini jdiny parno tkut klo hmil mola ato kosong...tpi hrs optimis..siklus haid cenderung mundur..dan aq bru bener2 morning sick dua minggu ini.. mohon doa dan bener2 butuh advice meskipun ini yg kedua tpi tetep bingung aj..sly sblmny bru thu hamil dan usg lwt 3 bln...plisss help
 
  #10  
Old
apri...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 22
 
bunda kucik2 : iya bunda....alhamdulillah kemaren sabtu pakai TP hasilnya + tp agak sedih juga seh waktu periksa ke dokter masih belum kelihatan kantungnya baru setitik saja. Tapi dokter sdh menyimpulkan aq suspect hamil **tetap berdoa n sugesti bahwa aq memang sedang hamil....amin
 
  #11  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
alhamdulillah...

tetep semangat n + thinking bunda apri...usia kandungan segitu emang baru kelihatan kecil. yg penting udah positif hamil, tinggal jaga makanan, cukup istirahat, n selalu berdoa semoga kehamilannya sehat.
 
  #12  
Old
apri...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 22
 
Replying to: View Post
alhamdulillah...

tetep semangat n + thinking bunda apri...usia kandungan segitu emang baru kelihatan kecil. yg penting udah positif hamil, tinggal jaga makanan, cukup istirahat, n selalu berdoa semoga kehamilannya sehat.

iya bunda....terimakasih sarannya
 
  #13  
Old
newmoo...
 
Posts: 4
 
alhamdulillah aku jadi dapat banya masukan.. aku jadi g parno lagi...
insyaAllah aku juga balik lagi ke dokter tanggal 1 okt pas suamiku plg dr dinas.. (ya kebetulan suamiku kerjanya g di jakarta)..
soalnya aq takut dengar berita kayak kemarin trus aq ke dokternya sendirian pula... gimana rasanya coba... hehehehehe
untungnya ada bunda bunda sekalian... aq jadi tenang..aq g sendirian...

aq sech tetap positif thinking aja...
amienn
 
  #14  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
newmoom, semoga tetep semangat yah! apapun hasilnya nanti, serahkan pada Yang Di Atas.
 
  #15  
Old
apri...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 22
 
bunda newmoom....sama ya bund, aq juga g sabar mau cek lagi tanggal 1 okt besok. Yuuuk ach qt saling mendoakan yang terbaik dan semoga besok sudah terlihat jelas ketika di USG. Aminn
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
dokter kandungan RS Mitra -- Diskusi Umum 5
Telat periksa ke dokter kandungan -- Diskusi Umum 1
bidan atau dokter? -- Diskusi Umum 9
Baiknya ke spec andrologi atau dokter kandungan? -- Diskusi Umum 5
no.telp pribadi bidan atau dokter kandungan -- Kenalan Yuk! 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:29.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com