Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Gusye...   TS 
 
Location: Jakarta Pusat
Posts: 10
Default Waspadai Masuknya Sperma ke Rahim Ibu Hamil

KOMPAS.com - Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan ibu hamil adalah, bolehkah berhubungan seks ketika hamil? Menurut dr Tri Yuniarti, SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Yadika, hubungan seks sebenarnya aman dilakukan saat hamil, asalkan tahu batas-batas keamanan yang boleh dilakukan. "Sebenarnya yang berbahaya bukan hubungan seksnya, namun sperma yang masuk ke dalam rahim saat hamil," katanya, saat talkshow "Rahasia Hamil Sehat agar Janin Sehat dan Cerdas" yang diadakan oleh Tabloid Nakita di RS Yadika, Kebayoran Lama, Jakarta, Sabtu (4/2/2012) lalu.

Sperma mengandung suatu zat tertentu yang bisa menyebabkan reaksi sensitif pada mulut rahim, dan hal ini akan sangat berbahaya untuk janin. Maka ketika berhubungan seks saat hamil, sebaiknya sperma dikeluarkan di luar vagina atau dengan menggunakan kondom.

Meski mengandung protein, sperma sebenarnya tidak memiliki manfaat bagi perkembangan janin. Sperma justru akan berbahaya bagi janin. Zat dalam sperma ini akan memicu reaksi kontraksi dini, sehingga bisa menyebabkan kelahiran prematur, atau ancaman keguguran jika usia kehamilan masih muda. "Ketika melakukan hubungan seks dalam usia kehamilan yang masih muda, sebaiknya berhati-hati karena gerakan atau guncangan yang terlalu kuat bisa berbahaya bagi janin. Selain itu, si ibu juga jangan sampai terlalu lelah," tukasnya.

Hubungan seks aman dilakukan selama kehamilan trimester pertama sampai usia kandungan tujuh bulan. Pengurangan frekuensi seks harus dilakukan ketika usia kandungan sudah mencapai tujuh sampai sembilan bulan. "Pada usia kehamilan ini, perut sudah lebih membesar sehingga lebih sulit untuk berhubungan seks, dan akan lebih menekan perut sehingga berbahaya bagi janin. Selain itu, sperma yang ada di dalam juga akan memicu kelahiran prematur," jelasnya.

Meskipun seks ini pada dasarnya aman dilakukan saat hamil, ada beberapa kondisi kehamilan yang tidak memungkinkan si ibu untuk melakukan hubungan seksual sama sekali, ataupun sedikit mengurangi frekuensinya:

1. Ancaman keguguran
Ada ibu hamil dengan kondisi kehamilan yang lemah, atau kehamilan yang berbahaya. Ketika kehamilan ini memiliki resiko yang tinggi terhadap ancaman keguguran, sebaiknya hindari hubungan seks sama sekali. "Konsultasikan tentang kekuatan si janin pada dokter. Karena kehamilan yang lemah bisa saja berubah setelah usia kehamilan beberapa minggu, dan janin menjadi kuat," tambahnya.

Pada beberapa kehamilan yang beresiko, hubungan seks -sekalipun tanpa memasukkan sperma ke dalam vagina atau sudah menggunakan kondom- akan tetap menimbulkan resiko, seperti flek atau rasa mulas. "Flek ini bisa berbahaya untuk kehamilan. Karena adanya flek menandakan bahwa ada masalah dengan janin Anda. Sedangkan rasa mulas bisa menandakan adanya kontraksi rahim dini sehingga bisa menyebabkan terjadinya keguguran atau lahir prematur," bebernya.

2. Plasenta previa
Placenta previa merupakan salah satu kelainan kehamilan, dimana ari-ari menutupi jalan lahir bayi. Plasenta ini menghalangi serviks, menyebabkan terjadinya pelebaran serviks prematur, dan beresiko mengalami persalinan prematur. Placenta previa sendiri dibagi menjadi beberapa kondisi, yaitu placenta previa lateralis (bila hanya sebagian pembukaan jalan lahir tertutup oleh plasenta), placenta previa marginalis (kondisi pinggir plasenta berada tepat pada pinggir pembukaan jalan lahir), dan placenta previa letak rendah (plasenta berada 3-4 cm di atas bagian pinggir pembukaan jalan lahir).
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Laila ...
 
Location: dibogor
Posts: 325
 
nice info
 
♥Rabbi hablii minash shoolihin♥ Love u My Husband N my Baby
  #3  
Old
yunita...
 
Location: Surabaya
Posts: 249
 
Nice info bund,,
Jadi bingung bund,,

Denger2 Kalo HB pas hamil tua itu bagus buat kelancaran persalinan,, semacam induksi alami gitu,,

Nah lo,, yg bener yg mn nih,, hehehhe
 
  #4  
Old
Airinz...
 
Posts: 714
 
Itu berlaku hamil muda, kalo hamil 4 bulan keatas gpp deh kayaknya
 
Love my baby
  #5  
Old
iis ra...
 
Posts: 3
 
Bnar tu bun -infonya coz aq udah 2x keguguran di karnakan hb saat awal. Kehamilan
 
  #6  
Old
puput ...
 
Location: surabaya
Posts: 24
 
Makasih infonya bunda. Salam kenal nggih
 
  #7  
Old
Dina17...
 
Posts: 38
 
makasih infonya bunda Gusye..
aku juga lagi bingung nih bun baru hamil pertama masuk uk 6 w.
sudah sempet baca2 artikel sih yg serupa sama dishare bunda kalau agar hati2 saat hb awal kehamilan.
aku jadi takut kl hb bs ganggu si calon debay, habis share sama suami, akhirnya buat cari amannya kita pake k**om atau bisa 'keluarin diluar'.
semoga debay sehat terus sampe lahiran.. amiin
 
  #8  
Old
mirna0...
 
Posts: 1
 
halo Bunda salam kenal yah...

aku jg lagi hamil pertama ne bund uk 6w suka bingung jg aman ga kalo mau HB ma suami srg baca2 postingan katanya bahaya buat calon debay makanya smp sekarang ga berani HB...tapi kemarin sempet konsul sama SPOG ku katanya sih gpp asalkan hati2 tp tetep aja takut bund..oya share donk bund pada usia berapa yah HB aman dilakukan saat hamil? heehe makasih bunda..
 
  #9  
Old
Delshi...
Non-aktif
 
Posts: 463
 
Waahh.. info menarik nii.. thanks yaa

Replying to:
Popok Bayi Lembut Dan Berkualitas Tips Perawatan Bayi Unik
 
  #10  
Old
Tenizi...
 
Posts: 61
 
Makasih info nya bun,sangat brmnfaat nih soalnya banyk yang bilang malah Hb pas lg hamil bagus bun,,
 
  #11  
Old
Yuli n...
 
Location: Semarang
Posts: 39
 
Up up up. Sgt bermanfaat
 
  #12  
Old
Amah a...
 
Posts: 16
 
Terimakasih untuk infonya sangat bermanfaat
 
  #13  
Old
Susi K...
 
Posts: 100
 
Sempet kepikiran juga bun. Dlku pas hamil pertama, malemnya HB besok siangnya keguguran bun. Mngkin krn pengnten baru jd ga tau harus gmna2. Tp khamilan yg skng,alhamdullilah lancar2 aja bun walaupun kadang dalam seminggu sampe 4x HB sama suami(mungkin faktor bayi juga pengen deket suami terus hihi). Mungkin karna caranya juga yang ga banyak tingkah dan ga banyak gaya bun. Hehe. Sekarang kehamilan saya masih 11 minggu bun.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tentang sperma tumpah..apakah penyebab sulit hamil? -- Diskusi Umum 72
Rahim oh rahim..sudah sanggupkah? -- Diskusi Umum 18
sperma jelek tapi hamil -- Diskusi Umum 11
Waspadai Muntaber -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:34.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com