Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
prumyc...   TS 
 
Posts: 1
Exclamation Angka Kematian Bayi Masih Tinggi



Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia masih tergolong tinggi, jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan ASEAN. Berdasarkan Human Development Report 2010, AKB di Indonesia mencapai 31 per 1.000 kelahiran.

"Angka itu, 5,2 kali lebih tinggi dibandingkan Malaysia. Juga, 1,2 kali lebih tinggi dibandingkan Filipina dan 2,4 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan Thailand. Karena itu, masalah ini harus menjadi perhatian serius," ucap Yeni Fatmawati, Corporate Affairs Director, PT Sari Husada di Jakarta, Selasa (21/12/10).

Selain itu, sambung Yeni, kasus malnutrisi masih menjadi masalah penting di Indonesia. Meski angka prevalensi malnutrisi anak menurun, namun masih tergolong tinggi. Prevalensinya mencapai 42%, di Srilanka yang memiliki tingkat pendapatan kotor per kapita (GDP) yang lebih rendah daripada Indonesia, tingkat prevalensi malnutrisi anaknya hanya 18%.

Data Departemen Kesehatan, terdapat penurunan dalam jumlah kasus balita yang tergolong gizi kurang dan gizi buruk. Tahun 2004, jumlah balita gizi kurang dan gizi buruk sebanyak 5,1

juta anak. 2006, jumlah balita gizi kurang dan buruk turun jadi 4,28 juta anak. Tahun 2007, angka kasus balita gizi kurang dan buruk menurun menjadi 4,13 juta anak.

Juga, angka kematian ibu dan anak di Indonesia masih menjadi salah satu yang tertinggi di Asia. Tahun 2002, angka kematian ibu saat melahirkan mencapai 307 per 100.000 kelahiran hidup. Angka ini 65 kali lebih tinggi dibandingkan Singapura, 9,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan Malaysia dan 2,5 kali lebih tinggi dibanding Filipina.

Rata-rata angka kematian ibu di dunia mencapai 400.000 per 100.000 kelahiran hidup. Pemerintah menargetkan untuk mengurangi angka kematian ibu dari 390 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI 1994) menjadi 225 per 100.000 di tahun 1999, dan menargetkan menjadi 225 per 100.000 di tahun 2010.

Berdasarkan data demografi di Indonesia tahun 2002, sebanyak 307 ibu meninggal dalam persalinan di setiap 100.000 kelahiran hidup dan 228 per 100.000 di tahun 2009.

Yeni menilai bidan memiliki legitimasi dalam memberikan pelayanan khusus kesehatan ibu, bayi dan anak merasa berkewajiban mengambil bagian secara aktif dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan anak.

“Bidan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, terutama di daerah-daerah yang memiliki kondisi geografis yang sulit terjangkau oleh tenaga kesehatan

lainnya. Para bidan ini memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam membangun serta meningkatkan kualitas kesehatan di daerah mereka masing-masing," ungkapnya.

Karena itu, sambung Yeni, PT Sari Husada memberikan apresiasi kepada para bidan yang telah menjadi tokoh teladan di masyarakat di bidang kesehatan dan sosial. Sari Husada juga selalu berkomitmen untuk memperbaiki kualitas kesehatan dan nutrisi ibu hamil, menyusui dan anak di seluruh Indonesia selama lebih dari setengah abad.

Komitmen ini dijalankan oleh Sari Husada dengan melakukan sinergi program-program bersama berbagai pihak, baik itu individu, organisasi swasta dan non-swasta, maupun organisasi pemerintah, termasuk kerjasama dengan IBI melalui penyelenggaraan Srikandi Award, ucapnya. Kbc10

Sumber

apa sajakah persiapan para calon ibu menghadapi isu tersebut?
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
janin aku mengalami kematian mudigah -- Ngobrol Apa Saja 4
udah 32 minggu tapi bb bayi di perut masih 1741gram... -- Diskusi Umum 38
9 bulan bayi masih diatas :( -- Diskusi Umum 6
Masih galau soal perlengkapan bayi :( -- Diskusi Umum 3
IUFD (kematian janin didalam kandungan) -- Diskusi Umum 11


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:11.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com