Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
marlin...   TS 
 
Posts: 10
Talking kapan sel telur matang?

Hai bunda bunda.. mohon pecerahan yah,
karena aku uda pengen cpt punya baby jd wkt tgl 30/10
haid pertama trus hari haid kedua ,aku konsul ke dokter
minta resep spy cepat hamil, aku di usg transvaginal, ada klihatan
sel telur byk, tp kata dokter sel telur belum matang, trus aku di kasih obat
profertil dan vit enat.
nah.. yg buat aku bingung ini, sel telur nya kapan baru bs matang yah?
dalam keterangan dokter jg ada ditulis PCO, PCO itu apaan yah??
terima kasih...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
oh, berarti bunda mengalami Polycystic Ovaries Syndrome (PCOS). PCOS merupakan suatu sindrom (kumpulan gejala) yang terjadi karena penumpukan folikel-folikel pada indung telur yang berkembang tidak sempurna. Pada keadaan normal, ovarium (indung telur) hanya memproduksi sedikit androgen, namun pada penderita PCOS, androgen meningkat sehingga keadaan ini ditandai dengan adanya siklus haid yang tidak teratur, sedikit atau tidak mendapat haid, ditemukannya kista-kista kecil pada indung telur (ovarium polisistik), hirsutisme (tumbuhnya rambut berlebihan), muncul jerawat berlebihan pada wajah dan infertilitas (ketidaksuburan), serta kadang-kadang disertai dengan peningkatan berat badan.
Penyebab penyakit ini belum sepenuhnya diketahui. Belum diketahui gen spesifik yang menjadi penyebab PCOS namun menurut info di wikipedia, PCOS disebabkan oleh beberapa kelainan genetis. PCOS memang merupakan salah satu tumor jinak yang berbentuk kista (kantung atau benjolan yang berisi cairan) indung telur. Pada jangka panjang, jika tumor ini tidak diobati, dapat membahayakan karena meningkatkan resiko terjadinya kanker endometrium, diabetes, dan penyakit jantung.
Diduga PCOS disebabkan oleh hormon yg tidak seimbang akibat transfer kimia antara otak dan indung telur. PCOS juga dapat terjadi karena kadar LH (Lutheinizing Hormone) dan insulin terlalu tinggi, sehingga menghasilkan produksi hormon testosteron pada indung telur lebih banyak.
ini nih gambarnya (nyontek blog tetangga.. ^_^ ..)


Pengobatan awal adalah diet dan olahraga teratur terutama jalan kaki atau berlari untuk mengurangi berat badan dan merangsang reseptor insulin agar tidak terlalu resisten terhadap insulin sehingga kadar insulin dapat lebih terkendali. Perbanyak juga makan berserat seperti sayur dan buah (ini syarat untuk penderita PCOS atau jenis kista-kista lain), hindari makanan berlemak, makanan berkolesterol, makanan yang digoreng, junk food, juga makanan yang diproses dengan pembakaran (karena oksidannya yang berwarna hitam akibat proses pembakaran = gosong, dapat memicu radikal bebas dan kanker). Hindari menjadi perokok aktif dan pasif.
Obat2 yang biasa diberikan kepada penderita PCOS adalah: Pil KB (i.e: Diane) untuk mengatur haid, Metformin (obat diabetes meski tidak terdeteksi diabetes kadang diberikan kepada pasien suspect PCOS), obat penyubur jika ingin hamil (i.e: profertil) dengan dosis rekomendasi.
 
born as a woman. reborn as a mother
  #3  
Old
marlin...   TS 
 
Posts: 10
 
makasih yah bunda kucik2,
kalo misalnya obat profertil yg saya minum kan uda habis dalam 5 hr yah,
dalam minggu ini, bolehkah saya minum obat cina yg namanya pae fung wan yah?? adakah bunda2 yg punya pengalaman sperti saya?
thanksss...
 
  #4  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda marlina, coba bunda buka thread 'bai feng wan' di diskusi umum. ada beberapa bunda yg juga nyoba obat herbal itu. masalah boleh/gaknya, aq ga berani jawab, karena aq sendiri belum pernah nyoba, bunda.
 
born as a woman. reborn as a mother
  #5  
Old
rosmay...
 
Location: Cianjur jabar
Posts: 1,282
 
@bund kucik2 itu gambar hsl usg rahim penderita pcos ya bund?? Wktu itu dokter ku cm blng seltelur ny besar dan ckp.. Mksd'y apa ya bund?? Ak jg tkt bund krn haid ku siklus ny gak teratur n aku jd gemuk pula,, duh jd pengen ke dokter lg!! Bund kr2 mknn+obt apa ya yg bs bkn mens teratur,,ak jd pusing
 
  #6  
Old
ingga...
 
Posts: 60
 
@Bunda rosma : wah qta sama ya bun,aq juga siklus haidnya gak teratur tambah ndut pula..tgl 28 oktober kemarin hari pertama dapet,aq putusin buat ke dr.kandungan trus dikasih obat BLESIFEN dan Asam Folat, nah kemarin kayaknya msa suburnya dateng dech,soalnya banyak lendir panjang yang bening di miss V, langsung dech merengek2 sama suami ..
Semoga bulan ini berhasil..Amiiinn


@Dear Bunda2 : mw tanya apakah setiap perempuan yang sklusnya maju mundur gt jadi penghambat buat hamil ya?
 
  #7  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
@bunda rosma: kalo sel telur bunda besar n cukup, berarti ga ada masalah yah bunda. mungkin suami perlu dicek juga spermanya.

@bunda ingga: wanita yg haidnya teratur memang peluang hamilnya lebih besar.
 
born as a woman. reborn as a mother
  #8  
Old
rosmay...
 
Location: Cianjur jabar
Posts: 1,282
 
Hai bund ingga,, iya nie jd was2 kdng suka bete jg klw telat mens duh udah pd hsil TP positif eh nyatanya blm TP dah haid duluan,,, jd sering ketipu bund.o,ya bund dah nkh brp lm?
Moga sukses bulan ini ya bund
@bund kucik2,, kr2 mknan/obt apa ya yg bs bikin mens kt teratur?? Ak sk pusing dech dngn siklus mens ku yg ack2n bingung sm masa subur...ada yg bilang pancing pk pil kb tp aku tkt nant'y mlh kering,,

---------- Post added at 19:39 ---------- Previous post was at 19:37 ----------

Oya bund kucik2 swmiku pernah d cek hsl'y oligoozosperma klw gak slh ya bund..jd jmlh'y krg bnyk
 
  #9  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
@bunda rosma: berarti sulitnya hamil karena sperma suami kurang banyak yah, bunda. ditambah bunda juga siklus haidnya ga teratur sehingga agak susah mengecek masa suburnya. kalo obat tradisionalnya bisa dg ramuan ini: temulawak + kencur + asam jawa + gula aren secukupnya, dicuci dan direbus, disaring, airnya diminum. Lakukan 2 kali sehari.
 
born as a woman. reborn as a mother
  #10  
Old
rosmay...
 
Location: Cianjur jabar
Posts: 1,282
 
@bund kucik2 mksh info'y.. Mmng yg mau aku lkkn dl itu membuat mens teratur bund jd mngkn bs htng masa subur.. Ya memperbnyk sperma jg,hehehe o,ya bund maaf nie mau nanya lg,,maaf ya klw terlalu vulgar,hihihi smlm kan aku hub.intim sm swmi,,saat aku lps ada lendir bening ky putih telur trs bs d trk smp 5cm,,nah skrg PD ku skit bund apa mngkn mlm adlh ms subur aku bund?? Pdhl klwd itung udah lewat,, apa mmng yg mens'y gak teratur masa subur ny pn gak tentu??
 
  #11  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
kemungkinan emang lagi masa subur tuh bunda rosma. sering2 aja ML, kalo bisa setiap hari dalam seminggu ini (suami dikasih telor bebek m madu biar kuat n spermanya tokcer yah bunda!)
 
born as a woman. reborn as a mother
  #12  
Old
rosmay...
 
Location: Cianjur jabar
Posts: 1,282
 
Iya bund,, amiiin mudah2an berhasil ya bund d bln ini wlwpn tidak msh ada bln2 berikut'y,,ttp semangat n berusaha dech
 
  #13  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
iya bunda rosma, selagi bunda masih punya suami masih akan selalu ada peluang utk baby program, hehe..!
 
born as a woman. reborn as a mother
  #14  
Old
ranith...
 
Posts: 133
 
bener bgt tuh yg dtulis bunda kucik2,,krna aku pderita pcos.usg trvgnal yg dah aku lakukan nunjukin byk bgt bulatan2 hitam kecil2.....tapi aku bawa dan tunjukan ke dsog yg lain koq dktr itu bilang aku ga trmsk pcos yaa....dia bilang itu cuma vonis sampah aja alias asal vonis,karena blm tentu juga pcos hnya krna sel telur byk kecil2...walah jd tmbh bingung.
mulai kmrn2 aku dah rajin jalan pagi bund....tapi tetep aja BB ga turun2 dari 57kg.dan aku juga sering bgt mkn goreng2,,,pusing bund byk pantangan tapi koq ada orang yg ga pantang apa2 gampang ya hamilnya.....
hehheee.....
tapi pderita pcos msh ada harapan hamilkah bunda?
buah apa ya yg bagus untk pderita pcos?
 
  #15  
Old
ingga...
 
Posts: 60
 
Bunda Ranit : koq ceritanya sama yah ma temenku, dia gak haid2 selama 4 bulan, satu dokter mengatakan dia PCOS trus dia coba cari second opinion ke dokter lain dan mengatakan bukan PCOS melainkan maslah hormonal aja..kurang tau dikasih obat apa dr dokter itu..

Kalo goreng2an, memang harus dipantang bun..Aq aja memantang makanan bersantan dan gorengan alhamdulilah berhasil mengatasi infeksi tuba q (hehe,gak nyambung yaw!!)...Ditahan dululah bun,yang enak2 sementara di tinggalin dulu, kan untuk qta juga..

Untuk yang PCOS masih punya kesempatan buat hamil koq, istri artis IN**A B*K*I yang di vonis PCOS aja bisa hamil lohhh..jadi jangn patah semangat ya bundaa!!

untuk buah,pada intinya semua bagus dan sehat, tapi bunda kucik pernah bilang pilihlah buah yang punya anti oksidan tinggi,kyk strawberry,kiwi..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Apa Benar Kuning Telur Mentah baik untuk janin usia 9 bulan -- Diskusi Umum 16
hamil di usia matang -- Diskusi Umum 32
kapan asi keluar -- Diskusi Umum 13
kapan harus di TP?? -- Ngobrol Apa Saja 6
jual Royal jelly (tambahan nutrisi & meningkatkan kualitas telur) -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:28.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com