Forum Ibu Hamil dan Kehamilan

IbuHamil.com   Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum
Daftar Menghitung Masa Subur Kalkulator Kehamilan Search Today's Posts Mark Forums Read Cara Cepat Hamil Rumah Murah

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old 3 January 2013, 11:56
idatul's Avatar  
Join Date: Jan 2013
Location: Sarang Rembang
Posts: 318
Default pap smear

buat yang pernah pap smear, share infonya dunk Bund

tentang proses sampai biayanya? sakit nggak?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old 3 January 2013, 12:09
Rani Syahrani's Avatar  
Join Date: Nov 2012
Location: Jakarta
Posts: 450
 
Aku pernah bunda,, 1 bulan yang lalu.. Prosesnya alat seperti dongkrak kecil gitu dimasukkan gitu ke Miss V,, agak ngilu sih tapi kita harus rileks karena biar alatnya itu bisa maksimal masuk ke Miss V kita,, terus area mulut rahim seperti ditekan gitu dan ternyata itu untuk pengambilan lendir serviks kita.. klo biaya aku di RS Sari Asih Ciledug itu biaya Papsmear dgn tindakan dari dokter dan lab itu sekitar Rp 312.000 sudah termasuk Admin
 
" Ya اللَّهِ bentuklah dia menjadi bentuk yg sempurna tanpa kurang suatu apapun,, sehatkan lah aku dan anakku,, lancarkanlah dan kuatkan kami sampai tiba saatnya dia lahir di dunia ini,, "
  #3  
Old 3 January 2013, 12:16
idatul's Avatar  
Join Date: Jan 2013
Location: Sarang Rembang
Posts: 318
 
thanks infonya ya Bun. beberapa bulan yang lalu saya sempat kepikiran mau papsmear, tapi belum jadi karna dokter SPOg ku malah marah. katanya buat apa? Nikah kan baru 9 bulan (waktu itu) hehehe. sekarang lagi h2c Bun, uda telat 12 hari tapi di TP macih negatif. Doakan ya, semoga 1-2 ke depan ada kabar baik untuk keluarga kami
 
  #4  
Old 3 January 2013, 14:49
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 157
 
Saya pap smear dipuskesmas 40rb, strlah 2mgu hasil keluar, itu saat mengalami keputihan yang sangat amat, insyaallah stelah melahirkan mau test lagi, biar aman
 
  #5  
Old 3 January 2013, 15:04
SULISTIYO's Avatar  
Join Date: Dec 2012
Location: samarinda
Posts: 240
 
Originally Posted by Rani Syahrani View Post
Aku pernah bunda,, 1 bulan yang lalu.. Prosesnya alat seperti dongkrak kecil gitu dimasukkan gitu ke Miss V,, agak ngilu sih tapi kita harus rileks karena biar alatnya itu bisa maksimal masuk ke Miss V kita,, terus area mulut rahim seperti ditekan gitu dan ternyata itu untuk pengambilan lendir serviks kita.. klo biaya aku di RS Sari Asih Ciledug itu biaya Papsmear dgn tindakan dari dokter dan lab itu sekitar Rp 312.000 sudah termasuk Admin
mf bunda Papsmear itu apa?
 
  #6  
Old 3 January 2013, 15:27
Rani Syahrani's Avatar  
Join Date: Nov 2012
Location: Jakarta
Posts: 450
 
Originally Posted by SULISTIYO View Post
mf bunda Papsmear itu apa?
PAPANIKOLAOU*test atau pap smear adalah metode*screening*ginekologi merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) menggunakan alat yang dinamakan*speculum*dan dilakukan oleh bidan ataupun ahli kandungan. Pemeriksaan ini untuk mengetahui adanya HPV ataupun sel karsinoma penyebab Kanker Leher Rahim.**

"Pap smear penting pada semua perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan seksual!" tegas Dr dr Dwiana Ocviyanti SpOG (K), Spesialis kebidanan dan kandungan dari FK UI–RSCM, Jakarta.*

"Perempuan yang sudah melakukan kontak hubungan seksual selama tiga tahun dari kontak seksual pertama kali WAJIB melakukan pap smear," sambung dokter yang biasa disapa dr Ovy ini.

Lantas, seperti apakah pap smear itu?

Deteksi Dini Kanker Serviks

Pap smear atau Pap Test adalah tes spesifik yang digunakan dan ditujukan untuk mendeteksi dini kanker leher rahim/kanker serviks.*

Mengapa pap smear menjadi salah satu pemeriksaan yang penting untuk perempuan yang telah aktif secara seksual? Pasalnya, aktivitas seksual merupakan salah satu predisposisi kanker serviks.

Pap smear memang hanya merupakan metoda skrining yang fungsinya untuk menapis. Walau begitu, pap smear mampu mendeteksi lebih dari 90 persen kanker leher rahim tahap awal yang masih bisa disembuhkan.*

"Kanker leher rahim pada stadium awal tidak ada gejala, apalagi lesi prakanker yang sama sekali tidak bergejala," ungkap dr Ovy.

Yup, perjalanan penyakit ini hingga disebut penyakit dapat diibaratkan seperti pergerakan siput karena pertumbuhannya yang lambat, membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 20 tahun menuju kanker dan selama masa itu hampir tidak ada gejala yang ditimbulkan.

Cara Kerja*

Pap smear dianjurkan dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun. Dijelaskan oleh dr Ovy, pap smear dilakukan di atas meja ginekologi oleh seorang dokter atau bidan terlatih. Pemeriksaan dalam ini menggunakan alat yang disebut spekulum yang berfungsi untuk membuka liang vagina.*

Sesudah dibuka lalu pemeriksa akan mengambil cairan leher rahim menggunakan suatu alat yang disebut spatula dan suatu sikat kecil yang halus. Cairan dari serviks kemudian dioles pada object glass dan dibawa ke laboratorium untuk proses dan membutuhkan waktu sekira 3–7 hari hingga "dibaca" oleh seorang ahli patologi.
*
Kemudian, dari hasil pemeriksaan bisa diketahui apakah sel-sel leher rahim yang tampak itu normal atau sudah menunjukkan tanda-tanda tidak normal.*

Belum Tentu Kanker

Bila ternyata terdapat sel tidak normal, apakah itu positif kanker serviks? Tidak!*

"Jangan dulu panik, karena dari 80 persen sel yang tidak normal belum tentu kanker, bisa disebabkan oleh virus yang terinfeksi atau karena peradangan sebab lain," dr Ovy menenangkan.*

Nah, jika dilihat dari perbandingan, mungkin hanya sekitar 10 persen hasil pap smear yang bermasalah.*

"Dari seluruh hasil pap smear yang menunjukkan masalah, hanya sekitar satu persen saja yang berpotensi untuk menjadi kanker serviks," katanya.

Faktor Risiko Tinggi

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko menderita kanker serviks yang dikenal dengan faktor risiko tinggi, yakni perempuan yang telah berhubungan seksual di usia muda (kurang dari usia 21 tahun) atau melahirkan di usia muda, berganti-ganti pasangan seksual, mempunyai banyak anak, perempuan yang merokok atau menjadi perokok pasif.*

"Tapi tidak berarti tanpa faktor risiko ini seorang perempuan tidak dapat terkena kanker serviks, loh!," papar dr Ovy.*

Ya, harus dibuang jauh-jauh pemikiran bahwa hanya perempuan yang berisiko tinggi saja yang perlu melakukan pap smear. Karena kenyataannya kanker serviks dapat terjadi pada siapa saja.**

"Banyak perempuan yang tidak memiliki keluhan lalu merasa tidak perlu melakukan pap smear. Sebenarnya itu salah, justru yang tidak ada keluhan dan merasa baik-baik saja wajib hukumnya melakukan pap smear. Jangan sampai nanti mereka datang untuk melakukan pap smear ternyata kankernya sudah stadium lanjut. Lebih baik mencegah daripada mengobati," terang dr Ovy serius.*

Penting Saat Akan Melakukan Pap Smear

Jika Anda ingin melakukan pap smear, ada beberapa hal yang sepertinya sepele tapi ternyata perlu dihindari karena akan memengaruhi keakuratan hasil pemeriksaan, antara lain:

1. Tidak boleh sedang haid atau ada perdarahan. Jika ingin melakukan pap smear sebaiknya tiga hari sesudah haid selesai.*
2. Tidak boleh berhubungan seksual walaupun menggunakan kondom sekalipun, minimal tiga hari terhitung 3x24 jam.
3. Tidak boleh memakai douch, cairan pembersih vagina, sabun sirih atau antiseptik sejenisnya yang dimasukkan ke dalam vagina (bila sekadar untuk membersihkan daerah bagian luar vagina atau untuk cebok diperbolehkan).
4. Tidak sedang hamil. Jika hendak pap smear sebaiknya dilakukan dua atau tiga bulan setelah melahirkan. Pada masa ini, umumnya darah nifas atau cairan pada masa nifas sudah tidak ada. Ibu juga lebih siap untuk melakukan pemeriksaan dalam.*

Di Mana dan Berapa?

Pap smear bisa dilakukan oleh dokter kandungan dan bidan terlatih, baik di puskesmas sampai rumah sakit besar. Mengenai harga sangat bervariasi, jika dilakukan di puskesmas atau rumah sakit yang mendapatkan subsidi dari pemerintah biaya berkisar Rp50 ribu–Rp75 ribu.

4 Fakta Penting!

1. Perempuan yang termasuk faktor risiko tinggi tetap hanya dianjurkan melakukan pap smear satu tahun sekali, KECUALI bila didapatkan sebelumnya hasil pemeriksaan yang abnormal, maka dianjurkan untuk melakukan pap smear lebih sering sesuai saran dokter kandungan.
2. Wanita yang sudah diangkat kandungannya tanpa disertai pengangkatan mulut rahim tetap disarankan melakukan pap smear setahun sekali.
3. Wanita menopause tetap berisiko menderita kanker serviks, sedangkan mereka yang sudah dioperasi amat tergantung jenis operasi yang dikerjakan, bila masih ada leher rahimnya tetap berisiko untuk kanker serviks dan harus pap smear.
4. Mereka yang sudah berusia 67 tahun bahkan baru boleh berhenti pap smear bila dua tahun berturut turut sebelumnya hasil pap smear-nya normal. (Mom& Kiddie/) (nsa)
 
" Ya اللَّهِ bentuklah dia menjadi bentuk yg sempurna tanpa kurang suatu apapun,, sehatkan lah aku dan anakku,, lancarkanlah dan kuatkan kami sampai tiba saatnya dia lahir di dunia ini,, "
  #7  
Old 22 July 2013, 09:14
 
Join Date: Jul 2013
Posts: 1
 
Bunda mau tanya untuk papsmear bisa di lakukan di RS mana ya?
info dong bunda yg ada di daerah jakarta timur + biayanya brapa ya bunda

terima kasih
 
  #8  
Old 22 July 2013, 10:44
princesssekar's Avatar  
Join Date: Jun 2013
Posts: 49
 

Boleh gaa ya papsmear setelah keguguran tanpa kuret? bagus nya setelah berapa lama yaa?
 
  #9  
Old 15 August 2013, 21:38
 
Join Date: Aug 2013
Posts: 2
 
aku kemaren papsmear bund, 250 ribu ,terus abis itu ada pendarahan bahaya ga ya bund ?
 
  #10  
Old 16 August 2013, 13:00
meethawika's Avatar  
Join Date: Jul 2013
Posts: 37
 
aku pernah papsmear sekitar 2tahun lalu biayanya 250rb...hasilnya deg2an ...hehe, tp dokter bilang dianjurkan setahun sekali kemudian 2tahun sekali kemudian 3tahun sekali smp normal aja keadaan leher rahimnya.
 
  #11  
Old 26 December 2013, 08:33
 
Join Date: Oct 2013
Posts: 11
 
Hari ini aq mau pasmear bunda2, deg2an sih, sakit ƍäª ya?......
 
  #12  
Old 10 January 2014, 15:26
 
Join Date: Jan 2014
Posts: 1
 
Sekarang ada alat papsmear modern namanya delphi screener, pengambilan sampel bisa dilakukan secara pribadi dirumah, diklinik dokter ato dilaboratorium, enggak sakit karena tanpa menggunakan spekulum (alat spt dongkrak), nyaman, gag malu (karena kadang dokternya cowok, kalau di islam bukan muhrimnya), aman, cepat, hasil akurat, pakai metode bilas jadi sampel yg terkumpul dipastikan dg kualitas yang tinggi dan tanpa melukai, untuk harganya lumayan sih...*sebenernya daku ada sih gambarnya...
 
  #13  
Old 10 January 2014, 16:16
windapotu's Avatar  
Join Date: Sep 2013
Location: medan
Posts: 135
 
Originally Posted by Yenni Widya View Post
Sekarang ada alat papsmear modern namanya delphi screener, pengambilan sampel bisa dilakukan secara pribadi dirumah, diklinik dokter ato dilaboratorium, enggak sakit karena tanpa menggunakan spekulum (alat spt dongkrak), nyaman, gag malu (karena kadang dokternya cowok, kalau di islam bukan muhrimnya), aman, cepat, hasil akurat, pakai metode bilas jadi sampel yg terkumpul dipastikan dg kualitas yang tinggi dan tanpa melukai, untuk harganya lumayan sih...*sebenernya daku ada sih gambarnya...
share gambarnya dn harganya donk bunda...
 
  #14  
Old 7 February 2014, 13:15
 
Join Date: Feb 2014
Location: banjarmasin
Posts: 5
 
Originally Posted by windapotu View Post
share gambarnya dn harganya donk bunda...
untuk harga Dari distributor 650rb bunda..
kebetulan saya bekerja di distributornya..
 
Attached Images
 
Reply silakan bergabung untuk posting :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Maureen Baby Mart
Registrasi
Hot Threads

Topik seputar Ibu Hamil dan Kehamilan

Top Posters

Kata-kata Mutiara
 
Anybody can sympathise with the sufferings of a friend, but it requires a very fine nature to sympathise with a friend's success.
 



Thread Tools


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tanya pap smear.... Khassna Diskusi Umum 15 30 December 2013 07:37
Bunda yg udah pap smear bagi pengalaman donk.... didie Diskusi Umum 5 10 December 2012 13:52
Info tentang Pap Smear tykha Diskusi Umum 2 3 November 2011 09:57


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:16.


Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
Powered by vBulletin © Jelsoft Enterprises Ltd.
© 2014 IbuHamil.com