Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: palembang
Posts: 270
Default Mengenal 10 Mitos Kehamilan (Mitos VS Fakta)

Menjalani kehamilan dalam hidup bermasyarakat tidaklah selalu berjalan mulus. Saat Anda berusaha bersikap dan berpikir positif, beberapa aturan dan mitos-mitos justu membuat Anda terjebak pada satu situasi dan kondisi yang membingungkan. Apa benar minum air es saat hamil dapat membuat janin besar? Apakah saat hamil Anda harus makan dua kali lipat? Lalu sejauh mana kita mengetahui mengenai mitos-mitos yang terlanjur berkembang di masyarakat? Manakah yang benar-benar mitos dan manakah yang benar-benar kenyataan.
Beberapa fakta dari mitos-mitos berikut ini mungkin dapat membantu Anda dari kebingungan :
  1. MITOS : Saat hamil harus makan dua kali lipat. FAKTA: saat hamil Anda harus memperhatikan nutrisi dengan makan seimbang. Kebanyakan makan justru menambah besar ukuran dan berat badan Anda dan janin sehingga dapat menyulitkan persalinan.
  2. MITOS : Saat hamil tidak boleh makan buah pisang ambon, nanas, dan durian. FAKTA: Anda boleh mengkonsumsi semua jenis buah asalkan tidak berlebihan. Seandainya terjadi gangguan pada tubuh saat mengkonsumsi, mungkin saat itu Anda sedang tidak fit atau memang Anda alergi terhadap buah tersebut.
  3. MITOS : Ibu hamil tidak boleh makan daging kambing karena membahayakan janin. FAKTA: jika Anda tidak mempunyai riwayat penyakit kolesterol dan jantung, Anda boleh menyantap daging kambing asalkan dalam porsi sewajarnya, karena daging kambing mengandung kadar purin (lemak jenuh) tinggi yang bisa mempengaruhi metabolisme asam urat. Hal inilah yang berbahaya bagi penderita kolesterol dan jantung.
  4. MITOS : Minum air es membuat janin besar. FAKTA: air dengan ataupun tanpa es, sebenarnya tidak memiliki nilai gizi atau energi, sehingga tidak mempengaruhi peningkatan berat badan Anda maupun janin.
  5. MITOS : Tidak boleh berhubungan suami-istri terlalu sering. FAKTA: jika Anda memiliki riwayat keguguran berulang (abortus habitualis), aktivitas ini memang perlu dilakukan dengan sangat hati-hati terutama pada kehamilan muda.
  6. MITOS : Minum jamu lebih aman. FAKTA: penelitian terhadap bahan jamu murni pun membuktikan bahwa tidak semua jamu aman, karena dalam bahan jamu (sekalipun dari alam) tentu ada jenis dari tanaman tertentu yang mengandung alkohol dan dapat mempengaruhi rahim sehingga membahayakan janin. Jika Anda ingin mengkonsumsi jamu sebaiknya masih dalam pengawasan dokter.
  7. MITOS : Jangan kerja atau olah raga berat. FAKTA: wanita hamil manapun tidak akan dianjurkan untuk melakukan pekerjaan atau olah raga yang terlalu berat. Terutama yang telah mengalami keguguran ataupun proses melahirkan beberapa kali sebelumnya.
  8. MITOS : Membatasi makanan tertentu. FAKTA: jika Anda pernah mengalami pre-eklamsia, ginjal, atau darah tinggi, Anda memang harus membatasi makanan yang mengandung banyak garam. Begitupula jika Anda mempunyai riwayat kencing manis, kurangi makanan manis, makanan berkalori tinggi dan berlemak jenuh.
  9. MITOS : Tidak boleh mengurut perut. FAKTA: mengurut perut dengan keras dapat menimbulkan stress pada janin dan akan mengganggu pertumbuhannya. Mengurut perut dapat menimbulkan komplikasi apabila sudah ada gangguan pelekatan plasenta, dimana pelekatan plasenta yang rapuh, mudah lepas dan luruh akan mengakibatkan pendarahan.
  10. MITOS : Minum air kelapa mempercepat persalinan. FAKTA: sebenarnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut, karena kelancaran persalinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kalaupun sesaat setelah minum air kelapa Anda dapat melahirkan dengan lancar, mungkin janin dalam perut memang telah menunjukkan tanda-tanda persalinan.
Semoga fakta-fakta seputar mitos ini dapat lebih membuka pengetahuan Anda pada masa kehamilan. Berikan pengertian kepada keluarga atau teman-teman mengenai fakta di balik mitos-mitos tersebut, sehingga Anda dapat menjalani masa kehamilan dengan lebih nyaman.


Sumber: Buku Kehamilan dan Persalinan. (Dini Kasdu, Mila Meiliasari, Retno Purwaningsih – 3G Publisher)


ada yang bisa menambahkan??..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
sof1na...
 
Location: Batam
Posts: 130
 
Nice info bun ^^

Tambahannya...
- Berhubungan suami istri dikala hamil, kepala debaynya kotor...faktanya kan janin di lindungi
- Suami tidak boleh memaku dinding, dsb...(Nah yg ini lupa efek mitosnya apa)
 
  #3  
Old
Bunda ...
 
Location: Solo
Posts: 35
 
waaah pengetahuan bagus bunda... terutama buat yg baru pertama hamil dan sering ngrasa 'parno' tentang ini itu... hehee
emang segala sesuatu itu harus ada dasarnya bunda...
makasih ya bunda ami
 
  #4  
Old
Dewi j...
 
Posts: 45
 
Up info bermanfaat biar banyak bumil yang baca
 
  #5  
Old
ivonie...
 
Posts: 1
 
ada yang denger gak bun kalo mitos ibu hamil makan dicobek apa? soalnya kalo bikin rujak manis suka makan langsung dicobeknya
 
  #6  
Old
siskay...
Non-aktif
 
Posts: 1,229
 
nice info bun terimakasih

 
  #7  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Replying to: View Post
ada yang denger gak bun kalo mitos ibu hamil makan dicobek apa? soalnya kalo bikin rujak manis suka makan langsung dicobeknya
gak pernah dengar mitos yg itu.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
takut mitos-mitos waktu hamil -- Ngobrol Apa Saja 5
Mitos-Mitos Seputar Kehamilan Yang Bikin Bingung.. -- Ngobrol Apa Saja 16
Mitos atau fakta? Resep memilih jenis kelamin bayi -- Ngobrol Apa Saja 0
Tentang MITOS vs FAKTA -- Diskusi Umum 5
Mitos dan fakta obat pemicu kehamilan -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:24.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com