Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: palembang
Posts: 270
Default keluhan masa hamil dan cara mengatasinya (bag I)

Di balik nikmatnya kehamilan, ada segudang keluhan yang mungkin Anda rasakan. Apakah ketidak nyamanan itu mengurangi suka-cita Anda menyambut buah hati? Sama sekali tidak! Asalkan Anda tahu cara mengatasinya.
Orang bilang, perempuan belumlah lengkap jika belum merasakan kebahagiaan mengandung dan menjadi seorang ibu. Nyatanya, menjalani kehamilan terasa begitu kompleks. Tidak melulu kegembiraan dan antusiasme yang terasa, melainkan sederet keluhan yang berbeda antara Anda dengan wanita hamil lainnya.
DR. Dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG dari FKUI-RSCM, Jakarta, mengungkapkan bahwa peningkatan hormon menjadi faktor paling berpengaruh terhadap keluhan ibu hamil—terutama hormon beta HCG dan progesteron—dan peningkatan berat badan yang berlebihan saat hamil. ”Hal lain yang juga berpengaruh adalah persepsi ibu terhadap kehamilannya. Ada ibu yang tidak siap dengan kehamilannya sehingga lebih sensitif terhadap perubahan kondisi yang dia alami, sementara ada ibu yang sudah sangat siap menerima kehamilannya sehingga dapat menerima perubahan-perubahan yang terjadi dengan baik tanpa merasakan hal tersebut sebagai gangguan yang berarti,” lanjutnya.
Selain itu kesiapan kondisi fisik ibu hamil sendiri juga merupakan hal penting. Ibu dengan kondisi fisik lebih bugar akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan kondisi yang dialaminya dibandingkan ibu yang sudah tidak bugar sejak awal. Ini yang menyebabkan tidak semua ibu hamil memiliki keluhan yang sama.
Pertanyaan selanjutnya, normalkah berbagai keluhan tersebut? Dalam kondisi tertentu, sebagian besar keluhan ibu hamil masih dalam kondisi normal. ”Bila dirasa amat mengganggu, sebaiknya berkomunikasilah dengan dokter, terutama saat pemeriksaan antenatal, agar dapat diberikan perhatian akan keluhan tersebut dan dicarikan solusinya,” jelas dokter yang akrab disapa Dr. Ovy ini.
Berikut beberapa ketidak nyamanan yang sering dirasakan ibu hamil. Kenali tubuh Anda dan terapkan langkah-langkah berikut agar Anda terbebas dari keluhan sepanjang sembilan bulan kehamilan dan tetap semangat menanti hari H kelahiran.

Morning Sickness
Salah satu keluhan utama yang muncul pada trimester awal kehamilan adalah morning sickness. Morning sickness disebabkan karena adanya peningkatan kadar hormon Beta HCG dalam darah pada trimester pertama kehamilan. Dr. Ovy mengungkapkan, ”Keluhan ini mulai muncul segera setelah terjadi kehamilan dan mulai menghilang pada usia kehamilan 16 minggu, karena pada usia ini fungsi hormon beta HCG sudah digantikan oleh terbentuknya plasenta janin.”

Cara mengatasi keluhan:
  • Lakukan aktivitas yang cukup atau olah tubuh secara teratur.
  • Pilih aktivitas yang masih aman untuk kehamilan, seperti jalan pagi atau berenang bagi yang sudah biasa. ”Aktivitas teratur akan memudahkan terjadinya metabolisme dan pengeluaran sisa hormon beta HCG dari dalam tubuh melalui urin,” ujar Dr. Ovy.
  • Minum dalam jumlah cukup secara teratur, minimal 2.500 ml sehari.
  • Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. ”Menurunnya gerak usus akan menyebabkan lemak sulit dicerna dan menimbulkan rasa kembung yang akan meningkatkan rasa mual karena keberadaan hormon beta HCG,” tambahnya.
  • Pada sebagian orang, mengonsumsi suplemen B6, atau permen jahe memang bisa mengurangi rasa mual, tapi yang terpenting adalah adalah memperhatikan tiga faktor di atas, karena tanpa mengendalikannya, obat-obatan dan suplemen tidak akan bermanfaat.
Nyeri Pada Payudara
Selain mengalami morning sickness, ibu hamil pun kerap merasakan nyeri pada payudara. ”Pada masa kehamilan, payudara memang akan mengalami pembesaran kelenjar karena dipersiapkan untuk menyusui. Payudara juga terasa mengencang, lebih peka, dan terkadang timbul rasa perih atau nyeri,” jelas Dr. Judi Januadi Endjun, SpOG dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Payudara berkembang membesar sehingga Anda mungkin akan memerlukan bra berukuran 2 kali lebih besar dari ukuran semula. Dari tampilan payudara pun, tampak pembuluh-pembuluh darah di bawah kulit yang semakin jelas, lebih banyak, dan lebih besar dari biasa. Puting susu dan areola juga mengalami perubahan, karena kelenjar-kelenjar kecil di sekeliling puting menjadi lebih menonjol, menggumpal, dan berubah warna. Rasa nyeri ini umumnya akan berkurang setelah ukuran payudara menetap pada sekitar usia kehamilan 20 minggu.

Cara mengatasi keluhan:
  • Pada kehamilan trimester pertama, periksa puting susu. Bila puting susu datar atau masuk ke dalam, lakukan pijatan dengan menggunakan kedua jari telunjuk atau ibu jari. Pijat daerah di sekitar puting susu ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai semua daerah payudara. Lakukan sehari dua kali selama 6 menit.
  • Pada kehamilan trimester ketiga, payudara tentunya sudah lebih besar dan dipersiapkan untuk menyusui. Rajinlah membersihkan kedua puting susu dan daerah sekitarnya dengan handuk bersih untuk memperlunak dan menghilangkan kotoran atau kerak yang menempel pada puting susu.
  • ”Pakailah bra yang tidak ketat dan dapat menopang payudara tanpa menekannya. Gunakan bra untuk ibu hamil dan menyusui,” tutur Dr. Judi.
  • Mengikuti kelas prenatal pun disarankan oleh Dr. Judi. ”Di kelas ini ibu hamil akan diajarkan menyikapi semua perubahan agar kehamilan dan persalinan berjalan menjadi sesuatu yang menyenangkan,” ujarnya lagi. Dalam kelas prenatal pun ibu hamil bisa mendapatkan informasi langkah-langkah cara memijat dan menangani payudara jika terasa nyeri.
Rasa Panas di Ulu Hati (Heartburn)
Ibu hamil kerap merasa ulu hatinya panas dan seperti ditusuk-tusuk, terutama ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Selama hamil, hormon progesteron mengendurkan otot polos pada uterus. Hormon tersebut ikut mengendurkan katup yang memisahkan kerongkongan dan perut sehingga asam lambung naik ke kerongkongan yang menimbulkan rasa seperti terbakar. Penyebab lain, seiring pertambahan usia kehamilan, bayi memenuhi rongga perut Anda sehingga asam lambung naik dan mengiritasi dinding kerongkongan. “Risiko heartburn lebih tinggi pada wanita yang mengidap maag,” kata Dr. Sarsanto W. Sarwono, SpOG dari RS Tebet, Jakarta.

Cara Mengatasi Keluhan:
  • Makan dalam porsi sedikit tetapi sering. “Cara itu mencegah perut kosong sehingga asam lambung bisa dinetralisasi,” kata Dr. Sarsanto. Kunyah makanan dengan benar dan jangan terburu-buru.
  • Hindari makanan berlemak, asam, pedas, dan goreng-gorengan.
  • Jangan makan sesaat sebelum tidur. Beri waktu 2-3 jam bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan sebelum tidur.
  • Hindari berbaring setelah makan.
  • Sangga kepala dan tubuh bagian atas dengan bantal saat Anda tidur untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.
  • Kenakan pakaian longgar, terutama untuk daerah pinggang dan perut.
  • Jaga berat badan selama hamil.
  • “Jika keluhannya sangat parah, ibu hamil boleh mengonsumsi antasida (obat maag) yang dijual bebas. Obat tersebut hanya menetralkan asam lambung dan tidak diserap oleh tubuh,” jelas Dr. Sarsanto. Namun, dia menambahkan, tentu penggunaan obat selama hamil harus mendapat persetujuan dari dokter.
http://parentsindonesia.com/article....egnancy&id=143
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Endahe...
 
Posts: 2
 
Salam kenal,saat ini sy sedang hamil anak ke 3 dan kehamilan q berusia 6w,rasax g nyaman banget,beda dari sebelumx...susah mkn,susah minum,bw anx mual,pusing,lemes ,males....
 
  #3  
Old
ReniRF...
 
Posts: 1
 
Haii bunda..saya newbie. Saya mau tnya sama bunda bunda smua. Skrg usia khmilan saya bru 8w. Dri uk 7w saya sudh mrasakan yg nama nya heartburn (mungkin). Krna perut dan kerongkongan saya terasa panas. Dan saat sendawa terasa sakit. Dan d pangkal kerongkongan saya terasa ada yg mengganjal. Saya jd tkut untk makn. Krna stelah mkan rasanya tersiksa skali. Bahkan saya tidak bisa tdur mlm hri. Apkh ini berbahaya bunda?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cara menghitung Masa Subur -- Ngobrol Apa Saja 8
cara menghitung masa subur -- Diskusi Umum 19
Bagaimana mengatasinya??? -- Diskusi Umum 7
Cara Hadapi Keluhan Ringan di Awal Kehamilan -- Ngobrol Apa Saja 1
keluhan-keluhan saat terlambat haid/H2C -- Ngobrol Apa Saja 32


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:27.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com