Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
yudith...   TS 
 
Posts: 524
Default IMD setelah operasi cesar mungkin saja lho bunda

Berikut ini, ada referensi bagus dari buku “Inisiasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif”, yang ditulis oleh dr. Hj. Utami Roesli, SpA., MBA., IBCLC.

Tatalaksana Inisiasi Menyusu Dini (IMD) pada operasi caesar :

Usaha bayi merangkak mencari payudara secara standar pasti tidak dapat dilakukan pada persalinan operasi caesar. Namun jika diberikan anestesi spinal atau epidural, ibu dalam keadaan sadar sehingga dapat segera memberi respons pada bayi. Bayi dapat segera diposisikan sehingga kontak kulit ibu dan bayi dapat terjadi. Usahakan menyusu pertama dilakukan di kamar operasi. Jika keadaan ibu atau bayi belum memungkinkan, bayi diberikan pada ibu pada kesempatan yang tercepat. Jika dilakukan anestesi umum, kontak dapat terjadi di ruang pulih saat ibu sudah dapat merespons walaupun masih mengantuk atau dalam pengaruh obat bius. Sementara menunggu ibu sadar, ayah dapat menggantikan ibu untuk kontak kulit dengan kulit sehingga bayi tetap hangat.

Untuk mendukung terjadinya IMD pada persalinan caesar, berikut ini tatalaksananya :

1. Tenaga dan pelayanan kesehatan yang suportif (mendukung)
2. Jika mungkin, diusahakan suhu ruangan 20-25°C. Disediakan selimut untuk menutupi punggung bayi dan badan ibu. Disiapkan juga topi bayi untuk mengurangi hilangnya panas dari kepala bayi.
3. Dianjurkan suami atau keluarga mendampingi ibu saat persalinan.
4. Seluruh badan dan kepala bayi dikeringkan secepatnya, kecuali kedua tangannya. Lemak putih (vernix.) yang menyamankan kulit bayi sebaiknya dibiarkan.
5. Bayi ditengkurapkan di dada atau perut ibu, biarkan kulit bayi melekat dengan kulit ibu. Posisi kontak kulit dengan kulit ini dipertahankan minimum 1 jam atau setelah IMD selesai. Ibu dan bayi diselimuti. Jika perlu gunakan topi bayi.
6. Bayi dibiarkan mencari puting susu ibu. Ibu dapat merangsang bayi dengan sentuhan lembut, tapi tidak memaksakan bayi ke puting susu.
7. Ayah didukung agar membantu ibu untuk mengenali tanda-tanda atau perilaku bayi sebelum menyusu. Hal ini dapat berlangsung beberapa menit atau 1 jam, bahkan lebih. Dukungan ayah akan meningkatkan rasa percaya diri ibu. Biarkan bayi dalam posisi kulit bersentuhan dengan kulit ibu setidaknya 1 jam, walaupun ia telah berhasil menyusu pertama sebelum 1 jam. Jika belum menemukan puting payudara ibunya dalam waktu 1 jam, biarkan kulit bayi tetap bersentuhan dengan kulit ibunya sampai berhasil menyusu pertama.
8. Dianjurkan untuk memberikan kesempatan kontak kulit dengan kulit pada ibu yang melahirkan dengan tindakan, misalnya operasi caesar.
9. Bayi dipisahkan dari ibu untuk ditimbang, diukur dan dicap setelah 1 jam atau menyusu awal selesai. Prosedur yang invasif, misalnya suntikan vitamin K dan tetesan mata bayi dapat ditunda.
10. Rawat gabung (ibu dan bayi dirawat dalam 1 kamar). Selama 24 jam, ibu dan bayi tetap tidak dipisahkan dan bayi selalu dalam jangkauan ibu. Pemberian minuman pre-laktal (cairan yang diberikan sebelum ASI keluar) dihindarkan.
11. Jika IMD belum terjadi di kamar operasi, atau bayi harus dipindah sebelum 1 jam, maka bayi tetap diletakkan di dada ibu ketika dipindahkan ke kamar perawatan atau pemulihan. IMD dilanjutkan di kamar perawatan ibu atau kamar pulih.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
foni...
 
Location: bekasi
Posts: 36
 
Ya Allah moga hamba dimudahkan dalam proses SC dan IMD nanti. Krn rasanya akan sedih sekali sudah tidak bisa normal jgn smpe debay nya ga bisa IMD juga...

Bismillah positif thinking yes..
 
  #3  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Nice share bunda..
Sy sendiri mengalami bisa tetap IMD walaupun proses persalinan melalui sc. Yg utama adalah adanya niat n usaha dr si ibu (dg dukungan keluarga tentunya). Dan yg jg tidak kalah penting adalah pihak rumah sakit beserta staff medis yg PRO-ASI..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
(Ask) ML setelah operasi -- Diskusi Umum 24
alhamdulilah aku hamil setelah operasi kista dengan metode laparoskopi -- Diskusi Umum 30
mengecilkan perut setelah operasi caesar.. -- Diskusi Umum 40
Luka operasi cesar tidak dijahit, melainkan di lem. Apakah tidak berbahaya? -- Diskusi Umum 29
Sembelit pasca operasi cesar.. -- Diskusi Umum 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 18:06.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com