Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: palembang
Posts: 270
Default Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Bun.. pas lg gogling cari artikel gerakan janin, eh malah ketemu tips melahirkan.. ini aq share ya bun.. semoga bermanfaat.


Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang menjalani kehamilan. Selain itu melahirkan normal juga merupakan proses melahirkan yang disarankan oleh dunia medis. Dengan menjalani melahirkan normal, salah satunya menandakan bahwa kehamilan yang telah dikandung, atau janin serta ibunya mengalami kesehatan yang baik. Pengalaman menjadi seorang ibu terasa sempurna tatkala merasakan bagaimana perjuangan berat yang harus di lalui saat melewati proses persalinan normal. Namun dibalik semua itu, banyak ibu hamil merasakan kekhawatiran atau ketakutan menjelang melahirkan.
Wajar adanya, karena proses melahirkan merupakan sebuah proses besar yang harus dilalui oleh para ibu hamil. Tenaga, pikiran hingga mental ibu dikerahkan guna melalui proses melahirkan dengan selamat. Salah satu faktor yang menyebabkan rasa khawatir atau takut ketika akan menghadapi proses persalinan, adalah bayangan rasa sakit yang akan menimpa para ibu hamil tatkala menjalani proses melahirkan normal. Tidak bisa dipungkiri, memang melahirkan normal akan menimbulkan rasa sakit bagi para ibu. Namun rasa sakit yang di derita para ibu ibu hamil akan berbeda kadarnya, ada yang benar-benar merasakan sakit yang luar biasa, namun banyak pula sakit yang dirasakan hanya sekejap. Tentunya hal ini banyak faktor penyebabnya. dimulai dari pengalaman melahirkan, ukuran dan berat bayi, dukungan (suami, keluarga), teknik melahirkan, bahkan dari penolong medis mulai dari dokter atau bidan itu sendiri, dll.
Guna membantu para ibu hamil dapat melewawi proses melahirkan tanpa tersiksa oleh rasa sakit yang luar biasa, berikut beberapa tips yang dapat digunakan agar rasa sakit saat melahirkan dapat berkurang atau malah hilang.

Berdoa Kepada Tuhan
Segala sesuatu dalah kehidupan ini tentulah ada yang maha mengatur Yahitu Tuhan. Hanya Dia yang bisa menetukan segalanya terhadap apa-apa yang ada di muka bumi ini, termasuk dalam proses melahirkan yang akan ibu lalui. Jadi berdoa dan berdzikir lah kepada Nya, agar proses melahirkan normal yang akan ibu lalui dapat berjalan dengan lancar dan tentunya keselamatan menghinggapi ibu dan bayi ibu.

Yakin dan Percaya
Hilangkan segala bentuk bayangan atau pikiran bahwa melahirkan itu merupakan sebuah proses yang menyakitkan. Jika kondisi sakit menghantui diri ibu, maka niscaya proses melahirkan memang akan sakit. Tapi tanamkanlah di benak dan pikiran ibu, bahwa melahirkan itulah bukanlah sebuah proses yang menyakitkan, tapi sebuah proses alami yang harus di lalui, dan telah berjuta-juta ibu di muka bumi ini telah melalui proses ini dengan selamat, dan mereka bisa. Percayakan kepada diri anda bahwa melahirkan itu tidak menyakitkan, hal ini akan membantu psikologis ibu, membantu rasa percaya diri dalam menghadapi proses melahirkan normal.

Lakukan Jalan-jalan Kecil
Saat kontraksi belum memuncak, dan menurut medis ibu masih memiliki waktu sebelum melahirkan, manfaatkan waktu ini dengan berjalan-jalan kecil dan santai di sekitar ruangan persalinan. Hal ini dapat membantu ibu mempercepat dan memperlancar proses persalinan

Rileks Menjelangkan Melahirkan
Tegang menjelang proses melahirkan, malah akan membuat otot ibu akan kaku. Jika kondisi ini terjadi, maka proses melahirkan akan terasa menyakitkan. Proses melahirkan membutuhkan otot-otot yang luwes terutama di sekitar pinggul, paha, perut. Karena akan terjadi peregangan otot yang hebat pada saat proses melahirkan. Oleh karena itu rileks menjelang melahirkan akan membuat otot-otot anda luwes, selain itu pikiran ibu pun akan terasa tenang.
Selengkapnya bisa di baca: Teknik Relaksasi Menjelang Persalinan

Dukungan Suami dan Keluarga
Melahirkan adalah proses besar yang harus di lalui ibu. Dibutuhkan banyak dukungan guna melewatinya agar berjalan dengan selamat dan lancar. Dukungan suami dan keluarga akan membuat ibu lebih termotivasi. Bahkan rasa cinta suami yang tulus yang tercurah tatkala memijat lembut punggung ibu, membetulkan posisi bantal ibu, atau mengelap keringat ibu akan menjadi daya magic yang luar biasa bagi ibu. Hilanglah rasa sakit saat proses melahirkan, tatkala ibu merasakan betapa tulus dan cintanya suami kepada ibu.
Mengenai peran dan dukungan apa saja yang bisa suami lakukan selama proses melahirkan, selengkapnya bisa di baca di : Peran Suami Selama Proses Persalinan.

Gunakan Teknik Pernafasan Yang Benar
Selama proses melahirkan dibutuhkan tenaga yang begitu besar. Jika ibu tidak bisa mengatur tenaga saat proses persalinan, maka melahirkan akan begitu lama dan tentunya akan menyiksa ibu. Salah satu teknik yang bisa digunakan ibu guna mengatur energi ini adalah dengan mengatur teknik pernafasaan saat melahirkan. Menggunakan teknik pernafasan yang benar, selain dapat membantu mengatur energi, juga mengatur pasokan oksigen, membantu rileksasi, dan membantu saat mengejan dan mendorong dan respon positif terhadap kontraksi.
Selengkapnya mengenai teknik pernafasan : Teknik Pernafasan Selama Persalinan.

Titik Pusat Perhatian
Bawalah sesuatu dari rumah anda yang dapat dijadikan titik pusat perhatian saat proses melahirkan, seperti photo keluarga atau hal lain yang menyenangkan. Hal ini dapat membantu ibu merasakan kenyamanan saat menjalai proses melahirkan. Ibu bisa juga mendengar kan musik damai yang dapat menentramkan hati ibu. Menetapkan Titik Pusat perhatian dapat pula dilakukan ibu dengan membayangkan betapa lucunya buah hati yang akan dilahirkan kelak.

Ketahui Proses Persalinan dan Teknik Melahirkan Yang Benar
Dengan mengetahui proses persalinan yang harus di lalui, ibu akan siap dan well prepare dalam menjalani proses melahirkan. Ibu yang sudah siap secara psikologis sangat membantu dan mempercepat proses persalinan. Sebuah proses persalinan yang cepat tentunya akan menjadikan melahirkan sebagai sebuah pengalaman yang ternyata tidak menyakitkan.
Mengenai tahapan proses persalinan selengkapanya bisa di baca: Tahapan Proses Persalainan.
Video: Video Proses Melahirkan Normal
Selain mengetahui proses melahirkan normal dengan baik, menggunakan teknik melahirkan yang benar juga akan membantu ibu mengurangi rasa sakit yang terjadi. Dengan mengetahui teknik melahirkan, proses persalinan tentunya akan berjalan dengan cepat, dan mengurangi rasa sakit pada diri ibu. Salah satu teknik melahirkan, adalah mendorong dan mengejan. Selengkapnya mengenai hal ini: Mengejan dan Mendorong Selama Persalinan
Menggunakan stimulasi untuk menpercepat proses melahirkan tentunya akan membantu ibu melewati proses melahirkan dengan cepat. Banyak obat yang bisa digunakan, namun dalam hal ini tentunya tim medis yang akan menentukan berdasar kondisi melahirkan yang sedang berjalan. Ibu tidak bisa serta merta meminta diberikan obat stimulasi kepada dokter agar proses persalinan bisa berjalan dengan cepat. Alternatif lain adalah dengan stimulasi alami. Salah satu stimulasi alamiah yang dapat mempercepat proses persalinan adalah stimulasi puting ibu. Selengkapnya bisa di baca di: Stimulasi Puting; Cara Mepercepat Proses Persalinan
Semoga proses melahirkan normal anda berjalan dengan lancar.....

Sumber : Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Aynie0...
 
Posts: 528
 
ssssiiiiiiiiiiiiiiiippppppppppppppppppppp
 
  #3  
Old
Nana A...
 
Location: Mojokerto
Posts: 5
 
nice tips bunda ami...salam kenal dari saya bun..ini lagi deg2an n mulai nyari2 artikel ttg persalinan normal meskipun masih lama...
 
  #4  
Old
Aynie0...
 
Posts: 528
 
pa lg sya bund msih 4w tp dh ngbyangin lhiran nnti
 
  #5  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: palembang
Posts: 270
 
Replying to: View Post
nice tips bunda ami...salam kenal dari saya bun..ini lagi deg2an n mulai nyari2 artikel ttg persalinan normal meskipun masih lama...
buat persiapan kita nantinya bun..
#siap mental pastinya..#
 
  #6  
Old
desiar...
 
Posts: 1,042
 
Replying to: View Post
Bun.. pas lg gogling cari artikel gerakan janin, eh malah ketemu tips melahirkan.. ini aq share ya bun.. semoga bermanfaat.


Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang menjalani kehamilan. Selain itu melahirkan normal juga merupakan proses melahirkan yang disarankan oleh dunia medis. Dengan menjalani melahirkan normal, salah satunya menandakan bahwa kehamilan yang telah dikandung, atau janin serta ibunya mengalami kesehatan yang baik. Pengalaman menjadi seorang ibu terasa sempurna tatkala merasakan bagaimana perjuangan berat yang harus di lalui saat melewati proses persalinan normal. Namun dibalik semua itu, banyak ibu hamil merasakan kekhawatiran atau ketakutan menjelang melahirkan.
Wajar adanya, karena proses melahirkan merupakan sebuah proses besar yang harus dilalui oleh para ibu hamil. Tenaga, pikiran hingga mental ibu dikerahkan guna melalui proses melahirkan dengan selamat. Salah satu faktor yang menyebabkan rasa khawatir atau takut ketika akan menghadapi proses persalinan, adalah bayangan rasa sakit yang akan menimpa para ibu hamil tatkala menjalani proses melahirkan normal. Tidak bisa dipungkiri, memang melahirkan normal akan menimbulkan rasa sakit bagi para ibu. Namun rasa sakit yang di derita para ibu ibu hamil akan berbeda kadarnya, ada yang benar-benar merasakan sakit yang luar biasa, namun banyak pula sakit yang dirasakan hanya sekejap. Tentunya hal ini banyak faktor penyebabnya. dimulai dari pengalaman melahirkan, ukuran dan berat bayi, dukungan (suami, keluarga), teknik melahirkan, bahkan dari penolong medis mulai dari dokter atau bidan itu sendiri, dll.
Guna membantu para ibu hamil dapat melewawi proses melahirkan tanpa tersiksa oleh rasa sakit yang luar biasa, berikut beberapa tips yang dapat digunakan agar rasa sakit saat melahirkan dapat berkurang atau malah hilang.

Berdoa Kepada Tuhan
Segala sesuatu dalah kehidupan ini tentulah ada yang maha mengatur Yahitu Tuhan. Hanya Dia yang bisa menetukan segalanya terhadap apa-apa yang ada di muka bumi ini, termasuk dalam proses melahirkan yang akan ibu lalui. Jadi berdoa dan berdzikir lah kepada Nya, agar proses melahirkan normal yang akan ibu lalui dapat berjalan dengan lancar dan tentunya keselamatan menghinggapi ibu dan bayi ibu.

Yakin dan Percaya
Hilangkan segala bentuk bayangan atau pikiran bahwa melahirkan itu merupakan sebuah proses yang menyakitkan. Jika kondisi sakit menghantui diri ibu, maka niscaya proses melahirkan memang akan sakit. Tapi tanamkanlah di benak dan pikiran ibu, bahwa melahirkan itulah bukanlah sebuah proses yang menyakitkan, tapi sebuah proses alami yang harus di lalui, dan telah berjuta-juta ibu di muka bumi ini telah melalui proses ini dengan selamat, dan mereka bisa. Percayakan kepada diri anda bahwa melahirkan itu tidak menyakitkan, hal ini akan membantu psikologis ibu, membantu rasa percaya diri dalam menghadapi proses melahirkan normal.

Lakukan Jalan-jalan Kecil
Saat kontraksi belum memuncak, dan menurut medis ibu masih memiliki waktu sebelum melahirkan, manfaatkan waktu ini dengan berjalan-jalan kecil dan santai di sekitar ruangan persalinan. Hal ini dapat membantu ibu mempercepat dan memperlancar proses persalinan

Rileks Menjelangkan Melahirkan
Tegang menjelang proses melahirkan, malah akan membuat otot ibu akan kaku. Jika kondisi ini terjadi, maka proses melahirkan akan terasa menyakitkan. Proses melahirkan membutuhkan otot-otot yang luwes terutama di sekitar pinggul, paha, perut. Karena akan terjadi peregangan otot yang hebat pada saat proses melahirkan. Oleh karena itu rileks menjelang melahirkan akan membuat otot-otot anda luwes, selain itu pikiran ibu pun akan terasa tenang.
Selengkapnya bisa di baca: Teknik Relaksasi Menjelang Persalinan

Dukungan Suami dan Keluarga
Melahirkan adalah proses besar yang harus di lalui ibu. Dibutuhkan banyak dukungan guna melewatinya agar berjalan dengan selamat dan lancar. Dukungan suami dan keluarga akan membuat ibu lebih termotivasi. Bahkan rasa cinta suami yang tulus yang tercurah tatkala memijat lembut punggung ibu, membetulkan posisi bantal ibu, atau mengelap keringat ibu akan menjadi daya magic yang luar biasa bagi ibu. Hilanglah rasa sakit saat proses melahirkan, tatkala ibu merasakan betapa tulus dan cintanya suami kepada ibu.
Mengenai peran dan dukungan apa saja yang bisa suami lakukan selama proses melahirkan, selengkapnya bisa di baca di : Peran Suami Selama Proses Persalinan.

Gunakan Teknik Pernafasan Yang Benar
Selama proses melahirkan dibutuhkan tenaga yang begitu besar. Jika ibu tidak bisa mengatur tenaga saat proses persalinan, maka melahirkan akan begitu lama dan tentunya akan menyiksa ibu. Salah satu teknik yang bisa digunakan ibu guna mengatur energi ini adalah dengan mengatur teknik pernafasaan saat melahirkan. Menggunakan teknik pernafasan yang benar, selain dapat membantu mengatur energi, juga mengatur pasokan oksigen, membantu rileksasi, dan membantu saat mengejan dan mendorong dan respon positif terhadap kontraksi.
Selengkapnya mengenai teknik pernafasan : Teknik Pernafasan Selama Persalinan.

Titik Pusat Perhatian
Bawalah sesuatu dari rumah anda yang dapat dijadikan titik pusat perhatian saat proses melahirkan, seperti photo keluarga atau hal lain yang menyenangkan. Hal ini dapat membantu ibu merasakan kenyamanan saat menjalai proses melahirkan. Ibu bisa juga mendengar kan musik damai yang dapat menentramkan hati ibu. Menetapkan Titik Pusat perhatian dapat pula dilakukan ibu dengan membayangkan betapa lucunya buah hati yang akan dilahirkan kelak.

Ketahui Proses Persalinan dan Teknik Melahirkan Yang Benar
Dengan mengetahui proses persalinan yang harus di lalui, ibu akan siap dan well prepare dalam menjalani proses melahirkan. Ibu yang sudah siap secara psikologis sangat membantu dan mempercepat proses persalinan. Sebuah proses persalinan yang cepat tentunya akan menjadikan melahirkan sebagai sebuah pengalaman yang ternyata tidak menyakitkan.
Mengenai tahapan proses persalinan selengkapanya bisa di baca: Tahapan Proses Persalainan.
Video: Video Proses Melahirkan Normal
Selain mengetahui proses melahirkan normal dengan baik, menggunakan teknik melahirkan yang benar juga akan membantu ibu mengurangi rasa sakit yang terjadi. Dengan mengetahui teknik melahirkan, proses persalinan tentunya akan berjalan dengan cepat, dan mengurangi rasa sakit pada diri ibu. Salah satu teknik melahirkan, adalah mendorong dan mengejan. Selengkapnya mengenai hal ini: Mengejan dan Mendorong Selama Persalinan
Menggunakan stimulasi untuk menpercepat proses melahirkan tentunya akan membantu ibu melewati proses melahirkan dengan cepat. Banyak obat yang bisa digunakan, namun dalam hal ini tentunya tim medis yang akan menentukan berdasar kondisi melahirkan yang sedang berjalan. Ibu tidak bisa serta merta meminta diberikan obat stimulasi kepada dokter agar proses persalinan bisa berjalan dengan cepat. Alternatif lain adalah dengan stimulasi alami. Salah satu stimulasi alamiah yang dapat mempercepat proses persalinan adalah stimulasi puting ibu. Selengkapnya bisa di baca di: Stimulasi Puting; Cara Mepercepat Proses Persalinan
Semoga proses melahirkan normal anda berjalan dengan lancar.....

Sumber : Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit
kerennn bun infonya..makasih yaa
 
Pengecut hanya membuat diri nya berlindung di ketiak teman-temannya
  #7  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: palembang
Posts: 270
 
Replying to: View Post
pa lg sya bund msih 4w tp dh ngbyangin lhiran nnti
sama bun.. secara anak pertama, jadi deg-degan juga yaa..

---------- Post added at 11:42 ---------- Previous post was at 11:41 ----------

Replying to: View Post
kerennn bun infonya..makasih yaa
sama-sama bunda desi..
 
  #8  
Old
Amalia...
 
Posts: 1,537
 
Mantap bund,,
 
  #9  
Old
Aynie0...
 
Posts: 528
 
y bund jd gmna gtcu,,,nak prtma special bgttzzz
 
  #10  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: palembang
Posts: 270
 
Makanan dan Minuman Penambah Energi Menjelang Melahirkan..

Melahirkan adalah sebuah peristiwa besar bagi ibu hamil. Dibutuhkan berbagai daya dan upaya untuk bisa melalui dengan selamat. Salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah kondisi fisik ibu saat melahirkan. Ya, kondisi fisik ibu hamil harus prima saat proses persalinan berjalan. Saat melahirkan, ibu diibaratkan sebagai seorang atlet, yang mengerahkan segala tenaga dan kemampuannya guna menghadirkan sang buah hati ke dunia. Otot-otot di sekitar pinggul, otot rahim, dan otot perut perut bekerja sangat keras selama proses persalinanan berlangsung. Jika, kondisi ibu fisik ibu hamil tidak prima, maka proses melahirkan akan menjadikan sebuah proses yang melelahkan dan menyakitkan.
Oleh karena guna membentuk kondisi ibu hamil yang prima saat melahirkan, adalah diperlukannya asupan energi dan nutrisi sebelum proses melahirkan berlangsung atau di saat awal-awal proses melahirkan. Asupan energi salah satunya bisa di dapat dari beberaa makanan dan minuman.
Pertanyaanya, apakah dalam proses melahirkan ibu di perbolehkan makan dan minum? jawabannya, Iya boleh. Sekali lagi selama proses melahirkan membutuhkan energi yang besar, kadang selama proses melahirkan ibu akan merasakan haus dan lapar, oleh karena itu ibu hamil saat melahirkan di perkenankan untuk mengkonsumsi makanan seperti snack, buah-buahan atau minuman manis. Sebelumnya banyak praktisi yang melarang ibu hamil selama proses melahirkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman karena di khawatirkan dapat tersedak atau muntah. Namun penelitian terakhir mengungkapkan bahwa tidak ada resiko apapun saat proses persalinan yang berhubungan dengan makanan dan minuman, bahkan Maria Newburn dari National Childbirth Trust menyarankan untuk tidak membatasi ibu hamil akan makanan dan minuman selam proses kehamilan berlangsung (Daily mail, Rabu 20/1/2010)

Apa Yang Harus Saya Makan Menjelang Melahirkan?
Makanan yang baik untuk di konsumsi menjelang melahirkan adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Jenis makanan ini akan mudah untuk di cerna dan akan banyak memberikan energi. Makanlah sedikit demi sedikit tapi sering atau di sarankan setiap satu jam sekali sebelum proses melahirkan berlangsung atau di awal-awal kontraksi. Jenis makanan berkarbohidrat yang bisa anda pilih:
  • Roti
  • Sereal
  • Kentang
  • Pasta
  • Biskuit
  • Sop
  • Puding Susu
Untuk buah-buahan, usahakan pisang sebagai pilihan pertama. Sebagai alternatif selain pisang, ibu bisa mengkonsumsi apel.
Menjelang proses melahirkan, hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, hal ini akan mempengaruhi kinerja perut anda selama melahirkan.

Apa Yang Harus Saya Minum Menjelang Melahirkan?
Yogurt dengan kadar lemak rendah adalah pilihan yang baik ketika ibu membutuhkan energi guna proses melahirkan. Yogurt cukup baik karena mengandung gula dan karbohidrat, Minumlah yogurt sebelum proses melahirkan berlangsung, guna mendapatkan asupan energi yang efektif. Sebagai alternatif, ibu bisa mengkonsumsi madu yang di campur dengan teh herbal. Mengkonsumsi minuman ini selain memulihkan energi yang hilang selama proses melahirkan, juga dapat membuat ibu merasa tenang. Alternaitif berikutnya adalah teh manis, tapi hindari dengan gula yang berlebihan.
Selain itu, selama proses melahirkan berlangsung, siapkan air putih yang banyak. Ibu harus sering minum air putih selam proses kehamilan berlangsung, guna menghindarkan dehidrasi.
Sebelum atau selama proses melahirkan, hindarkan ibu mengkonsumsi minuman yang mengandung soda atau cola. Hindarkan pula minuman yang masam seperti juice jeruk atau anggur

Catatan: Semua konsumsi makanan dan minuman tersebut berlaku untuk proses melahirkan normal, jika ibu melahirkan dengan operasi caesar, konsultasikan mengenai hal ini kepada dokter anda.

Sumber : Makanan dan Minuman Penambah Energi Menjelang Melahirkan
 
  #11  
Old
dymund...
 
Posts: 12
 
mantap infonya bunda ami. thanks for sharing yah bund
 
  #12  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: palembang
Posts: 270
 
Replying to: View Post
mantap infonya bunda ami. thanks for sharing yah bund
sama-sama bun..
 
  #13  
Old
wuryan...
 
Posts: 208
 
,tipz'nya bAgus bund,..do'ain aq bisa LahIr normal ya bunda bundaaaa,.....
 
  #14  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: palembang
Posts: 270
 
Replying to: View Post
,tipz'nya bAgus bund,..do'ain aq bisa LahIr normal ya bunda bundaaaa,.....
amin.... sama2 berdoa ya bun, semoga melahirkan normal dan lancar
 
  #15  
Old
wuryan...
 
Posts: 208
 
,amin,..MAkasiH bunda ami
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads

Thread Tools


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Melahirkan Tanpa Rasa Sakit Dengan Metode HYPNOBIRTHING -- Area Promosi 0
Jual CD AUDIO HYPNOBIRTHING Agar Melahirkan Terasa Nyaman Tanpa Rasa Sakit -- Area Promosi 0
Tips buat bunda2 yg ingin melahirkan normal.. -- Diskusi Umum 81
Water Birth, Dapat Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan -- Ngobrol Apa Saja 2
Diinduksi bnran jauh lbh sakit dr melahirkan normal tanpa induksi ya bun?? -- Diskusi Umum 27


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 01:09.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com