Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
desiar...   TS 
 
Posts: 1,042
Default Sinyal Melahirkan Normal

Pada saat calon Mama memeriksakan kehamilannya pada dokter kandungan atau bidan, maka akan diberitahukan kapan kira-kira sang bayi akan dilahirkan. Istilah kedokterannya, “due date” atau tanggal bersalin yang diperkirakan. Sebagai contoh perhitungan tanggal yang diperkirakan adalah dengan mengurangi tiga bulan dari waktu berhentinya menstruasi yang terakhir dan menambah setahun plus seminggu lagi. Pada umumnya, kelahiran yang terjadi dua minggu setelah atau sebelum tanggal perkiraan.

Menjelang perkiraan kelahiran bayi, sekitar minggu ke-36 atau minggu ke-37 sebagian besar calon Mama akan mengalami tanda-tanda akan melahirkan seperti kontraksi, nyeri di punggung, sering buang air kecil, keluar darah bercampur lendir, dan pecahnya selaput ketuban.

Rasa takut dan khawatir menjelang persalinan adalah hal yang wajar menyerang calon Mama. Karena itu, dibutuhkan persiapan mental dan fisik yang kuat menjelang dan saat persalinan. Sebelum tiba waktunya melahirkan, sebaiknya calon Mama harus mengetahui persalinan seperti apa yang diinginkan. Misalnya, melahirkan secara normal, operasi Caesar, water birth, hypnobirthing atau metode persalinan tanpa rasa nyeri lainnya. Diantara berbagai persalinan itu, proses melahirkan secara normal adalah yang alamiah dan lebih baik.

Proses persalinan normal adalah melalui vagina dan mengalami kontraksi. Proses persalinan normal juga ada yang perlu dibantu misalnya dengan induksi atau rangsangan/stimulasi agar tanda persalinan muncul.

Proses induksi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara kimia dan mekanika.
• Cara kimia dengan memberikan obat-obatan khusus, yang diberikan dengan cara diminum, dimasukkan ke dalam vagina, diinfus, atau disemprotkan ke hidung.
• Cara mekanika, dilakukan dengan metode stripping, vibrator, kateter, atau memecahkan ketuban.

Dari berbagai cara induksi di atas, cara yang paling aman dan tepat adalah dengan infus, karena dapat mengatur kontraksi secara bertahap, agar tidak berlebihan dan berbahaya bagi calon Mama yang sensitif akan rasa sakit.

Tips agar calon Mama dapat melahirkan secara normal:
• Menjaga kesehatan, dengan makanan bergizi seimbang
• Melakukan aktivitas ringan seperti meditasi, latihan pernapasan, yoga atau melatih pikiran untuk berpikir positif.
• Melakukan pijat Perineum atau Perineal massage, yaitu melenturkan area antara vagina dan anus. Lakukan dua kali sehari sebelum mandi, menggunakan minyak pijat. Caranya, lakukan pijatan perlahan menggunakan ibu jari dan telunjuk ke arah luar dari dalam (dari arah vagina ke arah anus) dengan gerakan melingkar.
• Sinyal melahirkan normal :
1. Pendarahan; keluarnya selaput darah dari vagina.
2. Nyeri di punggung. Rasa nyeri di punggung di bagian bawah sering dirasakan saat kehamilan memasuki minggu ke-40. Hal ini dikarenakan letak bayi yang mulai turun dan kepalanya masuk ke lingkaran tulang.
3. Kontraksi. Pada awal proses persalinan, kontraksi lebih sering terjadi dalam waktu singkat. Namun mendekati kelahiran, kontraksi akan berlangsung lama dan kuat.
4. Pecahnya selaput pembalut. Sering terjadi pada kehamilan bayi pertama. Kadang-kadang saat melahirkan ditandai dengan mengalirnya cairan bening dari vagina. Aroma air ketuban berbau amis, tidak seperti amoniak. Cairan ini tidak akan berhenti atau kering karena terus diproduksi sampai kelahiran.
5. Rasanya nyeri saat melahirkan. Kontraksi pada saat melahirkan akan menimbulkan perasaan nyeri pada pinggul bawah, atau dimulai dengan perasaan nyeri yang kadang-kadang timbul pada bagian bawah perut. Perasaan ini timbul dalam jarak waktu tertentu, lamanya duapuluh sampai empat puluh detik, tapi tidak pernah lebih lama dari semenit.

Untuk mengurangi rasa nyeri selama saat melahirkan, ada metode pengurang rasa nyeri yang bisa dilakukan calon Mama, yaitu:
• ILA (Intrathecal Labor Analgesia): teknik mengurangi rasa nyeri dengan cara menyuntikkan obat pembunuh rasa sakit di rongga spinal (rongga tulang belakang)
• Epidural: hampir sama dengan ILA, bedanya jarum yang disuntikkan tidaklah ke rongga spinal, melainkan ke rongga epidural (rongga di bagian tulang belakang), yaitu rongga antara dural dan tulang belakang.
• Pethidine: anestasi (pembiusan) melalui suntikan ke otot, biasanya pada lengan atas atau paha.
• Entonox: pengurang rasa sakit selama persalinan yang memanfaatkan campuran gas oksigen 50 % dan nitrogen oksigen 50%. Bereaksi terhadap sel otak untuk rasa sakit.
Kelebihan proses persalinan normal adalah proses penyembuhan lebih cepat, biaya persalinan lebih murah, dan tentu saja proses inisiasi menyusui dini (IMD) dilakukan dengan leluasa.

Sumber :
1. Petunjuk Medis Bagi Wanita Hamil, Dr. Robert E. Hall, Pustaka Delapratasa, 2000
2. Panduan Pintar Hamil dan Melahirkan. Dewi Cendika ZR dan Indarwati. WahyuMedia, 2010.


bekal buat bersalin normal bunda...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Aira...
 
Location: Bandung
Posts: 128
 
makasih bun info nya...udah masuk 38W nih...jadi smakin deg2an
 
  #3  
Old
RINI m...
 
Posts: 1
 
bun, usia kehamilanku 36 minggu.... q sring keputihan...kyk sabun cair yg encer gt,baunya biasa z tp sring apa lg habis pipis atau mau pipis ..kira2 normal gk y?

kadang juga CDnya basah tp kayak kena air gt,, apa air ketubannya mrembes ya?
 
  #4  
Old
prilyc...
 
Posts: 1
 
Sama bun aq jg kya gt,,ney mlah lg kpikiran dah wktu prkiraan tp blm da kontraksi jg alhasil dkter bilang hrs induksi...
 
  #5  
Old
Vieny...
 
Posts: 249
 
duh..lagi menanti hari juga nih... semoga lancar dan aman yaa bund..
 
  #6  
Old
mamaba...
 
Posts: 1
 
bun..persalinan aq yang pertama cesar dikarenakan posisi bayinya oblig,apa persalinan kedua bisa normal bun...?
 
  #7  
Old
niken3...
 
Location: jakarta
Posts: 168
 
bunda desi: long time no see bunda desiiii.. kangen euy sm obrolan wkt masa2 tm2 heheehe.. informatif bgt infonya :-) thx
msmabayu : bisa kan ad yg namanya vbac
 
  #8  
Old
adri...
 
Posts: 15
 
UK 38 minggu. Nyeri" di bagian bawah perut pa ini kontraksi ya?
 
  #9  
Old
bunda ...
 
Location: ciputat
Posts: 104
 
hai bunda salam kenal,

usia kehamilan ku 34minggu...tapi kadang suka mules gitu tapi sebentar ajah sih...ini kehamilan ku yg 3..tapi kok rasanya agak was was yaa..soalnya jarak kaka sm adenya lama nih hampir 7thn...hehe

saling mendoakan ya bun agar lancaar persalinannya.....
 
  #10  
Old
Vella ...
 
Location: xmantan
Posts: 789
 
Nice Info Bunda thanks
 
  #11  
Old
Veethr...
 
Location: bekasi jawa barat
Posts: 2
 
bun kalo keputihan berbau bahaya gak sih buat debay ??
 
  #12  
Old
Bunda ...
 
Posts: 7
 
mamabayu: gmna bisa lahiran normal?
klo kata dokterku si bisa bun, tp jarak yang menentukan, n klo kehamilan kedua nya ga bermasalah bisa normal insya Allah

veethree18: coba konsul ke dokter aja bund, gtw juga bahaya atau engga nya
 
  #13  
Old
retno ...
 
Location: Bandung
Posts: 334
 
up up up up up up
 
sehat terus ya nak
  #14  
Old
chimi...
 
Location: Banyuwangi
Posts: 1,347
 
nice info bgt bund
makasih bunda
 
selalu mencoba berfikir positif..
dengan pikiran positif maka hidup kita akan selalu diberkahi dg hal2 yg positif pula amin
  #15  
Old
gabrie...
 
Posts: 23
 
37w tapi janin blm masuk panggul kepalanya betah dirusuk kiri..pdhl udh nungging..senam hamil..ngajak ngobrol debay..banyak minum
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Melahirkan normal setelah sesar... -- Diskusi Umum 5
Bisakah melahirkan normal jika ada wasir? -- Diskusi Umum 6
usia melahirkan normal -- Diskusi Umum 4
Gag bisa melahirkan normal -- Diskusi Umum 4
wasir vs melahirkan normal -- Diskusi Umum 15


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:01.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com