Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
ranita...   TS 
 
Location: di rumah
Posts: 512
Lightbulb hindari soy(kedelai) di waktu trisemester pertama

bunda2 yang hamil jangan sering2 maem tempe/tahu/kedelai dalam bentuk apa pun yah di waktu trisemester pertama.. karena bisa memicu miscarriage... why? karena soy(kedelai) mengandung phytoestrogen,.. kelebihan estrogen diwaktu hamil khususnya trisemester pertama bisa memicu keguguran..
intinya jangan sampai estrogen lebih tinggi dari progesteronnya,,, tri semester pertama itu rawan. kalau dah semester kedua biasanya kuat2 aja.. kenapa? karena pada saat trisemester kedua placenta mampu memproduksi progesterone 486% lebih tinggi dari non-pregnant women. =) itu sumbernya dari Dr.wong,ND,phd. (beliau nathuropatic doctor terkenal diluar negri, beliau menangani pasiennya dengan herbal2..)
intinya hindari sesuatu yang mengandung estrogen aja,,,:
- kedelai (phyto estrogen)
- pestisida (syntetic estrogen), kalau mau buah atau sayur discuci bersih ya bund.. kalau perlu di cuci pakai m*ma L*m*n dikit terus bilas bersih.
- petroleum fumes (gas /bau asphalt) syntetic estrogen
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Ailyna...
 
Location: Batam
Posts: 607
 
nice share Bund... tenkyu Infonya bunda Ranita.
kebetulan dulu trimester I saya muntah terus tiap kali minum soya, jd scr otomatis keluar deh tuh... jadinya udah nggak mau coba2 minum lg soya murni. Tapi sekarang di trimester II sesekali minum yg Susu kedelai madu gingseng, badan jadi enakan. Kl cm soya, msh aja muntah.
 
  #3  
Old
ranita...   TS 
 
Location: di rumah
Posts: 512
 
susu kedelai jg ga baik bund kalau tri semester pertama. kalau semester kedua kandungan lebih kuat karena placenta mampu ngasilin progesteron yang banyak.
 
  #4  
Old
mirna ...
 
Posts: 164
 
Bunda Ranita : Wah iy tah bund...dulu sata waktu trimester pertama malah kebanyakn mkan kedelai (tempe & tahu)....makanan sehari2 malahan,,Apa mungkin itu salah satu faktor saya abortus y,,selain kelelahan ??? Jadi yang dianjurkan makan apa Bund ??
 
  #5  
Old
ranita...   TS 
 
Location: di rumah
Posts: 512
 
iyah bund... saya jg baru tau dari websitenya Dr.wong. karena kebanyakan estrogen bisa nyebabin keguguran.. padahal seharusnya sewaktu hamil tuh yang tinggi adalah progesteron (sebagai penguat kandungan). kalau yang tinggi estrogen malah miscariage.. nah kalau pas hamil tua estrogen yang tinggi karena buat kontraksi/nglahirin baby tubuh memproduksi banyak estrogen sedangkan progesteron nilainya rendah.
bagusnya sih kalau hamil muda maem alpukat (mengandung vitamin k, c, e, folate, fiber), pisang, mangga yang kuning manis matang, sayur2an hijau..
cafein juga ga bagus bund.. soalnya cafein bisa bikin fetus (janin) susah berkembang.
 
  #6  
Old
Rennie...
 
Location: Surabaya
Posts: 72
 
bunda mirna
qta sama bunda, aku dulu jg sering bgt mkn tahu tempe malah tiap hari rutin minum susu soya. mungkin jg itu slh satu penyebab qta keguguran ya??
 
  #7  
Old
ranita...   TS 
 
Location: di rumah
Posts: 512
 
@bunda renie.. kemungkinan itu jg bund.. buat pembelajaran aja.. ntar kalau hamil lg hindari estrogenic food.
estrogenic food dari hewani : jeroan
estrogenic food dari tumbuhan : buah durian, kedelai, kacang hijau dan tauge
 
  #8  
Old
putria...
 
Posts: 6
 
hai bunda.....

saya mau tanya, usia kandungan berapa ya siap lahir? sekarang usia kandungan saya udh 38 minggu lebih...tapi lum ada tanda2 lahir, mohon bantuannya bunda2....makasi.
 
  #9  
Old
Nunsay...
 
Posts: 2
 
Jd kira2 umur kehamilan berapa bln ya bund bs makan kedelai?
 
  #10  
Old
nabilm...
 
Location: pemalang, jawa tengah
Posts: 1,363
 
mungkin kondisi bumil beda2 bu, saya pada kehamilan ke 2 ini gak doyan sama sekali susu bumil akhirnya saya beralih ke susu kedelai segar.....tempe dan tahu hampir tiap hari saya makan tapi alhamdulillah kondisi saya sehat2 aja bu. saya jg sebelum nya konsultasi dulu dg ahli ttg susu kedelai dan katanya malahan bagus karena mengandung folat yg tinggi. saya jg gak minum mulvit khusus ibu hamil sama sekali....saya cm rutin minum kopi radix<coba deh googling ttg kopi radix untk ibu hamil>, spirulina dan omega 3 . sebetulnya dii usia kandungan saya skr udah di suruh menghentikan pemakaian kopi radix karena di khawatirkan bayinya terlalu sehat/ ada pengguna yg bayinya sampai 5,5 kg lahirnya karena ibunya minum radix sampai usia kandungan 9 blan. semoga bisa menjadi referensi lain....
 
  #11  
Old
ranita...   TS 
 
Location: di rumah
Posts: 512
 
tiap dokter jg beda.. bunda nabil konsumsi kedelai dari masa pembuahan ampe sekarang ya??? itu kebetulan kondisi bunda nabil produksi progesteronnya sangat bagus.. mungkin beda dengan wanita lainnya.. yang punya masalah dengan progesteronnya.. wanita2 lain yang musti dapat injeksi/pil penguat (progesteron) dari luar.
trisemester pertama sangat rikan jangan ambil resiko.. apalagi menambah estrogen dari luar.. Phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai adalah estrogen (sex female hormone) yang diperoleh dari tumbuhan. Secara kimiami struktur dan fungsinya hamper sama namun perbedaannya adalah sumbernya, phytoestrogen diperoleh dari tumbuhan sedangkan estrogen diperoleh dari sistesis organ tubuh sendiri. Estrogen pada trisemester pertama ini berbahaya bagi keberlangsungan kehamilan, hal ini karena estrogen dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim (uterus) dimana perlekatan janin belum sempurna. Jika kontraksi yang berlebihan ini terjadi maka perlekatan akan terlepas dan terjadilah keguguran.
Kondisi ini akan berubah sesuai dengan umur kandungan, semakin tua umur kandungan maka perlekatan janin dengan rahim akan semakin kuat. Selain itu, seiring dengan pertambahan usia kehamilan maka produksi progesterone akan meningkat sampai dengan 400%. Progesterone merupakan hormone yang juga disebut hormone kehamilan karena berfungsi untuk menjaga keadaan rahim agar menjadi nyaman buat janin termasuk merelaksasikan/ mencegah kontraksi berlebih dari rahim…
Jadi, untuk para bunda yang sedang hamil pada trisemester pertama, saran saya ditunda dulu makan bahan pangan yang terbuat dari kedelai. Jangan sampai karena hal sepele bisa membuyarkan harapan yang telah diimpi-impikan...
kedelai memang banyak gizinya.. tapi hal ini ada suatu resiko yang bisa terjadi pada ibu hamil di tri semester pertama.

saya cuma berusaha mengingatkannya aja yah kepada para bunda yang sedang pada hamil tri semester pertama.
karena hal ini jg sudah saya tanyakan waktu chat pada temen saya yang ambil pendidikan master herbalist di oregon yang sekarang jadi konsultan natural fertility disana.
jika memang konsumsi kedelai/konsumsi sumber estrogenic food dari luar tiap hari waktu hamil muda itu menjadi pilihan bunda. mana baiknya aja deh.
 
  #12  
Old
nabilm...
 
Location: pemalang, jawa tengah
Posts: 1,363
 
mungkin maksudnya bukan menghindari sama sekali, tapi boleh mengkonsumsi tapi hanya sangat kecil sekali poorsinya untuk menu makanan dari kedelai bu.
 
  #13  
Old
ranita...   TS 
 
Location: di rumah
Posts: 512
 
Replying to: View Post
Jd kira2 umur kehamilan berapa bln ya bund bs makan kedelai?
tri semesrter kedua - ketiga kandungan udah kuat bund karena placenta dah bisa produce progesteron ratusan persen lebih banyak

---------- Post added at 06:51 ---------- Previous post was at 05:52 ----------

Replying to: View Post
mungkin maksudnya bukan menghindari sama sekali, tapi boleh mengkonsumsi tapi hanya sangat kecil sekali poorsinya untuk menu makanan dari kedelai bu.
bunda nabil udah berapa bulan kandungannya? bunda rajin konsumsi susu kedelai dari masa pembuahan tri semester pertama ya?..
bila dah tri semester ketiga bunda coba usg bund.. baby nya laki atau perempuan..
kalau babynya laki saran saya minum susu kedelainya/produk olahan kedelainya dikittttttttt aja karena ada penelitian di jurnal website fda.gov genestain , phyto estrogen yang ada pada soy (kedelai) bisa mempengaruhi reproduksi pada fetus dijangka panjang.. bila dewasa sedikit produksi spermanya.. dan gangguan male reproduductivenya..
memang sih penelitiannya bukan pada manusia tapi pada beberapa rats yang sedang bunting..
ga ada salahnya kan kita semua aware atas hal ini.

referensi:
http://www.fda.gov/ohrms/dockets/doc...c0002-vol4.doc
 
  #14  
Old
nabilm...
 
Location: pemalang, jawa tengah
Posts: 1,363
 
tengkyu infonya bu, tapi saya berfikirnya naturalis aja ah............semua lillahi ta'ala ....bunda ranita kehamilan anak ke berapa ?
kalo saya mah memang memperhatikan asupan nutrisi, tapi.........tetangga saya yg org tidak mampu tiap hari makanya tahu, tempe gembus, tempe aja pada gak keguguran sedangkan teman saya yg dia org mampu periksa ke dokter terus, cari info di internet serba gak boleh ini , itu jangan di makan dia ke guguran. semua udah ada yg ngatur, kita tau info boleh2 aja sbg referensi tapi bukan malah menjadikan kita ketakutan, takut ini takut itu.......ttplah kita tawakal bu.....karena apa yg akan terjadi kan kita gak tau yg penting banyakin doa aja...tp nice artikel, makasih ya jeng atas infonya salam kenal dari emaknya nabil.
 
  #15  
Old
ranita...   TS 
 
Location: di rumah
Posts: 512
 
bukan nakut2 in sich. cuma saran aja..
kalau ngotot minum susu kedele di trisemester pertama ya monggo2 aja...
tiap perempuan kan kondisinya beda2.. ada yang kuat progesteronnya di tri semesterpertama ada yang gak kuat. bila yang gak kuat di tambah2in estrogen ya bs miscarriage, toh kedelai masih bs di subtitusi dengan buah2 lainnya yang gak kalah jg kandungan gizinya.
bagi wanita hamil yang tubuhnya mampu memproduksi banyak progesteron di trisemerter pertama dia olah raga thritmill/ lompat2 juga ga masalah ga keguguran because begitu kuat kandungannya / produksi progestero di tubuhnya.. tapi apa yang terjadi jika hal itu dilakukan wanita hamil dengan produksi progesteron rendah ditubuhnya.. miscarriage kan..
do'a, tawakal itu wajib dalam islam dan jg harus punya ilmu jg.. krn ilmu itu penting.
saya jg naturalis kok bund.
saya keguguran bund akhir tahun kemarin waktu itu saya hamil kembar dalam usia 3bulan.. setelah keguguran ini saya banyain belajar mengenai natural fertility dan preventing miscariage.
waktu hamil ketika saya tanya ke dokter.. bolehkah saya naik motor? bolehkah saya maem duren? ML ma suami? makanan apa yg musti dihidari.? dokter saya bilang ga masalah maem duren, naik motor dan makan apapun..
what happen next..
saya ga khawatir naik motor , having sex every day, maem duren dll. asal suka makan aja.
setelah itu saya ngeflek dan berakhir keguguran.
setelah kejadianitu baru tau kalau produksi progesteron di tubuh saya gak mencukupi di trisemester pertama untuk pertahanin 2janin saya dikandungan. dan sebenernya harus hati2 jangan sering naik motor dan ada beberapa makanan yang musti dihindari.
bulan maret ini baru boleh progam baby lagi kata dokternya pasca kuret..
saya gak ngesalahin siapaun atau ngesalahin dokter saya.. karena memang benar kata dokter boleh sering2 naik motor, makan apa aja sesukanya tapi itu hanya berlaku buat wanita hamil yang progesteron ditubuhnya tinggi.

salam knal jg bunda ^.^
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)
Search IbuHamil.com
Cari topik diskusi di IbuHamil.com :
Iklan
Registrasi
Pelajari lebih lanjut di IbuHamil.com

Hot Threads



Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Ga baiknya susu kedelai -- Diskusi Umum 45
kelapa ijo or susu kedelai -- Diskusi Umum 32
kehamilan pertama..bulan pertama.. -- Kenalan Yuk! 14
kista Vs kedelai -- Diskusi Umum 1
kelahiran lewat waktu -- Diskusi Umum 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:02.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com